Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Samsung Galaxy Tab S4: Tablet Premium yang Handal dan Serba Bisa

Pasar tablet terus menurun dari tahun ke tahun. Berdasarkan laporan terbaru dari IDC, pengiriman tablet pada Q2 2018 mengalami penurunan 13,5 persen dibanding tahun sebelumnya, menjadi 33 juta unit saja. Kendati demikian, ini tak menyurutkan langkah Samsung untuk terus merilis produk baru di segmen ini, salah satunya adalah tablet Samsung Galaxy Tab S4.

Samsung sendiri mempertahankan posisinya sebagai produsen tablet peringkat kedua, dengan mengirimkan hanya 5 juta unit saja di kuartal ini. Produsen asal Korea Selatan ini mengalami penurunan pengiriman yang signifikan mencapai 16,1% YoY. Penyegaran yang dilakukan melalui Galaxy Tab S series ini diharapkan sedikit membantu meningkatkan pangsa pasar Samsung dalam jangka panjang.

Dengan harganya yang premium, tablet Samsung Galaxy Tab S4 menyasar kalangan profesional yang dirancang untuk mendukung produktivitas sekaligus memberi pengalaman hiburan berkualitas. Agar mereka dapat bekerja dan berkarya di manapun berada.

Tanpa perlu berpanjang lebar, mari kita langsung bahas satu per satu bagian dari tablet yang dibandrol Rp10 jutaan ini.

Desain

Samsung Galaxy Tab S4Secara umum tidak ada ada perubahan signifikan pada konsep desain perangkat seperti tablet Samsung Galaxy Tab S4. Desainnya cenderung masih sama dengan pendahulunya. Bezel yang lebar menjadi ciri yang masih sulit hilang dari keluarga Tab, membuatnya mirip laptop pada beberapa sisi. Mungkin karena memang pasarnya yang ada di antara ponsel dan laptop. Membuat perangkat semacam ini terkadang menjejalkan tampilan dari dua perangkat semacam itu sekaligus.

Dibandingkan dengan Galaxy Tab S3, tablet terbaru ini justru memiliki dimensi lebih panjang. Bisa dipahami karena ukuran layarnya pun bertambah luas. Sementara untuk ketebalan dan lebarnya mengalami sedikit pemangkasan dibanding seri terdahulu. Keseluruhan dimensi yang diusung tablet ini, panjang 249.3 x lebar 164.3 x tebal 7.1 mm.

Samsung menempatkan empat buah speaker, masing-masing dua di sisi lebar Galaxy Tab S4. Pada bagian sisi tablet, terdapat pin konektor untuk menghubungkan ke perangkat lain, dalam hal ini adalah keyboard. Juga terdapat tombol fungsi volume dan power serta port audio di sisi lainnya. Oh ya, jangan lupakan slot untuk satu buah kartu SIM maupun kartu memori yang sudah disediakan.

Material belakang tablet ini terbuat dari plastik yang dibuat bening mengkilap seperti kaca, sehingga terlihat lebih mewah. Walau gampang kotor kalau dipegang, ataupun gampang tergores jika terkena benda tajam. Sehingga disarankan untuk memakai cover pelindung. Aksesori cover terbaik untuk melindungi tablet ini adalah POGO Keyboard.

Oke… Sebelum lanjut, yuk tonton video review berikut ini:

Display

Samsung Galaxy Tab S4

Salah satu hal yang saya suka dari Samsung Galaxy Tab S4 adalah hasil perpaduan 16 juta warna yang dihasilkan layar berbasis Super AMOLED-nya, menghadirkan tampilan yang terasa nyaman di mata. Dengan kedalaman warna seperti itu, membuat tiap gambar yang disajikan terasa sangat solid.

Tab S4 ini sendiri memiliki luas dimensi layar 10.5 inch beresolusi maksimal 1600 x 2560 piksel. Rasio yang dihasilkan ada di angka 16: 10. Bezel tebal disekitar layar membuat wajah Tab S4 terasa kurang modern. Pun tidak ada notch ala ponsel kekinian. Dua faktor yang memang wajar sih, karena fungsi kerja lebih diutamakan.

Layar sentuh milik Tab S4 memiliki respon yang baik hingga 10 sentuhan sekaligus. Meski itu tidak akan terasa maksimal apabila hanya memanfaatkan jemari saja. Adalah Stylus Pen yang membuat fungsi display perangkat ini berada di level yang jauh lebih baik. Soal S-Pen ala Samsung ini, saya akan membahasnya khusus di sub-bagian selanjutnya.

