Nokia Noise Cancelling Earbuds, TWS Pertama dengan ANC Harga Rp1,7 Jutaan

Seperti vendor smartphone lainnya, HMD Global turut menghadirkan beberapa aksesori wearable untuk menemani seri Android One mereka. Meski memang, hingga saat ini jenisnya hanya sebatas earphone TWS saja, belum merambah ke smartwatch atau smartband. Termasuk Nokia Noise Cancelling Earbuds yang baru saja diresmikan.

Ya, nama yang agak panjang memang. Sebelum menghadirkan Nokia Noise Cancelling Earbuds (dengan seri BH-805), HMD juga rilis Nokia Power Earbuds Lite, sudah kami ulas dan baru tersedia resmi di Tanah Air. Namun kehadiran TWS Nokia baru kali ini adalah yang pertama dengan active noise cancellation alias ANC.

Dengan catatan, murni rilisan Nokia ya. Karena saat ini, earphone TWS yang tersedia di pasaran dengan merek sama dibuat dari dua pabrikan; HMD Global sendiri, maupun pihak ketiga bernama RichGo, di mana sebelumnya sudah rilis TWS ANC lebih dulu. Keduanya rilis banyak seri dengan spesifikasi yang berbeda-beda.

Baca juga: Nokia Professional TWS P3600 Hadir dengan Fitur Active Noise Cancellation

Secara tampilan luar, perangkat terbaru dari HMD ini tampil dengan desain yang serupa seri sebelumnya. Hadir dengan permukaan matte dalam dua opsi warna; Charcoal serta Polar Sea khas Nokia. Spesifikasi mendetail seperti bobotnya belum dicantumkan pada situs resminya.

Spesifikasi Nokia Noise Cancelling Earbuds

Nokia Noise Cancelling Earbuds

Sesuai namanya yang panjang, daya jual utama dari Nokia Noise Cancelling Earbuds adalah fitur active noise cancellation-nya. Seperti TWS premium lainnya, fitur ini mampu memblokir suara keramaian di sekitar, dengan tingkatan mencapai 25 dB. HMD mengatakan, tingkat tersebut sudah setara dengan pelindung pendengaran komersil.

Selain ANC, tentunya fitur Ambient mode juga hadir untuk menangkap suara luar agar lebih terdengar, sehingga tak perlu melepas earbud untuk berbicara. Berbeda dengan seri Power Earbuds, Nokia Noise Cancelling Earbuds didesain dengan bentuk menyerupai AirPods Pro, dengan tulisan nama merek tercetak besar.

Nokia Noise Cancelling Earbuds

Keunggulan lain yang ditawarkan adalah kualitas audionya, diklaim setara dengan kelas studio. Hal tersebut berkat dimensi driver besar mencapai 13mm, di mana kebanyakan earbud hanya 6mm saja. Menggunakan bahan grafit, perlu dibuktikan sendiri apakah benar-benar berkualitas seperti klaimnya. Dan yang tak kalah penting tentu daya tahannya.

Masing-masing earbud dilengkapi baterai 45 mAh, sanggup digunakan untuk dengarkan lagu sampai 5 jam (atau 4 jam dengan ANC aktif) sekali putar. Sementara charging case-nya punya baterai 400 mAh, bisa menambah daya sampai 20 jam. Dilengkapi indikator lampu LED di luar, tombol reset serta port USB-C yang mendukung fast charging (tanpa dukungan wireless charging).

Gunakan Bluetooth 5.0, HMD tak sediakan aplikasi khusus untuk kustomisasi pintasan earbud lewat sensor sentuhnya. Hanya dipastikan bila fitur ANC serta pintasan untuk asisten Google bisa dilakukan dengan sentuhan saja. sertifikasi IPX5 juga membuatnya tahan cipratan air atau keringat.

Ketersediaan & Harga Nokia Noise Cancelling Earbuds

Nokia Noise Cancelling Earbuds

Dalam setiap paket pembeliannya, konsumen bakal mendapatkan kabel USB-C, pilihan tiga ukuran eartip serta kotak yang seutuhnya terbuat dari kertas daur ulang. Nokia Noise Cancelling Earbuds baru saja diluncurkan untuk pasar Eropa, baru tersedia untuk negara Austria, Switzerland serta Jerman.

Harganya? 99,99 Euro, atau sekitar Rp1,7 jutaan. Belum ada informasi terkait ketersediaannya di wilayah lain. Melihat seri Power Earbuds yang baru hadir berbulan-bulan pasca perilisan (dan ulasan kami), sepertinya tak bakal hadir dalam waktu dekat di Tanah Air.

Tinggalkan komen