Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

WiPhone, Ponsel untuk Para Programer dan Pengoprek

WiPhone adalah ponsel VoIP yang dirancang bagi programer dan para pengoprek perangkat elektronik, sehingga mudah dimodifikasi, dirancang ulang dan diadaptasi. Ponsel ini dirancang bagi pengoprek agar mudah untuk menambah fitur dan memodifikasi rangkaian elektronik dan perangkat lunaknya. Sesuatu yang tak disediakan oleh ponsel pada umumnya. WiPhone juga merupakan ponsel VoIP yang menggunakan WiFi untuk melakukan panggilan suara HD secara gratis. Tak perlu berlangganan operator telekomunikasi tertentu untuk melakukannya.

WiPhone
WiPhone

Bagi orang yang hobi mengoprek, platform yang terbaik adalah yang mudah diadaptasi, tangguh dan bisa diprogram. Sosok yang kecil dan portabel tentunya memberikan keunggulan tambahan.
WiPhone dibuat untuk diprogram, perangkat ini bisa dipreteli kurang dari semenit karena hanya memakai enam baut. Firmware sistem operasinya mudah dimodifikasi dan mudah untuk dipahami seluruhnya oleh orang yang termotivasi.

Ponsel ini bisa digunakan untuk menelpon gratis dan juga kompatibel dengan platform pengembangan Arduino. Paketnya cukup apik, dengan baterai, catu daya, dan rangkaian elektronika on/off. Ketika proyek telah selesai, tak ada kabel bersliweran atau kusut dan tumpukan papan, perangkat ini ringkas dan tampak menarik.

Kendala Pada Smartphone Modern

Beberapa hal yang menyebabkan orang tidak membuat proyek menggunakan smartphone adalah sebagai berikut:

  • Tidak ada konektor listrik untuk menyambungkan langsung ke luar
  • Tak mudah mengendalikan perangkat keras tingkat rendah, seperti pin output prosesor
  • Lingkungan pengembangan tak transparan, dan IDE yang sangat besar
  • Tidak dirancang untuk mudah dipreteli, diperbaiki atau modifikasi

Nah, WiPhone mengatasi hal-hal tersebut dan memberikan programmer, pengoprek atau teknisi alat yang diharapkan pada ponsel. Paket yang apik, akses langsung ke I/O, prosesor ESP32 yang mudah diprogram. Seluruh kebutuhan dasar telah disiapkan, yaitu antarmuka pengguna, pengelolaan daya, dan rangkaian elektronik on/off, program.

Bagan WiPhone dan Pilihan Paket
Bagan WiPhone dan Pilihan Paket

Kamu bisa langsung mengerjakan proyekmu, tak perlu menyiapkan komponen-komponen yang membosankan seperti pengelolaan daya terus menerus. Ketika proyek telah selesai, tak ada kabel atau tumpukan papan yang berserakan hanya untuk mendapatkan fungsi dasar ponsel.

Ini adalah ponsel yang bisa dimiliki, bukan ponsel yang memiliki diri kita. Smartphone modern saat ini haya melayani kepentingan berbagai jaringan pelacak, perusahaan dan organisasi pemerintah. Bukan kita yang memiliki smartphone tersebut, justru smartphone tersebut yang memiliki kita karena bisa melacak diri kita, mencekoki iklan dan menghabiskan waktu dengan hal tak berguna. Nah, waktunya memiliki ponsel yang mengembalikan kendali pada diri kita dan mengoptimalkan kenyamanan.

Related Posts
1 daripada 174

Telpon Gratis dengan WiPhone

Panggilan suara dengan kualitas HD bisa dilakukan dengan WiPhone secara gratis melalui jaringan WiFi. Bila merasa masih kurang, maka firmware bisa di-upgrade atau menambah perangkat keras untuk melakukan fungsi-fungsi tambahan.

WiPhone, Ponsel Oprekan
WiPhone, Ponsel Oprekan

Telpon gratis bisa dilakukan dengan akun SIP, singkatan dari Session Initiation Protocol. Ini merupakan cara standar untuk menelpon melalui internet biasa dikenal juga sebagai VoIP. Ada layanan-layanan komesial yang menyediakan akun SIP/VoIP, beberapa di antarnya pun menyediakan akun gratis. Sebagian besar orang memakai aplikasi VoIP seperti Skype dan WhatsApp, tetapi kita masih bisa menggunakan teknologi yang mendasarinya langsung.

Cara menelpon gratis memakai akun SIP adalah membuat akun SIP, lalu login menggunakan akun tersebut di WiPhone. Telpon pun sudah bisa dilakukan.

Menambah Fungsi WiPhone

Ponsel ini bisa diperluas lagi menggunakan daughter board. Seluruh bagian belakang ponsel adalah panel yang bisa diganti. Bagian ini bisa dipasangi PCB dengan ketebalan 1,6 mm yang sstandar, sehingga bisa menambahkan fungsi apa pun yang diinginkan. Bagian atas dari daughterboard memiliki daya, I/O digital dan seluruh bus yang umum digunakan seperti SPI, I2C dan UART.

Daughter Board memungkinkan untuk menambah fitur-fitur pada ponsel, seperti LTE, baterai berkapasitas besar, LoRa (teknologi radio untuk pengiriman data jarak jauh), mobil remote control, kamera, NFC, Qwiic+Grove, senter, pemindai QRCode dan barcode, pemantau cuaca, dan masih banyak lagi.

Mobil Remote Control
Mobil Remote Control

Wiphone dikembangkan menggunakan Arduino/C++ atau Phyton. Selain itu tersedia juga panduan dasar cara menulis di layar, menghubungkan perangkat keras, menyimpan data ke memori dan lain-lain.

Penggalangan dana di Kickstarter untuk membuat proyek ini hanya US$40 ribu atau sekitar Rp563 juta. Jumlah itu untuk membiayai produksi ponsel itu sendiri, sehingga ponsel bisa dimiliki oleh orang yang menginginkannya. Tetapi jika mencapai US$100 ribu atau sekitar Rp1,4 miliar, maka akan cukup untuk menguji desain dan memberikan produk yang lebih baik, dan donatur bisa memilih tujuan proyek ini.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More