alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

HTC Vive Pro 2, Headset VR yang Mampu Tampilkan Visual 5K

Belum lama ini, HTC kembali merilis perangkat headset virtual reality (VR) terbaru, Vive Pro 2. Perangkat tersebut menjadi lanjutan dari rilisan pertama pada 2019 lalu. Kehadiran HTC Vive Pro 2 membawa serta update teknologi dan fitur yang jauh lebik baik. Dengan harga nyaris Rp 10 juta, Vive Pro 2 akan membawa serta ragam teknologi menarik di dalamnya.

Visualisasi yang mampu dihasilkan Vive Pro 2 cukup mencuri perhatian dengan resolusi maksimal hingga 5K (5120 x 2880 piksel). Kemampuan 120 derajat area untuk sapuan padangan. Serta refresh rate mencapai 120Hz. Pantas membuatnya jadi headset VR di kelas high-end dan profesional yang patut diperhitungkan.

Tingginya resolusi milik Vive Pro 2 nyaris menghilangkan efek screen-door yang dijumpai pada perangkat VR dengan teknologi lebih rendah. Hasilnya pengguna dibuat seakan benar-benar masuk ke dalam dunia virtual ketika menggunakan headset ini. Tentu dibutuhkan PC dengan spesifikasi mumpuni agar mampu menjalankan perangkat seperti itu.

Baca juga: Review MSI GS66 Stealth: Laptop Gaming Elegan Bertenaga

Rival Headset VR Vive Pro 2

vive pro 2
Meski bisa untuk gaming, headset Vive Pro 2 berada di segmen pasar profesional.

HTC Vive Pro 2 dibuat untuk menyasar segementasi high-end/ profesional, dengan harga maupun teknologi visual menawan. Akan tetapi jika kamu hendak memanfaatkannya untuk gaming, headset jadi terasa mahal jika dibandingkan dengan eksistensi perangkat sejenis yang lebih murah. Apalagi jika bukan Oculus Quest 2.

Oculus Quest 2 memang bukan hedset VR terbaik dilihat dari spesifikasi produknya. Dan lebih menyasar pada konsumen casual gaming. Namun Oculus dianggap mampu menyajikan kombinasi harga dan perangkat yang relevan dengan pasar. Dengan kualitas visual sedikit di bawah 4K, Oculus Quest 2 dijual pada kisaran harga Rp 6 jutaan.

Bandingkan dengan Vive Pro 2 yang dijual pada kisaran harga Rp 10 jutaan. Dengan rincian US$ 749 hanya untuk unit headset saja. Sementara jika menghendaki paket lengkap termasuk base stations dan Vive controllers maka dibutuhkan dana US$ 1,399 (sekitar Rp 17 juta) untuk menebusnya. Itu baru untuk headset dan belum perangkat PC-nya. Tentu itu bisa terasa sangat mahal, kan.

Selain Oculus Quest 2, ada beberapa produk headset VR lain yang tak kalah menarik. Seperti Valve Index, yang sama-sama masuk di segmen pro dan memiliki harga jual paket lengkap sekitar US 1,499 (Rp 18 juta). Atau jika ingin merasakan sensasi VR dengan budget lebih ketat, bisa melirik Playstation VR dari Sony, yang menawarkan pengalaman resolusi visual 4K.

Tinggalkan komen