S-Pen  

Stylus Pen (S-Pen) menjadi lebih dari sekadar gimmick yang menarik pada perangkat Samsung Galaxy Tab S4. S-Pen ini memang wajib digunakan. Kenapa demikian? Tidak lain karena beberapa aplikasi milik tablet ini hanya bisa dimaksimalkan dengan menggunakan S-Pen tersebut.

Perangkat serupa pensil ini sudah terdapat dalam paket penjualan Tab S4. Sensasi ujung penanya ketika bertemu dengan layar sentuh tablet terasa begitu nyaman, bagaikan efek yang muncul ketika pensil menari dengan kertas. Menggunakan sensor magnetik, membuat proses menulis atau membuat sketsa terasa mudah.

Bagi saya, Samsung sukses mengimplementasikan kenyamanan maksimal dari sebuah stylus di produknya ini. Saya bisa membuat garis halus tipis dengan sedikit tekanan pada layar, atau garis tebal ketika ujung S-Pen mendapat tekanan lebih. Tarikan garis pun stabil tanpa jeda, memudahkan untuk membuat tanda tangan atau sketsa, misalnya. Atau ketika beraktivitas ringan seperti mewarnai gambar dan gaming, S-Pen memberi kesan yang berarti.

Di luar fungsi menulis, S-Pen juga bisa digunakan untuk menampilkan widget khusus. Widget tersebut akan nampak pada sisi layar, kanan atau kiri, dan berisi shortcut aplikasi menarik seperti smart select untuk cropping tampilan apapun di layar, screen write untuk membuat catatan dengan cepat, sampai pada aplikasi Translate yang bisa menerjemahkan kata apapun dari ratusan bahasa di dunia. Cukup mengarahkan sensor S-Pen di kata yang hendak diterjemahkan.

Saya sendiri masih melihat peluang untuk terus meningkatkan potensi kerja dari S-Pen ini di masa mendatang. Namun untuk saat ini, rasanya Tab S4 sudah mampu memberikan apa yang orang cari. Sebuah kinerja yang mantap dan presisi.

Fitur Lain

[publitio]https://publit.io/publitio-wordpress/2R739dmQ//player_html[/publitio]

Related Posts
1 daripada 75

Samsung seakan menyiapkan Galaxy Tab S4 sebagai sebuah rekan serba guna untuk memenuhi hasrat penggunanya. Salah satu motivasi yang muncul ketika memiliki perangkat berlayar lebar semacam ini adalah mencari tontonan seperti film.

Menggunakan tablet ini, saya jelas dapat menikmati sajian gambar bergerak dengan amat baik. Ketajaman warna yang sudah disebut tadi, masih ditambah dengan keberadaan empat buah speaker AKG yang terpasang pada sisi body tablet ini. Lewat fitur Dolby Atmos yang dimiliki, output suara yang dihasilkan terdengar mewah dan jernih. Inilah salah satu fitur terbaik yang ditawarkan Galaxy Tab S4.

Ada pula Samsung Dex, yang sebagian fiturnya sudah saya singgung di atas. Merupakan aplikasi perangkat yang dikembangkan Samsung untuk menjadikan ponsel maupun tablet mereka berfungsi layaknya komputer desktop untuk memaksimalkan produktivitas.

Selain membuat tablet bekerja layaknya laptop saat dihubungkan dengan keyboard, ada lagi fitur Dual Mode. Yaitu penambahan fungsionalitas Galaxy Tab S4 dengan memperluas layar tablet ke monitor yang lebih besar dan mengalihfungsikan perangkat tablet menjadi touchpad / wacom pad yang didukung oleh S Pen. Hal ini untuk mempermudah kebutuhan proses menggambar digital (desain grafis) atau screen keyboard untuk menggantikan perangkat keyboard pengguna.

Agar bisa terhubung ke monitor, kita perlu memiliki kabel konektor HDMI. Di samping mode di atas, terdapat fitur Maximize Window untuk menjalankan semua aplikasi dalam mode layar penuh, bahkan ketika aplikasi tidak mendukung Freeform. Tersedia pula Drag and Drop yang dengan mudah bisa memindahkan konten antara satu aplikasi ke aplikasi lain, membuat pekerjaan menjadi lebih cepat dan efisien.

Nah, bagaimana dengan kemampuan lainnya seperti kamera? Tentu saja seperti gawai masa kini, perangkat ini juga dibekali dengan kamera. Di bagian depan, terdapat kamera 8MP yang bisa digunakan untuk selfie maupun video call. Sedangkan di bagian belakang, memiliki kamera 13 MP AutoFocus yang disertai Flash.

