Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Amerika Serikat Bakal Tarik Pajak dari Youtuber Hingga 24%

0 494

Saat ini, Youtuber tidak lagi dipandang sebelah mata. Tak sekadar untuk iseng-iseng saja, sekarang dengan hanya merekam aktivitas kita bisa menjadi profesi yang menjanjikan. Pendapatan yang didapatkan juga tak main-main, sehingga pemerintah Amerika Serikat pun bakal menarik pajak YouTuber.

Menurut Influencer Marketing Hub, YouTuber dapat menghasilkan pendapatan antara US$ 0,01 hingga US$ 0,03 per iklan yang ditampilkan dalam video yang diunggahnya. Namun, rata-rata yang didapatkan seorang YouTuber bisa mencapai US$ 0,18 setara Rp 2.592 (kurs Rp 14.400) per iklan untuk 1 video.

Baca juga: Ini Tiga Prioritas YouTube untuk Dukung Kreativitas Kreator Konten

Jadi Youtuber, bisa meraup penghasilan sekitar Rp 2,6 juta per hari. Itu akan terjadi, jika 1 iklan dalam 1 video telah mencapai 1.000 views per hari. Tak terbayang besarnya keuntungan yang diperoleh, jika mereka konsisten mengunggah video per hari dan mendapatkan views lebih dari 1000.

Memberlakukan Pajak Youtuber di Luar atau Dalam AS

youtube
Ilustrasi Youtube (QZ)

Para YouTuber ini mendapatkan keuntungan dari Google Adsense. Sesuai peraturan yang diberlakukan oleh pemerintah AS, pajak YouTuber bakal dikenakan baik bagi pembuat konten di dalam maupun luar AS.

Nantinya, setiap YouTuber terlebih dahulu akan mendapatkan email dari Google seputar pemotongan pajak. Setelah itu, mereka akan diminta untuk mengirimkan informasi pajak yang relevan di AdSense paling lambat 31 Mei 2021. Nantinya Youtube akan memandu setiap penggunanya untuk mengisi informasi tersebut melalui Artikel FAQ. Setelah pengguna siap, Anda dapat mengirimkan info dengan login ke AdSense untuk memberikan formulir pajak.

Baca juga: Youtube Perluas Fitur Pengawasan Orang Tua untuk Anak yang Menginjak Remaja

Ada penanda bantuan di sepanjang jalan yang diberi label “(i)” untuk membantu memberikan konteks dan menjelaskan beberapa bidang. Dengan begitu para Youtuber dapat mengisi bidang ini secara akurat. Google akan menentukan besaran pajak yang didapatkan oleh setiap Youtuber.

Jika informasi pajak tersebut tidak diberikan, maka Google mungkin diwajibkan memotong 24% dari total pendapatan YouTube di seluruh dunia. Sedangkan jika memberikan informasi pajak, tarif pemotongan antara 0% dan 30% dari penghasilan bulanan untuk audiens Amerika Serikat.

Pemotongan Pajak YouTuber Mengacu Aturan AS

Logo Aplikasi YouTube

Lebih lanjut, kebijakan pajak ini diambil mengacu terhadap Chapter 3 U.S. Internal Revenue Code untuk mengumpulkan informasi pajak dari semua pembuat konten yang memonetisasi di luar AS. Serta memotong pajak dalam kasus tertentu ketika mereka memperoleh penghasilan dari pemirsa di AS.

Dalam hal ini, YouTube dapat memotong pajak dari para kreator di seluruh dunia, ketika mereka dapat menghasilkan pendapatan dari pemirsa yang berbasis di AS melalui iklan yang disaksikan, YouTube Premium, SuperChat, Super Sticker, dan kanal berlangganan.

Baca juga: Aplikasi YouTube Android Kini Bisa Streaming Video 4K HDR

Aturan tersebut jelas dapat mempengaruhi ekosistem Youtube di Indonesia. Pemotongan pajak dapat terjadi, jika video yang dihasilkan ternyata ditonton oleh warga AS. Ini akan berlaku bagi Youtuber Indonesia yang videonya ditonton oleh warga AS.

Cara Mengirimkan informasi pajak YouTuber ke Google 

Jika  tidak menyerahkan informasi pajak hingga 31 Mei 2021, Google dapat diwajibkan untuk memotong total penghasilan Anda dari seluruh dunia hingga sebesar 24%.

Para YouTuber dapat mengikuti petunjuk di bawah untuk mengirimkan informasi pajak AS ke Google. Perhatikan bahwa Anda mungkin akan diminta untuk mengirimkan ulang informasi pajak setiap tiga tahun.

  1. Login ke akun AdSense.
  2. Klik Pembayaran.
  3. Klik Kelola setelan.
  4. Scroll ke “Profil pembayaran” dan klik edit Edit di samping “Info pajak Amerika Serikat”.
  5. Klik Kelola informasi pajak.
  6. Pada halaman ini, kamu akan menemukan panduan yang akan membantu Anda memilih formulir yang sesuai dengan situasi pajak.
Tinggalkan komen