Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Dari Penyedia GPS Tracker, Fox Logger Berkembang Menjadi Perusahaan IoT

0 158

Bagi Gizmo friends yang mungkin bergelut di dunia otomotif, jual beli mobil maupun rental mungkin sudah familiar dengan jenama (brand) perusahaan asal Indonesia yang satu ini. Didirikan sejak tahun 2015, Fox Logger dikenal sebagai salah satu penyedia GPS Tracker paling ternama. Berikan solusi terbaik untuk manajemen logistik dan transportasi.

Namun tak hanya sampai di situ saja, Fox Logger ingin kembangkan sayapnya dan merambah ke segmen lain yaitu IoT. Dengan terobosan produk produk baru, kini mereka menamakan dirinya sebagai perusahaan IoT yang didirikan dan dikembangkan oleh anak-anak muda, dengan nilai kompetensi yang tinggi.

Sempat Turun Omset Hingga 70% Selama Pandemi

Alamsyah Cheung, CEO Fox LoggerLewat sebuah konferensi pers (19/11), Fox Logger berikan kabar terbaru mengenai market update sepanjang tahun 2020, serta gejolak yang didapat selama masa pandemi. Dalam kuartal pertama, omset perusahaan IoT asal Indonesia ini sangat bagus, mencapai Rp3 milyar per bulannya. Namun ketika pandemi Covid-19 bermula, omsetnya sangat turun, di mana pada bulan Mei bisa mencapai penurunan 70%.

“Di April turun 50%, lalu mulai bulan Juni naik lagi sampai ke 70%. Setelah dianalisa, parameternya melalui tingkat penjualan otomotif,” terang Alamsyah Cheung, founder & CEO Fox Logger. Pihaknya tak terikat langsung dengan penjual mobil, namun lebih ke perusahaan leasing yang memfasilitasi metode beli kendaraan. “Saat ini, kami menjadi yang terbesar dalam pendukung layanan perusahaan pembiayaan kredit mobil.”

Menurut Alamsyah, penjualan produk GPS tracker mereka sudah masuk ke dalam proses bisnis penjualan mobil dengan metode kredit leasing. Hal tersebut karena perangkatnya sangat murah untuk mitigasi risiko. “Harganya tak sampai Rp1,5 juta, dan jika kendaraannya seharga Rp500 juta, harga produk kami masih sama, alias hanya sekitar 0,3% saja. Lebih murah dari biaya asuransi kendaraan,” jelas Alamsyah.

Dua Perangkat IoT Terbaru dari Fox Logger

 

Mengklaim hadir sebagai perusahaan IoT, Fox Logger hadirkan dua produk terbarunya berupa GPS tracker kompak. Tak hanya bisa diselipkan di kendaraan, perangkat ini bersifat multiguna, bisa ditaruh ke dalam tas, atau di dalam paket dokumen. Mendukung kartu SIM khusus perangkat IoT serta baterai yang tahan tiga hari, posisinya bisa dilacak secara real-time lewat aplikasi Fox Logger.

Tak hanya untuk mengetahui lokasi, perangkat ini dilengkapi dengan speaker dan mikrofon, sehingga pemilik bisa mendengarkan suara di mana alat tersebut diletakkan, dan mengeluarkan suara untuk peringatan. Dengan harga perangkat yang tak sampai Rp1 juta, pengguna cukup membayar biaya layanan akses dari Fox Logger. Kedepannya, mereka berencana untuk membuat fungsi alat sejenis dalam bentuk berbeda, seperti gelang untuk anak-anak.

Multi purpose tracker Fox Logger - 2

Selain dalam bentuk GPS tracker, juga dihadirkan Fox Logger ID Card yang punya tampilan sesuai namanya. Beda dari ID card biasa, produk milik Fox Logger dilengkapi kartu SIM, speaker dan mikrofon, tombol untuk speed dial dan panic button. Perangkat yang satu ini tak dijual secara umum—Fox Logger ingin mencari pihak ketiga untuk bekerja sama memanfaatkan fungsinya, seperti jasa haji/umrah maupun anak sekolah (bila kegiatan edukasi sudah bisa dilakukan secara daring).

Hadirkan Aplikasi Pelacak Telekumo Family

Telekumo Family

Fox Logger juga baru saja luncurkan sebuah aplikasi mobile yang dapat melacak posisi pengguna smartphone satu sama lain, bernama Telekumo Family. Aplikasi ini hadir secara gratis baik untuk Android maupun iOS, ditujukan untuk penggunaan keluarga dan anggota karyawan. Versi gratisnya bisa digunakan hingga lima orang dalam satu grup.

Dengan begitu, kita bisa mengatur titik khusus (seperti rumah), dan berikan notifikasi apabila ada anggota keluarga yang baru masuk atau meninggalkan lokasi. Telekumo Family juga manfaatkan sensor akselerometer selain GPS, bertujuan agar GPS tak perlu terus aktif ketika smartphone sedang tidak bergerak, untuk menghemat daya baterai.

Fox Logger juga berikan layanan berbayar Rp49 ribu per bulan, ditujukan untuk penggunaan perusahaan agar dapat memonitor karyawan terutama tim sales maupun canvaser. Pengguna dari kalangan korporat dapat memanfaatkan API yang dapat diintegrasikan, serta penambahan anggota dan titik lokasi tertentu lebih banyak di dalam aplikasi.