Namun untuk sebuah tablet, kamera hanya sekadar fitur pelengkap saja. Kamu bakal kesulitan memotret dengan perangkat sebesar ini. Begitupun dengan kualitasnya yang tidak bakal bisa bersaing dengan smartphone di rentang harga yang sama. Kualitasnya bahkan setara dengan ponsel 2-3 jutaan.

Sementara itu dalam hal konektivitas, Galaxy Tab S4 termasuk bisa diandalkan. Tablet ini memiliki koneksi Wi-Fi dan satu kartu SIM yang letaknya sama dengan tempat memori tambahan. Opsi tersebut memudahkan pengguna yang jauh dari lokasi hotspot, dan justru bisa menjadikan perangkat ini sebagai akses hotspot tersendiri.

Oh iya, satu hal yang absen di sini yaitu tidak adanya sensor sidik jari. Padahal ini sudah seperti fitur wajib untuk perangkat masa kini. Sebagai salah satu metode untuk meningkatkan keamanan data. Sebagai gantinya, Samsung hanya menyertakan Iris Scanner.

Performa

Samsung membekali Galaxy Tab S4 dengan prosesor Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835. Entah mengapa, jika di smartphone high-end Samsung lebih suka memakai prosesor Exynos yang dikembangkannya sendiri. Tetapi untuk tablet ini lebih memilih chipset buatan manufaktur lain. Tapi yang pasti, ini bukanlah pilihan yang buruk.

Di mana seri 800 merupakan tier tertinggi milik Qualcomm. Prosesor ini memiliki kemampuan kerja octa-core hingga 2,35 GHz. Sementara pada sisi GPU renderer menggunakan Adreno seri 540.

Kendati high-end, dapur pacunya tidak memakai generasi yang terbaru. Sehingga tidak bisa dibandingkan dengan beberapa perangkat terkini, termasuk saudaranya Galaxy Note 9. Walau itu tidak terlalu masalah karena perangkat ini pun masih powerful untuk menunjang berbagai aktivitas.

Menggunakan sistem operasi dari Android seri 8.1 (Oreo) 64-bit, saya bisa memaksimalkan fitur multitasking secara lancar. Misalnya saat menggunakan dengan mode split-screen yang begitu digunakan membelah dua aplikasi yang berbeda. Kedua aplikasi bisa berjalan dengan smooth.

Kinerja tablet Samsung Galaxy Tab S4 juga terasa ringan berkat kehadiran RAM sebesar 4GB. Bahu membahu dengan kapasitas penyimpanan (ROM) sebesar 64 GB yang bisa mendapatkan ekspansi tambahan sampai 400GB.

Untuk penggunaan normal, kapasitas tersebut sudah mencukupi. Namun jika kamu termasuk power user, mungkin tidak akan puas dengan memori hanya 4GB. Memang hanya ini pilihan yang tersedia untuk pasar di Indonesia. Padahal di negara asalnya Korea Selatan, Galaxy Tab S4 memiliki varian dengan RAM 6GB dan ROM 256GB.

Terakhir adalah kemampuan baterai berdaya 7300 mAh yang leluasa untuk dimanfaatkan menopang kerja tablet apik ini. Dengan daya sedemikian besar serta kemampuan charging cepat lewat port USB type C, pengguna Tab S4 bisa bekerja, bermain, dan tetap produktif menggunakan perangkat tersebut. Toh, memang tidak perlu sering-sering mencari charger untuk mengisi ulang baterai, kan.

Benchmark Samsung Galaxy Tab S4Benchmark Samsung Galaxy Tab S4Benchmark Samsung Galaxy Tab S4

Kesimpulan

Produktivitas dan hiburan, kedua hal tersebut bisa diperoleh di tablet ini. Samsung Galaxy Tab S4 secara sederhana mampu menyajikan kebutuhan dan pengalaman kerja sekaligus hiburan pada satu perangkat. Sebagai tablet, kinerjanya tergolong powerful dengan fitur yang sangat melimpah.

Kita bisa memakainya untuk mendukung aktivitas pekerjaan sehari-hari. Namun untuk dijadikan sebagai perangkat utama, secara pribadi saya masih belum berani melakukannya. Bagaimanapun juga, saya masih lebih nyaman bekerja dengan laptop menggunakan sistem operasi Windows atau Mac. Ada beberapa aplikasi desktop yang tidak saya temukan di platform Android.

