alexa

Kapan Switch Pro Akan Dirilis, Nintendo?

Berita tentang kemunculan Nintendo Switch Pro terus mengemuka belakangan ini. Di saat Switch versi awal baru memasuki 5 tahun masa hidupnya, dan Switch Lite masuk usia ke-3. Harapan akan hadirnya versi lebih baik dari kedua model tersebut tidak pupus begitu saja. Apalagi generasi konsol kini memasuki era baru setelah Playstation 5 dan Xbox X|S lahir tahun lalu.

Informasi tentang Switch Pro memang terus menjadi spekulasi, apalagi melihat Nintendo yang tak kunjung memberikan titik terang. Termasuk ketika mereka memutuskan untuk memproduksi model Switch hingga 30 juta unit di tahun ini. Tidak pula disebutkan apakah produksi itu termasuk di dalamnya unit model terbaru atau hanya melanjutkan model yang telah ada sebelumnya.

Bocoran informasi justru datang dari sumber lain, yakni Universal Display Corp. Dalam pertemuan investor perusahaan pembuat layar OLED (Organic Light Emmiting Diodes) tersebut, muncul dokumen yang di-retweet akun @SpanWaveMedia, menyebutkan bahwa Nintendo akan memanfaatkan teknologi OLED pada model Switch Pro terbaru. Kontan saja hal tersebut menjadi kejutan bagi para fans Nintendo di seluruh dunia.

Disebutkan pula bahwa penggunaan layar OLED untuk Switch Pro, disebabkan kemampuan layar yang mampu memberi respon lebih baik serta ukuran kontras yang tinggi. Bersamaan dengan produk Nintendo, tertulis pula nama laptop Xiaomi dan Dell yang akan memanfaatkan teknologi serupa pada produk mereka.

Baca juga: Nintendo Switch Lite Rilis Warna Baru di Bulan Mei

Nintendo Switch Pro Akan Memiliki Resolusi 4K

switch pro
Nintendo Switch Pro versi rendering dari para fans.

Wajar jika mengharapkan Switch Pro akan segera rilis. Sebab sudah dipahami bahwa strategi dagang Nintendo selalu berusaha menjaga pasar mereka lewat update konsol secara bertahap. Seperti yang mereka lakukan pada Nintendo Entertainment System (NES) menjadi Super NES (SNES), atau Nintendo DS menjadi 3DS. Begitu pula kemungkinan yang bisa terjadi pada Switch.

Nintendo memang telah memberikan update melalui hadirnya Switch Lite. Namun itu lebih kepada mengubah fungsi konsol hybrid menjadi murni handheld saja. Bukan update yang menekankan pada peningkatan kapasitas serta kemampuan kerja dari produk itu sendiri. Padahal Nintendo diisukan sempat memberi arahan kepada developer game tahun 2020 lalu untuk mempersiapkan game mereka siap dimainkan pada resolusi 4K.

Ya, resolusi 4K menjadi arah yang dituju Nintendo dari hadirnya konsol Switch Pro. Menjadi sebuah keharusan bagi mereka jika ingin terus kompetitif dan diterima pasar. Meskipun resolusi 4K tersebut didapat dari teknik upscaling dari Nvidia, dan bukan murni output 4K seperti milik PS5 dan Xbox X|S.

Pada bulan Februari lalu, Shuntaro Furukawa, Presiden Nintendo sempat menyebutkan bahwa pihaknya tidak memiliki rencana merilis model baru dalam waktu dekat. Jawaban diplomatis yang membuka peluang bahwa perilisan itu tetap dapat dilakukan. Bisa segera di tahun ini atau tahun 2022 nanti. Semoga kepastian hadirnya Switch Pro baru bisa segera kita dapatkan!

Tinggalkan komen