Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Menguak Teknologi Kamera di Samsung Galaxy S20 Series

0 3.711

Setiap setahun sekali, Samsung punya gawe besar meluncurkan smartphone flagship. Menginjak usianya yang kesepuluh, Samsung meluncurkan generasi terbaru Galaxy S. Mengambil tempat di San Francisco, AS, raksasa elektronik asal Korea Selatan tersebut meluncurkan jajaran Samsung Galaxy S20.

Pemberian nama serinya pun tak lagi mengikuti pakem sebelumnya yang bertambah satu angka, seharusnya S11, namun langsung lompat mejadi Galaxy S20. Tak tanggung-tanggung, Samsung langsung merilis tiga varian sekaligus di jajaran Galaxy S20. Produk tersebut adalah seri Samsung Galaxy S20, Galaxy S20+, dan Galaxy S20 Ultra.

Menurut TM Roh, President and Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics, produk baru ini memasuki dekadu baru sekaligus sepenuhnya memanfaatkan teknologi konektivitas baru, 5G. Karena memasuki dekade baru ini, 5G akan mengubah cara kita berkomunikasi dan menikmati dunia secara keseluruhan.

Untuk memanfaatkan konektivitas generasi terbaru ini, setiap perangkat lini Galaxy S20 dilengkapi dengan teknologi 5G teranyar. Bahkan untuk Galaxy S20+ dan Galaxy S20 Ultra merupakan perangkat pertama yang dapat mendukung spektrum jaringan sub-6 dan mmWave.2 Samsung Galaxy S20 mendukung spektrum jaringan sub-. Sayangnya, Indonesia masih belum menggelar layanan 5G. Sehingga kemampuan yang diberikan pada Galaxy S20 terasa sia-sia.

Namun di luar itu, kamera mendapat perhatian paling besar di mana Samsung telah melakukan lompatan besar, terutama pada Galaxy S20 Ultra. “Dengan kamera yang ditenagai oleh teknologi AI yang hebat, Anda dapat mengabadikan momen saat itu juga dan terhubung secara seamless,” ujar TM Roh.

Baca juga: Samsung Resmi Jual Galaxy S10 Lite di Indonesia dengan Chipset Snapdragon 855

Fitur Kamera Samsung Galaxy S20 Series

Galaxy S20 -S20-5GSmartphone flagship terbaru ini diklaim akan mengubah pengalaman kita mengabadikan dan menikmati berbagai keseruan. Seri Galaxy S20 memperkenalkan arsitektur kamera terbaru yang menggabungkan AI dengan image sensor terbesar dari Samsung untuk menghasilkan kualitas foto yang menawan.

Dengan image sensor lebih besar pada Galaxy S20 series, resolusi kamera ditingkatkan secara signifikan. Sehingga menghasilkan foto yang lebih detail untuk fleksibilitas menyunting (editing), memotong (cropping), dan memperbesar tampilan (zooming).

Samsung Galaxy S20 biasa dan Galaxy S20 + menggunakan sensor primer 12MP baru dengan ukuran piksel 1,8 mikron, juga ditenagai sensor lensa teleskop 64MP. Sedangkan Galaxy S20 Ultra melompat jauh dengan menggunakan sensor primer 108MP. Keuntungan menggunakan image sensor yang lebih besar ialah, kamera menangkap cahaya lebih banyak, sehingga pengguna akan mendapatkan kualitas gambar yang lebih kaya dalam keadaan low light.

Ironisnya, Samsung meski merupakan pabrikan sensor kamera, bukanlah produsen yang pertama mengadopsi sensor kamera besar ini. Justru kompetitornya yakni realme dan Xiaomi yang diberi kesempatan lebih dulu mencoba sensor 64 dan 108MP miliknya.

Mungkin karena bukan yang pertama itu pula, Samsung ada kesempatan untuk meningkatkan kemampuannya. Meski sama-sama 108MP, ini bukan sensor yang sama dengan Xioami Mi Note 10. Berdasarkan informasi yang kami peroleh, Samsung Galaxy S20 Ultra menggunakan sensor ISOCELL HM1, yang merupakan sedikit peningkatan dari ISOCELL HMX yang digunakan dalam Mi Note 10.

