Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Tips Menjadi YouTuber Pemula Bermodal Smartphone

1 1.386

Menurut prediksi Cisco, tahun 2022 video online akan mendominasi konsumsi trafik internet sampai lebih dari 82%, 15 kali lebih tinggi dibanding 2017. Tren tersebut bisa dirasakan di mana menonton video YouTube telah menjadi bagian dari keseharian. Dalam hal berbagi konten video, tak diragukan lagi YouTube menjadi tujuan utama. Tak heran banyak yang ingin tahu cara menjadi Youtuber pemula.

Platform milik Google ini telah menjadi bagian dari kultur video modern yang berkembang setiap hari. YouTube memiliki lebih dari 2 miliar pengguna yang masuk setiap bulan, menjadikannya situs web ketiga yang paling banyak dikunjungi, hanya tertinggal di belakang Google dan Facebook.

Memang, dengan video kita bisa lebih mudah untuk menyampaikan informasi kepada konsumen. Karena video memadukan audio dan visual yang membangkitkan emosi lebih efektif daripada konten berbasis teks. Meski artikel teks tetap jadi pilihan bagi yang gemar membaca dan membutuhkan informasi lebih cepat serta hemat data.

Cara Menjadi YouTuber Pemula

Ingin menjadi Youtuber pemula? Dibanding beberapa tahun silam, sekarang sangat mudah. Karena hanya bermodal smartphone saja. Kita bisa membuat konten vlog yang bagus. Tentu semuanya perlu proses belajar, tidak bisa instan langsung sukses punya banyak subscriber. Kecuali jika kamu adalah kalangan selebritis atau memang beruntung saja.

Rekomendasi kami jika memiliki bujet di rentang Rp4 jutaan adalah OPPO Reno4 ataupun Reno4f. Kehadiran Reno4 series ini diciptakan untuk meyasar anak muda terutama para kreator konten yang dapat berekspresi dengan kehadiran teknologi kecerdasan buatan unggulan pada fitur kamera. Desain bodi perangkat yang ramping dan stylish dibuat dengan berdasarkan masukan pengguna di Indonesia.

Baik OPPO Reno4 maupun Reno4 F menghadirkan empat kamera belakang yang memberikan kemampuan untuk mengambil gambar pada smartphone layaknya professional. Dengan fitur kecerdasan buatan yang diberikan, pengguna dapat dengan mudah menggunakan foto portrait dan menggunakan fitur penstabil gambar saat merekam.

Bila melihat tren yang ada sekarang, banyak sekali tipe konten vlog yang trending setiap harinya, mulai dari review gadget, makanan, travelling, daily vlog, dan lain-lain. Jangan berkecil hati dan takut untuk memulai karena pada intinya, apapun tipe vlognya, pastikan kualitas konten kamu beda dari yang lain. Oke, mari kita mulai mempelajari langkah-langkah menjadi Youtuber pemula, kemudian mempraktikkan.

1. Pelajari fitur kamera smartphone

OPPO Reno4 F tips menjadi youtuber pemulaSebelum memulai bikin konten video, sebaiknya pelajari terlebih dulu fitur kamera yang tepat untuk mengambil video terbaik sesuai dengan konteks vlog. Misalnya saja untuk OPPO Reno4 telah menyediakan kemampuan perekaman video 4K.

Selain itu, di perangkat ini juga telah memiliki fitur penstabil gambar yang terdiri dari Ultra Steady video dan Ultra Steady Video Pro. Kedua fitur tersebut membantu pengguna agar bisa merekam gambar lebih stabil tanpa bantuan alat tambahan seperti gimbal.

OPPO Reno4 juga menyisipkan fitur-fitur video nan menarik. Fitur AI Color Portrait Video yang dapat merekam video dengan menjaga objek memiliki warna seperti aslinya sedangkan latar belakang objek dibuat menjadi hitam-putih. Sementara itu, fitur Monochrome Video kian menambah tampilan video lebih menarik lagi. Pengguna dapat menunjukkan elemen warna tertentu yang menonjol pada video seperti merah, biru, atau hijau, sementara warna lain dibuat menjadi hitam-putih.

2. Bikin berdasarkan kesukaan terlebih dulu

Kegiatan yang kita lakukan berdasarkan kesukaan pasti baka lebih enjoy dijalankan. Hasilnya pasti lebih maksimal karena sesuai passion. Nah, buat kamu yang masih coba-coba berbagai macam jenis konten, mungkin kamu bisa memulai bikin konten yang memang sesuai dengan yang kamu suka.

Misalnya kamu suka bermain game, buatlah konten gaming. Suka kuliner, bikin vlog tentang makanan, hobi sepeda, bikin vlog tentang sepeda, dan sebagainya.

3. Menjadi Youtuber pemula dengan pengambilan visual yang bagus

Pencahayaan merupakan aspek penting yang harus diperhatikan untuk bisa menghasilkan kualitas video yang baik. Usahakan mencari area merekam video yang cerah dan terang, serta memperhatikan jarak pengambilan yang cukup (metering), agar output yang dihasilkan jelas untuk dinikmati audiens kita.

