ZTE Blade V30 Series Hadir dengan Cip Unisoc, Harga Rp3 Jutaan

Meksiko, Gizmologi – Ketika smartphone 5G kelas menengah mulai banyak tersedia sejak tahun 2020, para vendor masih tetap hadirkan opsi 4G di beberapa negara. Alasannya? Tentu karena masyarakat belum sepenuhnya membutuhkan 5G, dengan tingkat ketersediaan yang memang masih belum merata. ZTE Blade V30 series menjadi salah satu yang terbaru.

Hadir dalam dua opsi berbeda, ZTE Blade V30 & V30 Vita tersedia bagi konsumen yang mungkin tinggal di negara berkembang di mana jaringan 5G belum sepenuhnya tersedia nan stabil. Meski dikabarkan sedang kembangkan seri flagship baru dengan teknologi kamera depan di bawah layar, ZTE masih produktif hadirkan opsi terjangkau.

Baca juga: ZTE Axon 30 Ultra 5G Punya Tiga Kamera 64MP, Ditenagai Cip Snapdragon 888

Secara desain, dua smartphone terjangkau ZTE ini tampil dengan cukup berani dan punya bahasa desain yang berbeda. Bila ZTE Blade V30 berikan opsi warna gradien, Blade V30 Vita lebih memilih untuk berikan tiga warna mengkilap. Desain layar serta bingkai kamera belakangnya pun dirancang berbeda, tunjukkan kelas masing-masing.

Spesifikasi ZTE Blade V30

ZTE Blade V30

Dari kedua seri yang baru saja diperkenalkan ZTE, Blade V30 hadir sebagai pilihan terbaik, meski sejatinya spesifikasi tak terlampau tinggi. Pada bagian depan, layar seluas 6,67 inci yang diusungnya sudah gunakan kamera depan berjenis punch-hole, beresolusi 16MP. Sementara resolusi panelnya sendiri sudah full HD+.

Berjenis IPS, ZTE tak berikan opsi refresh rate tinggi atau dukungan konten HDR. Setidaknya, sensor sidik jari sudah disematkan di samping agar terlihat lebih modern. Beralih ke bagian belakang, bingkai kamera berwarna hitam menyimpan empat sensor kamera, di mana sensor utamanya beresolusi 64MP. Ditemani 8MP ultra wide-angle, 5MP macro dan 2MP sebagai depth sensor.

Dan untuk urusan dapur pacu, ZTE percayakan cip baru dari Unisoc, yaitu Tiger T618 pada ZTE Blade V30. Cip ini punya CPU octa-core, sama persis seperti yang digunakan oleh Advan GX. Dipadukan dengan RAM 4GB, penyimpanan internal 128GB dan slot kartu microSD tambahan.

ZTE Blade V30 Vita Punya Layar Lebih Besar

ZTE Blade V30 Vita

Berikan opsi lebih terjangkau, ZTE Blade V30 Vita malah berikan dimensi layar lebih besar di 6,82 inci. Namun karena kelasnya lebih sederhana, resolusinya diturunkan ke HD+. Termasuk desain kamera depannya yang masih gunakan waterdrop notch, untuk menyimpan sensor 8MP.

Sementara pada bagian belakang, sensor utamanya juga turun resolusi ke 48MP. Dua sensor lainnya masih tersedia, kecuali 8MP ultra wide-angle yang hanya disediakan untuk ZTE Blade V30 saja. Prosesor yang digunakan juga sama-sama octa-core, namun ZTE tak menyebutkan secara gambling nama dan serinya. Hanya memiliki clockspeed sebesar 1,6GHz.

Kedua seri ZTE Blade V30 ini sama-sama dilengkapi dengan kapasitas baterai 5,000 mAh, namun hanya versi non-Vita yang mendukung fast charging hingga 18 watt. Sudah jalankan Android 11, tampilan antarmukanya menggunakan MiFavor UI, khas perangkat ZTE lainnya.

Dari kedua seri yang baru saja diresmikan di Meksiko ini, yang baru diumumkan harganya hanyalah ZTE Blade V30 saja, sementara versi Vita menyusul di masa mendatang. Dengan banderol harga MXN5,099 atau sekitar Rp3,7 jutaan, harga tersebut tergolong mahal. Namun besar kemungkinan ini perihal regional saja.

Tinggalkan komen