alexa

Tanpa Disadari, Inilah 4 Kebiasaan Penonton Youtube yang Sering Dilakukan

Bagi seluruh penikmat video, pasti akan mengenal Youtube. Platform video ini dapat menjadi hiburan seseorang dalam waktu luang. Dengan perkembangan teknologi, menonton video di Youtube tak hanya bisa dilakukan di komputer saja. Melalui keberadaan Smartphone dan Smart TV sensasi menonton Youtube semakin berbeda. Tercatat, lebih dari 70% waktu menonton berasal dari perangkat seluler.

Dengan tersebar di 100 negara dan menggunakan 80 bahasa, penikmat Youtube telah tersebar ke seluruh dunia. Total ada 1 miliar jam yang dinikmati seseorang untuk menonton konten. Melalui rata-rata usia 18 hingga 34 tahun, Youtube kini telah menjadi magnet kaum muda untuk berekspresi dan merefresh pikiran.

Baca juga: Amerika Serikat Bakal Tarik Pajak dari Youtuber Hingga 24%

Dalam menikmati video, penonton seringkali memiliki kebiasaan unik. Entah apa yang mendasari perilaku tersebut, tetapi kebanyakan masyarakat telah melakukannya. Berikut ini Gizmologi telah merangkum beberapa kebiasaan unik penonton dalam menyaksikan video Youtube.

Mendengarkan Musik Tanpa Menonton Video

Music
Close up of a young man sitting outdoors listening to music  

Dalam mendengarkan musik, beberapa orang pastinya akan mencari judul lagu kesayangannya melalui aplikasi streaming seperti Spotify, Joox, Deezer, Apple Music dan lain-lain. Tak jarang, penikmat musik sering mengalami kesulitan dalam mencari lagu original dari musisi favorit. Terdapat beberapa konten musik yang tidak dapat ditemukan pada aplikasi musik streaming mainstream.

Adanya Youtube, semua orang dapat mencari dan menemukan jenis lagu yang mereka inginkan. Lagu dari tahun berapapun dapat ditemukan. Meskipun dalam penggunaannya Youtube hanya digunakan media pemutar musik, setidaknya pendengar dapat bernostalgia dengan lagu kesayangannya.

Melewati Bagian Tertentu Pada Video

Youtube
ilustrasi Youtube Progress Bar 

Guna meringkas video, seseorang dapat memainkan Youtube Progress Bar sesuai keinginan.Tak peduli durasi pada video, penonton dapat langsung melewati beberapa bagian. Dengan begitu, pemirsa dapat menikmati video tanpa harus melihat durasi keseluruhan.

Saat ini, Youtube telah menambahkan fitur chapter pada progress bar. Fitur tersebut, dapat mempermudah penonton dalam menemukan potongan klip yang ingin disaksikan. Pada bagian progress bar, setiap durasi yang dimainkan akan memiliki judul segmennya masing-masing. Para konten kreator dapat menambahkan fitur chapter pada videonya, sesuai dengan klip yang diputarkan saat itu.

Mempercepat Serta Memperlambat Video

Youtube
Tampilan fitur kecepatan pemutaran  

Setiap Youtuber pasti memiliki cara berkomunikasi yang berbeda-beda. Dalam memahaminya, penonton sering mengalami kesulitan dalam memahami kata yang diucapkan. Selain pelafalan yang tak jelas, kecepatan penyampaian kata menjadi masalah seseorang menangkap pesan.

Fitur kecepatan pemutaran video di Youtube dapat menjadi solusinya. Dengan kecepatan minimal 0.25 hingga maksimal 2.0 , pengguna dapat menyesuaikan ritme dari video yang diputar sesuai keinginan.

Menggunakan Subtitle Bahasa

Youtube
Tampilan fitur subtitel 

Pada sebagian video, penonton sering mengalami kesulitan dalam mengerti bahasa asing. Melalui fitur subtitle (CC), pengguna dapat mengerti bahasa yang disampaikan. Hal ini juga berguna bagi penderita tuna netra dalam menikmati video.

Itulah ringkasan yang dapat Gizmologi sampaikan. Apakah di antara kebiasaan tersebut, sering dilakukan Gizmo Friend di rumah atau tempat lainnya?

Tinggalkan komen