Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Xiaomi Mi 8 SE Jadi yang Pertama Gunakan Snapdragon 710

0 412

Xiaomi sudah “curi start” untuk urusan chipset terbaru bikinan Qualcomm Technologies Inc. Belum lama diluncurkan, Xiaomi Mi 8 SE sudah melengkapi diri dengan Snapdragon 710 yang juga gres diperkenalkan oleh Qualcomm.

Xiaomi Mi 8 SE alias Xiaomi Mi 8 Special Edition diluncurkan pekan ini setelah Mi 8 dan Mi 8 Explorer Edition. Sebenarnya, Xiaomi Mi 8 SE mempunyai spesifikasi secara keseluruhan yang lebih rendah dari Mi 8 dengan harga kelas menengah atau kisaran Rp3 dan Rp4 jutaan. Perangkat kerasnya pun juga lebih rendah.

Meski demikian, bukan berarti tidak ada yang beda dari Xiaomi Mi 8 SE ini. Chassis ponsel pintar ini menggunakan material berkualitas tinggi, seperti alumunium pada bagian sampingnya dan kaca pada bagian belakangnya.

Dan tentu saja ada Snapdragon 710, chipset termutakhir yang belum lama dikomersialkan oleh produsennya. Prosesor 710 ini dibuat pada 10nm node dengan penekanan kinerja pada Augmented Reality dan Artificial Intelligence. Snapdragon 710 ini menggunakan octa-core Kryo 360 CPU pada 2,2 GHz dan Adreno 616 GPU untuk bagian grafisnya.

Sebagaimana ditulisdi situs resmi  Xiaomi, Snapdragon 710 ini membuat kinerja Xiaomi Mi 8 SE 20% lebih baik secara keseluruhan dibandingkan dengan yang memakai Snapdragon 660. Pemakai dapat menikmati performa yang lebih oke, misalkan untuk membuka alamat web dan membuka aplikasi.

Tak hanya itu, Snapdragon 710 memberikan 40% konsumsi daya yang lebih irit saat bermain game atau selama melakukan 4K video playback.

Mi 8 SE menyasar konsumen kelas menengah. Foto oleh gizmotimes.com

Layar Xiaomi Mi 8 SE berbentang 5,88 inci dengan display Super AMOLED plus FHD+ resolusi 1080 x 2244. Aspek rasionya 18,7:9. Ada “poni” pula pada Xiaomi Mi 8 SE ini tetapi sayangnya tidak menawarkan 3D Face ID layaknya pada smartphone standar Mi. Jadi, konsumen bakal mengandalkan sensor penindai sidik jari yang terletak pada bagian belakang si gawai ini.

Laya depan mempunyai balutan hingga 86,12% berkat bezel tipis bagian sampingnya dan “dagu” kecil pada sisi bawahnya. Xiaomi mengatakan Mi 8 SE mempunyai besar yang sama dengan standar ponsel ukuran 5,2 inci pada umumnya.

Baca juga: Redmi S2, Andalan Xiaomi di Segmen Selfie dengan Harga Rp2,3 Jutaan

Untuk bagian RAM, Xiaomi mempunyai 4GB dan ruang penyimpanan 64GB dengan versi yang lebih mahal, yakni 6GB dan konfigurasi memori 64GB.

Jangan lupakan pula soal kamera. Kamera bagian depannya berkekuatan 20MP plus 2µm piksel untuk hasil swafoto yang lebih baik dalam cahaya redup. Sedangkan kamera belakangnya ada sensor utama 12MP plus unit sekunder 5MP demi menyediakan informasi mendalam. Fitur AI yang lebih ditingkatnya mencakup beautification, bokeh dan pengenalan obyek.

Guna mengakomodir kebutuhan milenial yang tak sanggup lama-lama berjauhan dari smartphone, Xiaomi Mi 8 SE menawarkan baterai 3.120 mAh dengan tambahan 18W Quick Charge.

Bagi yang tertarik, Xiaomi Mi 8 SE dijual sekitar Rp3,9 jutaan untuk varian 4GB dan sekira Rp4,3 jutaan bagi versi 64GB. Warna yang bisa dipilih, yakni hitam, emas, merah dan biru. Kapan gawai ini mulai tersedia di Tiongkok atau pun secara global masih belum diumumkan.