Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Nokia 5.3, Alternatif Ponsel Empat Kamera Murah dengan Snapdragon 665

0 7.093

Selain Nokia 8.3 5G, HMD Global juga merilis pembaruan dari ponsel Android kelas menengah yang lebih terjangkau, untuk menggantikan Nokia 5.1 (atau Nokia 5.1 Plus yang dirilis resmi di Indonesia). Meski lebih murah, spesifikasi Nokia 5.3 tetap punya setup empat kamera di belakang.

Sama seperti seri lainnya, Nokia 5.3 akan mendapatkan jaminan pembaruan perangkat lunak (software update) selama dua tahun dan keamanan (security patch) hingga tiga tahun, menggunakan sistem operasi pure, Android One minim bloatware.

Fitur & Spesifikasi Nokia 5.3

Nokia 5.3 punya desain yang identik dengan Nokia 8.3 5G, hanya saja pada bagian depan, layarnya masih menggunakan desain waterdrop notch untuk meletakkan kamera depan. Layar tersebut berdimensi 6,55 inci dengan resolusi HD+ dan rasio 20:9. Kaca 2.5D-nya sudah terlindung dari lapisan Gorilla Glass 3, serta dapat menyala hingga 450 nits.

Meski sudah umum digunakan pada ponsel Android kelas menengah lainnya, spesifikasi Nokia 5.3 menjadi yang pertama menggunakan chipset Snapdragon 665 octa-core dari Qualcomm, dengan pilihan RAM 3/4/6GB LPDDR4x dan memori internal 64/128GB e-MMC 5.1, bisa diekspansi lewat kartu microSD hingga 512GB. Selain sensor sidik jari dan lampu LED notifikasi, ada juga sensor NFC serta tombol pintasan ke Google Assistant.

Material belakangnya dibuat dari bahan komposit tahan gores, serta hadir dalam tiga opsi pilihan warna; Cyan, Sand dan Charcoal. Kapasitas baterai 4000 mAh diklaim sanggup menyala hingga dua hari pemakaian. Port USB-C pada Nokia 5.3 juga sudah mendukung USB OTG.

Spesifikasi Nokia 5.3 di sektor kamera punya konfigurasi empat kamera belakang terdiri dari sensor utama 13MP f/1.8, 5MP ultra wide-angle, dan dua kamera 2MP yang masing-masing berfungsi sebagai kamera makro serta depth sensor. Di sisi depan, ada kamera 8MP f/2.0 yang disiapkan untuk berswafoto. Tanpa menggunakan lensa ZEISS, LED flash diletakkan di antara empat kamera utamanya. HMD juga menghadirkan mode potret dan mode malam khusus untuk mempermudah pengambilan gambar saat kurang cahaya.

Harga Nokia 5.3

Pilihan warna spesifikasi Nokia 5.3

Dengan menyertakan jelly case pada paket pembelian, Nokia 5.3 mulai dijual secara global pada akhir bulan April mendatang. Varian 4GB/64GB dibanderol seharga 189 Euro, atau sekitar Rp3,2 jutaan. Untuk spesifikasi yang dibawa, apakah menurutmu ponsel ini bisa memikat hati pembeli di Indonesia?


Beli smartphone Nokia secara online di:

JD.ID Shopee Eraspace