Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Aplikasi YouTube Android Kini Bisa Streaming Video 4K HDR

0 1

Meski YouTube sendiri milik Google, opsi untuk menonton konten video melalui aplikasi versi Android-nya masih tidak lebih superior dari iOS. YouTube Android hanya bisa menonton konten video menyesuaikan resolusi dari masing-masing layar smartphone yang sedang digunakan, dan belum mendukung 4K HDR, sampai pada akhirnya tersedia baru-baru ini.

Sebelumnya, ketika mengakses YouTube Android di layar smartphone 1080p, misalnya, opsi untuk menonton konten tersebut maksimum hanya terbatas di full HD, meski videonya punya resolusi mencapai 8K sekalipun. Situasi tersebut berbeda dengan perangkat milik Apple seperti iPhone. Di mana meski diakses dari iPhone XR, masih bisa lakukan streaming hingga resolusi full HD.

Lewat pembaruan YouTube Android terbaru, kini konsumen diberi kebebasan untuk memilih opsi resolusi yang lebih tinggi, meski resolusi layar smartphone yang digunakan untuk akses lebih rendah. Selain smartphone, pengguna tablet Android pun dapat menikmati keleluasaan ini. Lantas apakah kehadiran opsi ini begitu penting?

Baca juga: Mengenal YouTube Shorts, Platform Video Pendek Pesaing TikTok

Pengguna Android Bisa Nonton Video di YouTube Lebih Jelas

YouTube Android
Opsi 4K HDR muncul di OPPO Reno5 5G.

Tentu, dengan semakin tingginya resolusi video yang kita tonton, semakin banyak juga bandwidth atau kuota yang diperlukan. Yang kemudian menjadi pertanyaan bagi Gizmo friends, apakah menonton konten video lewat resolusi 4K di layar full HD lebih baik daripada streaming di resolusi yang sama? Jawabannya adalah iya. Tampilan gambar akan tetap lebih jelas saat dilihat, karena video tersebut diputar dengan bitrate lebih tinggi.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang teori di baliknya, The Daily Note telah membuat video penjelasan lengkap terkait hal tersebut. Selain opsi resolusi lebih tinggi, YouTube Android juga mengejar ketertinggalan dalam mendukung konten video 4K HDR. Opsi video HDR sendiri sudah muncul lebih dulu di perangkat iOS sejak 2019 lalu. Kemudian lewat iOS 14, opsi 4K HDR muncul.

Tidak ada alasan jelas kenapa pengembangan aplikasi YouTube Android lebih lambat dibandingkan dengan iOS. Dan bagi kamu yang ingin menjajal opsi terbaru untuk resolusi tinggi ini, tak perlu melakukan pembaruan aplikasi. Karena opsi baru ini hadir melalui pembaruan dari sisi server, bukan tergantung dari aplikasinya.

YouTube Android Baru Berpotensi Timbulkan Masalah

YouTube Android
Opsi tertinggi di Samsung Galaxy A02.

Kami pun mencoba menjajalnya di tiga smartphone berbeda. Di OPPO Reno5 5G dan Google Pixel 3, opsi untuk menonton video dengan kualitas tertinggi 2160p HDR langsung tersedia. Dengan begitu, saat konten video diperbesar untuk penuhi layar, gambar dari tiap frame terlihat sedikit lebih jelas. Padahal, Reno5 5G tak memiliki sertifikasi konten HDR10 khusus.

Sementara di smartphone kelas entri seperti Samsung Galaxy A02, opsi HDR tidak muncul. Ketika digunakan untuk memutar video 4K HDR, opsi tertinggi hanya hingga 1080p 60fps saja. Video malah tertampil patah-patah, nampaknya akibat GPU yang kurang powerful.

Tidak menutup kemungkinan, opsi yang justru lebih banyak ini bakal menambah komplain pengguna, yang mencoba memutar video dengan resolusi lebih tinggi dari yang smartphone mereka bisa putar untuk streaming. Apakah hal serupa terjadi di smartphone Android Gizmo friends? Tulis saja pada komentar di bawah ya!