Sebaiknya kita memberikan resolusi video yang tinggi. Beberapa smartphone masa kini bahkan sanggup untuk merekam video dalam resolusi 4K. Dengan kemampuan resolusi gambar yang tinggi maka hasil video akan terlihat lebih jelas, tajam, dan jernih. Lebih mudah juga nanti ketika pada proses editing, misalnya mau dicrop dan lainnya.

Kamera OPPO Reno4 Pro4. Perhatikan audio yang jelas

Merekam dengan suara yang jelas adalah salah satu kunci untuk menyampaikan pesan dalam video kamu. Karena, bila visual yang kita hasilkan sudah bagus namun audio kita tidak terekam jelas, audiens tidak akan memahami pesan yang ingin kita sampaikan.

Usahakan untuk merekam di ambience yang sunyi. Lebih baik lagi jika gunakan aksesori seperti microphone, clipon atau lainnya.

5. Konsisten dan Miliki Referensi Sebanyak Mungkin

Konsistensi adalah kunci keberhasilan dari vlog yang kita buat. Mungkin ada banyak vlogger yang bikin konten keren, tapi tidak konsisten dalam melakukannya. Misalnya satu minggu sekali di hari yang sama harus mengunggah video.

Selain itu, seorang kreator sebaiknya memiliki banyak referensi untuk belajar. Ini penting karena dengan lebih banyak referensi, maka menjadi Youtuber pemula lebih mudah membentuk identitas khasnya.

6. Tentukan tipe vlog dengan topik yang audience centric

Topik merupakan hal pertama yang wajib kita miliki sebelum mulai membuat konten. Mencari topik sangat mudah dan banyak sekali hal yang bisa kita manfaatkan jika kita melihat di sekitar kita. Prinsip dasar untuk mencari topik adalah mengidentifikasi poin-poin seperti ‘siapa’, ‘apa problemnya’, dan ‘apa solusinya’. Pada intinya, selalu niatkan membuat konten yang membantu dan menjadi solusi bagi banyak orang.

Ada tiga tipe konten vlog: yang pertama original series, yaitu tipe konten yang diupload dengan timeline rutin setiap minggunya. Kedua, tipe konten always on, yaitu biasa dikenal dengan konten “help” atau memberikan tips dan trik melakukan sesuatu.

Tipe konten ini cenderung timeless atau tak lekang oleh waktu dan dapat dikonsumsi kapan saja hingga waktu yang lama. Ketiga, tentpole, atau dikenal sebagai “hero” content, yang melibatkan skala produksi yang lebih besar dan profesional.  Biasanya menggunakan metode livestream atau premiere untuk penayangan videonya.

7. Kemampuan story telling

Setelah mengetahui topik/permasalahan apa yang ingin kita bahas, kita harus menceritakan topik tersebut dan membuat konten yang bisa menjadi solusinya. Banyak anggapan yang menilai bahwa story telling merupakan hal yang sulit untuk dikuasai.

Padahal, sejak kita kecil, kita sudah dilatih secara alami.  Untuk membuat konten, ceritakan topik yang sudah kita tetapkan dengan gaya kita masing-masing untuk menghasilkan konten yang orisinil.

Paket Kuota Nonstop Smartfren
Ilustrasi vlogger (Foto: 123rf/weedezign)

8. Kreativitas dan cerita yang terstruktur

Kreativitas dan struktur adalah segalanya. Kreativitas merupakan salah satu hal paling krusial yang dibutuhkan pada semua tahapan membuat vlog yang Awesome. Rancang storyline kamu terlebih dahulu dalam bentuk poin-poin yang memudahkan kamu untuk membuat struktur konten yang ingin disampaikan.

Meskipun vlogging secara spontan di lokasi tetap perlu adanya Opening, Content, dan Closing. Selain itu, 7 detik pertama dari video adalah bagian yang menentukan viewers akan stay dan melanjutkan video tersebut atau tidak. Masukkan Snippet/cuplikan seru dari konten Video kamu di bagian awal ini. Editing yang sederhana akan menyempurnakan video.

9. Belajar edit dari smartphone

soloop video editor 2Editing bikin vlog kamu makin kaya dan berkualitas. Seperti dengan memberikan efek transisi yang smooth, pop-up efek yang fun, dan pewarnaan yang menarik. Buat pemula, kamu bisa coba jelajahi fitur video editing pada OPPO Reno4. Terdapat aplikasi SoLoop yang bisa untuk melakukan edit video sederhana untuk memotong video, mengganti filter warna, masukin teks dan lagu, hingga beautify effect.
Baca: Tips Edit Video Mudah Lewat Aplikasi Soloop dari Smartphone OPPO

Buat kamu yang ingin lebih lagi, banyak banget aplikasi editing yang tersedia di Playstore untuk dicoba. Kamu bisa milih beragam aplikasi editing seperti: Filmorago, Power Director, Kinemaster. Kamu hanya perlu eksplorasi mana yang cocok buat dan cukup tekuni satu atau dua aplikasi saja.

Tunjukkan Komen (1)