alexa

Sony Umumkan Generasi Terbaru Headset VR untuk PS5

Sony telah mengumumkan headset VR (Virtual Reality) generasi terbaru pada konsol PlayStation 5. Perangkat ini kemungkinan tidak akan diluncurkan pada 2020, mengingat dalam tahap pengembangan. Perangkat game asal Jepang ini telah mengabarkan rencana awal untuk membuatnya tersedia di PS5 di masa depan. Sebelumnya Headset VR PlayStation dirilis untuk PlayStation 4 pada bulan Oktober 2016.

Head of PlayStation Platform and Planning, Hideaki Nishino mengatakan telah mempelajari perbaikan sejak meluncurkan headset VR di PS4 untuk mengembangkan sistem VR generasi berikutnya. Peningkatan dimulai dari resolusi dan bidang pandang hingga pelacakan.

“Headset VR ini akan terhubung ke PS5 dengan satu kabel untuk menyederhanakan pengaturan dan meningkatkan kemudahan penggunaan, sekaligus memungkinkan pengalaman visual dengan ketelitian tinggi,” kata Hideaki.

Memang ini tak se-powerful Oculus Rift yang didukung PC dan HTC Vive VR headset yang tiba di tahun yang sama. Tapi pada kenyataannya headset VR keluaran Sony lebih mudah digunakan dan terbukti populer di kalangan pemain, terjual 5 juta pada akhir tahun 2020.

Berbagai game baru mendukung headset VR

Game VR
berbagai game akan disungguhkan pada penggemar PS5 (VR Focus)

Sony mendukung teknologi dengan berbagai pilihan game unik dari studio ternama, seperti, Moss game bergenre petualangan tentang tikus kecil dan AstroBot Rescue Mission yang menampilkan robot putih kecil yang telah menjadi maskot PlayStation. Selain itu, terdapat Tetris Effect, versi VR psikedelik yang diakui secara kritis dari game puzzle block-stacking klasik, juga memulai debutnya di PS VR.

Tidak hanya game yang telah disebutkan, Hideaki membeberkan game lainnya. “Kami juga ingin berterima kasih kepada semua pemain PS VR kami atas dukungan Anda yang berkelanjutan. Dengan game mendatang seperti After The Fall, Sniper Elite VR, dan Humanity, masih banyak lagi yang akan datang untuk PS VR baik Anda bermain di PS4 atau PS5,” ucapnya.

Menjanjikan Kualitas Bermain yang Lebih Baik

Playstation VR
Memberikan pembaruan sistem yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya (New Atlas)

Sistem headset VR baru menjanjikan resolusi yang lebih baik, pelacakan kepala yang lebih akurat, dan bidang pandang yang lebih luas. Ini akan terhubung ke PS5 dengan satu kabel, membuatnya lebih mudah untuk diatur dan digunakan. Ini juga akan datang dengan pengontrol gerak VR baru yang akan menggabungkan beberapa fitur baru dari pad DualSense PS5.

Sementara itu, PlayStation 5 telah terjual sejak diluncurkan November lalu. Meskipun demikian, 4,5 juta konsol telah terjual pada akhir tahun lalu, menurut laporan pendapatan perusahaan.

Ia menambahkan besar harapannya dengan PlayStation VR dan sistem VR generasi dapat membangun realitas virtual sebagai media untuk memainkan game, menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

“Pemain akan merasakan kehadiran yang lebih besar dan menjadi lebih tenggelam dalam dunia game mereka setelah mereka memakai headset baru,” tutup Hideaki.

Tinggalkan komen