Bangkok, Gizmologi – Dalam memperkenalkan perkembangan teknologi elektroniknya ke cakupan yang lebih luas, Samsung secara rutin mengadakan platform untuk berbagi informasi dan pengalaman produk eksklusif. Yang terbaru adalah teknologi AI TV Samsung, dipamerkan lewat Southeast Asia Tech Seminar 2024 yang diselenggarakan di Bangkok pekan lalu.
Melalui acara tersebut, Samsung menampilkan sejumlah teknologi AI TV Samsung yang bisa memberikan kombinasi gambar, suara, dan kustomisasi tingkat lanjut lebih baik. Tech Seminar sendiri sudah digelar sejak 2012 lalu, dan kini menjadi bagian dari visi perusahaan, yakni “Screens Everywhere, Screens for All.” Tidak hanya TV, sektor lainnya terkait layar juga didominasi oleh perusahaan asal Korea Selatan satu ini.
Baru-baru ini, Samsung juga mengumumkan prestasinya sebagai produsen signage nomor satu, dan sudah berlangsung sejak lima belas tahun terakhir. Prestasi ini diterbitkan melalui firma riset pasar Omdia, menunjukkan kepemimpinan perusahaan dalam pasar signage digital secara global.
Baca juga: CES 2024, TV Samsung OLED Glare Free, Neo QLED & Micro LED Hadir dengan Fitur Berbasis AI
Tak Hanya Canggih, AI TV Samsung Juga Mendukung Fitur Keamanan Knox

Digelar pada 23-24 April 2024 lalu, Tech Seminar 2024 yang digelar oleh Samsung menjadi ajang untuk menunjukkan bila inovasi yang hadir bisa memberikan fitur-fitur yang mudah digunakan. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Yongjae Kim, Executive VP of Visual Display Business, Samsung Electronics.
“Selama Tech Seminat kami menampilkan beberapa teknologi AI TV Samsung terbaik. Kami tidak hanya menampilkan teknologi TV AI yang berbeda dari kompetitor, tetapi juga melakukan yang terbaik untuk melindungi berbagai informasi pribadi pelanggan,” jelas Yongjae melalui sebuah rilis yang diterima Gizmologi (24/4).
Tech Seminar yang diadakan di Bangkok kali ini merupakan bagian dari rangkaian seminar yang sukses diadakan di Jerman pada Februari lalu. Ke depannya, acara serupa juga bakal dilaksanakan di wilayah Amerika Latin, untuk menghadirkan teknologi AI TV Samsung terbaru sekaligus rangkaian monitor canggih.

Sejumlah AI TV Samsung yang dipamerkan adalah seri Neo QLED 8K 2024, serta rangkaian TV OLED Samsung rilisan tahun yang sama. Neo QLED 8K 2024 sudah mengusung prosesor NQ8 AI Gen3 terbaru, memiliki 512 neural network untuk memproses gambar supaya terlihat lebih hidup dan presisi. Juga hadir fitur tambahan lainnya seperti 8K AI Upscaling Pro dan AI Motion Enhancer Pro.
Kecanggihan AI TV Samsung juga termasuk integrasi dengan Samsung Knox. Di mana fitur tersebut menjamin keamanan TV dari segi software maupun hardware. TV OLED Samsung terbaru juga sudah dilengkapi dengan teknologi OLED Glare Free, mampu mengurangi pantulan cahaya secara signifikan untuk pengalaman menonton minim gangguan.
Pimpin Pasar Global, Signage Samsung The Wall Dominasi Gedung Mewah

Selain kecanggihan teknologi yang bisa hadir melalui AI TV Samsung, adanya rangkaian produk signage digital juga membuat Samsung bisa memimpin pasar global dengan nilai market share sebanyak 33% di tahun 2023. Tidak hanya itu, pada periode yang sama, Samsung juga berhasil menjual lebih dari 2 juta unit display signage.
Pencapaian ini tidak terkecuali karena Samsung bisa berikan beragam jenis produk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan lingkungan bisnis. Salah satunya adalah lini The Wall, kini sudah dipilih sebagai tampilan untuk sejumlah hotel mewah. Dua di antaranya adalah Atlantis The Royal Dubai dan Hilton Waikiki Beach di Hawaii.
Ke depannya, diperkirakan bila pasar global signage display bakal alami pertumbuhan pesat. Peningkatan tahunannya bisa naik sampai 8%, dengan proyeksi ukuran pasar sebesar USD24,6 miliar pada tahun 2027, alias naik dari USD14 miliar dari tahun 2020.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




