Youtube Perluas Fitur Pengawasan Orang Tua untuk Anak yang Menginjak Remaja

Berkembangnya internet, berdampak besar juga dalam kehidupan. Termasuk remaja yang dapat mengakses video apa saja di Youtube. Walau begitu, kalangan anak-anak maupun remaja patut menjadi perhatian bagi orang tua.

Baca juga: Aplikasi YouTube Android Kini Bisa Streaming Video 4K HDR

Dikutip dari Engadget, YouTube telah mengumumkan kontrol orang tua yang diperluas untuk kalangan remaja. Fitur yang akan datang ini ditujukan bagi mereka para remaja yang mungkin telah melampaui batas usia di YouTube Kids. Platform ini rencananya akan meluncurkan versi beta untuk fitur akun yang diawasi dalam beberapa bulan mendatang.

Pengaturan Konten YouTube untuk Remaja

Remaja
ilustrasi anak remaja bersama orang tuanya (Google)

Melalui akun Google yang diawasi, orang tua dapat memilih dari tiga pengaturan konten. Jika pengguna merasa cukup nyaman untuk membiarkan anak-anaknya mengakses lebih banyak video di situs daripada yang untuk anak kecil, Anda dapat mengaktifkan pengaturan Jelajahi.

Ini akan membuka berbagai video yang menurut YouTube secara umum cocok untuk anak-anak berusia sembilan tahun ke atas. Konten bisa dalam bentuk vlog, klip game, video musik, berita, dan konten pendidikan.

Baca juga: Tips Menjadi YouTuber Pemula Bermodal Smartphone

Adanya pengaturan jelajahi lebih banyak ditujukan untuk remaja. Ini akan mencakup kumpulan video yang lebih besar, termasuk streaming langsung untuk jenis konten yang muncul di setelan jelajahi. Opsi Sebagian besar YouTube sudah cukup jelas. Memblokir video yang dibatasi usia tetapi sebaliknya akan memberikan akses remaja yang lebih tua ke hampir semua yang ada di platform.

Memang untuk saat ini, sistemnya tidak akan berjalan sempurna dan beberapa video yang tidak pantas masih akan lolos dari celah, mengingat versi ini masih dalam tahap pengujian. Akan tetapi itu akan berkembang dan meningkat seiring waktu.

Adanya pengaturan konten pada orang tua akan dapat melihat tontonan dan riwayat pencarian anak-anak mereka. Pengguna masih dapat mengaktifkan batasan lain melalui Google Family Link, termasuk batas waktu. YouTube berencana menambahkan lebih banyak kontrol, termasuk opsi untuk memblokir video tertentu.

Membuat Panduan Bersama

Remaja
bersama berbagai pihak Youtube mengeluarkan pedoman pengawasan orang tua (Paginemediche)

Turut ambil bagian organisasi PTA National, Parent Zone, dan Be Internet Awesome, bersama YouTube membuat panduan untuk membantu orang tua menentukan cara terbaik mengawasi anak-anak mereka. Bekerja sama dengan pembuat konten untuk menjalankan kampanye yang akan membuat mereka mendiskusikan topik seperti informasi hoax, penindasan, pelecehan, dan kesejahteraan digital.

Layanan tersebut mengatakan akan terus berfungsi di YouTube Kids, yang diklaim sebagai opsi terbaik untuk anak-anak yang lebih muda daripada akun yang diawasi, dengan memperluas fitur dan alat yang tersedia untuk orang tua. Di antaranya adalah opsi untuk mengaktifkan akses ke video atau saluran tertentu.

Tinggalkan komen