Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Populele U1, Ukulele Pintar Besutan Xiaomi

Apa sih yang nggak buat Xiaomi? Perusahaan asal Tiongkok ini seperti palugada, apa lu mau gue ada. Di Indonesia, mungkin produk yang dipasarkan hanya smartphone, smart tv, koper, power bank smart band dan earphone. Tapi di negara asalnya, mereka memproduksi berbagai peralatan. Termasuk salah satu yang menarik perhatian saya adalah ukulele Xiaomi Populele U1.

Saya tak sengaja mengetahui informasi perihal perangkat ini. Ketika di linimasa media sosial ada yang post tentang ukulele dari Xiaomi ini. Ternyata sudah sekitar dua tahun perangkat ini diluncurkan. Tetapi memang tidak dipasarkan secara resmi oleh Xiaomi di Indonesia. Meski sudah ada yang menjualnya di beberapa situs jual beli online lokal.

Tentu bukan sekadar ukulele biasa seperti yang sering kita lihat dari musisi jalanan. Karena Xiaomi Populele U1 adalah ukulele pintar yang dapat terhubung ke aplikasi Android di smartphone yang memudahkan untuk mempelajari lagu-lagu baru.

Baca juga: Redmi K20 dan K20 Pro, Sub-brand Xiaomi yang Siap Bertarung di Zona Flagship

Fitur Populele U1

Xiaomi Populele U1 bukan hanya menawarkan kecanggihan teknologi, namun juga dari segi kualitas material. Bodi utama ukulele terbuat dari kayu mapple eropa dengan senar dari Italian Aqlulla Nylon.  Desainnya makin keren dengan cat warna kayu yang membuat ukulele ini terlihat elegan dan berkualitas.

Bagi kamu yang sebelumnya tak pernah memegang ukulele, tak perlu khawatir. Karena Populele U1 memang dirancang untuk para pemula agar bisa memainkannya dengan mudah dan cepat. Pengguna bisa menirukan posisi jari pada not yang tampil di aplikasi secara realtime di ukulele. Bahkan di fisik ukule ini terdapat beberapa titik LED Light untuk memudahkan menempatkan jari.

Related Posts
1 daripada 51

 Xiaomi Populele U1

Nah, Populele U1 ini disebut sebagai ukulele pintar karena alat musiknya bisa terhubung ke aplikasi smartphone melalui koneksi Bluetooth 4.0. Melalui aplikasi Populele App, pengguna bisa bermain game musik ukulele, menyanyikan lagu, merekam, hingga membuka daftar lagu ukulele yang tersedia di aplikasi. Untuk syarat sistem operasinya, minimal smartphone dengan Android 4.3 ke atas dan iPhone dengan iOS 8.0 ke atas.

Aplikasi Populele akan mengajarkan penggunaan ukulele langkah demi langkah. Pertama, nyalakan Bluetooth ponsel dan pasangkan dengan aplikasi pintar Populele. Setelah berhasil, pilih fungsi penyetelan dalam opsi, serta sistem pengenalan suara yang akurat.

Yang menarik, pada aplikasi tersebut terdapat mode permainan untuk memulai latihan. Setiap “level” mempersiapkan untuk akor, ritme, musik dasar yang berbeda, dan praktik musik yang sesuai. Kamu perlu menekan akor dengan LED di leher untuk mencocokkan metode “Tai Gu Daren” di aplikasi. Sehingga musik di setiap level dapat dengan mudah dilakukan. Seperti bermain game saja.

Bodi mungul Populele U1 dilengkapi dengan baterai lithium-ion 800 mAh. Pengisian daya selama sekitar 3 jam sudah cukup untuk bermain selama 10 jam. Jika tidak menyalakan daya, pengguna masih bisa memainkan ukulele seperti pada umumnya. Hanya saja LED dan fitur yang terhubung ke aplikasi menjadi tidak aktif.

Harga ukulele Populele U1 di Indonesia

Seperti sudah saya singgung di atas, Populele U1 ini tidak dipasarkan secara resmi oleh Xiaomi di Indonesia. Harganya bervariasi di angka Rp 1 – 2 jutaan. Namun pengguna tetap bisa membelinya secara online di sejumlah situs belanja. Di antaranya Jakartanotebook.com, Lazada dan Bukalapak.com.