Salah satu kelebihannya adalah sensor ini mampu merekam video 8K @ 24fps.Selain itu, jika Mi Note 10 Pro mmeiliki pixel binning 4-in1, maka sensor ISOCELL HM1 melompat ke 9-in-1 pixel binning yang menghasilkan foto 12MP. Samsung menyebutnya nona binning, dan ini adalah ponsel pertama yang menggunakan binning 3 × 3 piksel daripada binning 2 × 2 pixel. Samsung Galaxy S20 Ultra dapat secara dinamis beralih antara mode 108MP resolusi tinggi dan mode 12MP binona piksel.

Selain itu, melalui teknologi Space Zoom dari Galaxy S20 yang menggunakan kombinasi Hybrid Optic Zoom dan Super Resolution Zoom, serta digital zoom berbasis AI, kita dapat melakukan zoom dari jarak jauh. Baik Galaxy S20 dan S20+ bisa melakukan perbesaran sampai 30X zoom.

Sedangkan Galaxy S20 menggunakan lensa lipat revolusioner berbasis AI dan multi-image processing untuk mengurangi penurunan kualitas gambar pada zoom tingkat tinggi. Sehingga pengguna bisa mendapatkan pengalaman Super Resolution Zoom hingga 100X dengan tampilan yang lebih jelas dibandingkan sebelumnya.

Ponsel ini memiliki fitur Single Take berteknologi AI yang  dapat menangkap beberapa foto dan video, seperti Live focus, cropped, Ultra Wide dan lainnya dalam satu momen.

Nah, bagian yang tak kalah menarik adalah di sektor video. Seperti disinggung di atas, Galaxy S20 memiliki kemampuan Pro-Grade Filming Capability untuk merekam video dalam resolusi 8K. Sehingga pengguna dapat mengabadikan dunia dengan warna dan kualitas yang sebenarnya. Memang masih sedikit perangkat yang mendukung 8K, salah satunya adalah TV Samsung QLED 8K yang harganya super mahal itu. Namun paling tidak, Samsung Galaxy S20 sudah menyediakan perangkat untuk memproduksi konten video berdefinisi ultra tinggi.

Fitur Super Steady yang sudah dikenal sejak era Galaxy S10 ditingkatkan kemampuannya. Hasil video terlihat lebih smooth dan sinematik berkat fitur Super Steady, anti-rolling stabilization dan AI motion analysis.

Harga Samsung Galaxy S20

Dalam hal spesifikasi, Samsung Galaxy S20 memakai layar 120Hz yang sangat asik untuk nonton film streaming dan bermain game. Sementara dapur pacunya memakai prosesor Exynos 990 (7 nm+) untuk pasar global dan Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 (7 nm+) untuk pasar Amerika. Memorinya berkapasitas 8 atau 12 GB RAM dan strorage besar (128GB untuk Galaxy S20; 128GB dan 512GB untuk Galaxy S20+ dan Galaxy S20 Ultra). Jika suka merekam video, dipastikan bakal cepat habis sehingga perlu micro SD untuk storage tambahan.

Ditenagai dengan baterai yang besar dan pintar, lini Galaxy S20 hadir dengan fast charger 25W, sedangkan Galaxy S20 Ultra mendukung 45W Super Fast charging. Bagi yang punya bujet melimpah, ponsel ini baru tersedia mulai 6 Maret 2020. Namun, saat ini Samsung telah mengadakan preorder untuk Galaxy S20 series.

Samsung Galaxy S20 akan tersedia dengan pilihan warna Cosmic Grey, Cloud Blue, Cloud Pink berkapasitas 128GB yang dibanderol dengan harga Rp12.999.000. Selanjutnya, Galaxy S20+ memiliki warna Cosmic Grey, Cloud Blue, Cosmic Black dengan kapasitas 128GB dipasarkan dengan harga Rp12.499.000.

Versi tertinggi yaitu Galaxy S20 Ultra tersedia dalam pilihan warna Cosmic Grey dan  Cosmic Black dengan kapasitas 128GB harganya Rp18.499.000. Belum ada informasi harga untuk kapasitas yang lebih besar. Yang pasti, setiap pembelian Galaxy S20+ atau Galaxy S20 Ultra akan mendapatkan bonus berupa Galaxy Buds+ senilai Rp2.299.000.

Jadi, kamu pilih yang mana?