Tablet Samsung Galaxy Tab S4 ini lebih cocok dipakai sebagai perangkat penunjang. Misalnya saat liburan atau dinas ke luar kota dan tidak memungkinkan untuk membawa laptop, maka Galaxy Tab S4 adalah perangkat yang sempurna.

Spesifikasi Tablet Samsung Galaxy Tab S4

General

  • Device Type
    Tablet
  • Model / Series
    Samsung Galaxy Tab S4
  • Released
    04 Agustus, 2018
  • Status
    Available
  • Price
    IDR 10.999.000

Platform

  • Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835
  • CPU
    Octa-core (4x2.35 GHz Kryo & 4x1.9 GHz Kryo)
  • GPU
    Adreno 540
  • RAM (Memory)
    4 GB
  • Storage
    64 GB
  • Operating System
    Android 8.1 (Oreo)
  • User Interface
    Oreo

Design

  • Dimensions
    249.3 x 164.3 x 7.1 mm (9.81 x 6.47 x 0.28 in)
  • Weight
    482g (Wi-Fi), 483g (LTE) (1.06 lb)
  • Design Features
    Tablet
  • Battery
    Non-removable Li-Po 7300 mAh battery

Network

  • Network Frequency
    GSM / HSPA / LTE
  • SIM
    Nano-SIM
  • Data Speed
    HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (5CA) Cat16 1024/150 Mbps

Display

  • Screen Type
    Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
  • Size and Resolution
    10.5 inches, 321.9 cm2 (~78.6% screen-to-body ratio)
  • Touch Screen
    Yes
  • Features
    Stylus
    Multi-touch

Camera

  • Multi Camera
    Yes (Front)
  • Rear
    13 MP, AF
  • Front
    8 MP
  • Flash
    Yes
  • Video
  • Camera Features
    LED flash, HDR, panorama

Connectivity

  • Wi-fi Wi-Fi is a popular wireless networking technology using radio waves to provide high-speed network connections that allows devices to communicate without cords or cables, Wi-Fi is increasingly becoming the preferred mode of internet connectivity all over the world.
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth Bluetooth is a wireless communications technology for exchanging data between mobile phones, headsets, computers and other network devices over short distances without wires, Bluetooth technology was primarily designed to support simple wireless networking of personal consumer devices.
    5.0, A2DP, LE
  • USB
    3.1, Type-C 1.0 reversible connector; magnetic connector
  • GPS GPS The Global Positioning System is a satellite-based radio navigation system, GPS permits users to determine their position, velocity and the time 24 hours a day, in all weather, anywhere in the world, In order to locate your position, your device or GPS receiver must have a clear view of the sky.
    Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
  • HDMI HDMI (High-Definition Multimedia Interface) is a compact audio/video interface for transferring uncompressed video data and compressed or uncompressed digital audio data from a HDMI-compliant source device to a compatible computer monitor, video projector, digital television, or digital audio device.
    No
  • NFC NFC (Near field communication) is a set of standards for smartphones and similar devices to establish peer-to-peer radio communications with each other by touching them together or bringing them into proximity, usually no more than a few inches.
  • Infrared Infrared connectivity is an old wireless technology used to connect two electronic devices. It uses a beam of infrared light to transmit information and so requires direct line of sight and operates only at close range.
    No

Smartphone Features

  • Multimedia Features
    - Fast battery charging
    - Samsung Dex
    - ANT+ support
    - MP4/H.264 player
    - MP3/WAV/eAAC+/Flac player
    - Photo/video editor
    - Document editor
  • FM Radio
    No
  • Web Browser Web Browser => a web browser is a software application used to locate, retrieve and display content on the World Wide Web, including Web pages, images, video and other files, The primary function of a web browser is to render HTML, the code used to design or markup webpages.
    HTML5
  • Messaging
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
  • Sensors Sensors are electronic components that detects and responds to some type of input from the physical environment. The specific input could be light, heat, motion, moisture, pressure and location, The output is generally a signal that is converted to use in computing systems, a location sensor, such as a GPS receiver is able to detect current location of your electronic device.
    Iris scanner, accelerometer, gyro, proximity, compass
82%
Awesome

Samsung Galaxy Tablet S4

Pilihan tepat untuk kamu yang mobile. Harga bisa jadi sedikit kendala.

  • Design
  • Display
  • Camera
  • Performance
  • Features
  • Battery

Get real time updates directly on you device, subscribe now.