alexa

coocaa S3U, Smart TV Terjangkau Pertama dengan Coolita OS

Jakarta, Gizmologi – Konsumen kini diberikan banyak sekali pilihan akan sebuah smart TV, perangkat elektronik yang kepopulerannya meningkat selama pandemi COVID-19 berlangsung. Hadir sebagai sumber hiburan keluarga, kini smart TV sudah bisa didapat dengan harga sangat terjangkau. Meramaikan kompetisi, coocaa S3U hadir dengan Coolita OS rancangan sendiri.

Belum familiar dengan merek smart TV satu ini? coocaa sendiri telah berdiri sejak tahun 2006, didirikan oleh perusahaan besar asal China yaitu Skyworth. Dalam perjalanannya, cukup banyak investor yang bergabung demi kembangkan produk AIoTV dari coocaa. Beberapa di antaranya seperti iQIYI, Tencent, sampai Baidu.

Di Indonesia sendiri, keberadaan coocaa juga sudah cukup lama. Kali ini, lewat seri coocaa S3U, mereka ingin hadirkan sebuah opsi baru untuk smart TV layar besar dengan harga terjangkau. Dimungkinkan berkat penggunaan sistem operasi Coolita OS yang sangat ringan. Tak membutuhkan spesifikasi hardware tinggi, demi menekan harga produksi & harga jual.

Baca juga: COOCAA S7G, Android TV Murah dengan Tiga Pilihan Ukuran Layar

“Kami sangat senang mengumumkan terobosan teknologi terbaru dengan hadirnya sistem operasi smart TV kami sendiri, Coolita OS,” kata Raul Hua, General Manager, Coolita Global Business Department lewat sebuah rilis yang diterima Gizmologi (1/9). Produk baru ini diresmikan lewat sebuah acara digital Coolita Global Launch, ditayangkan langsung melalui akun YouTube resminya.

Coolita OS Dirancang Ringan, Hanya Butuh RAM 512MB

coocaa S3U - Coolita OS

Diluncurkannya sistem operasi baru Coolita OS tak lepas dari tiga tantangan utama yang umumnya dialami oleh pengguna smart TV; kurangnya ruang memori TV karena OS yang berat, perangkat yang tidak responsif, serta tampilan antarmuka yang dinilai rumit.

Coolita hadir sebagai sub-brand dari coocaa yang berfokus pada OS TV, pengembangan layanan, serta solusi eksklusif untuk kebutuhan konsumen yang terus berubah. Diluncurkan pula Coolita OS 1.0 yang digunakan pertama kali pada smart TV coocaa S3U. Sebuah Web OS versi sederhana yang tercipta dari Linux kernel.

Mengusung konsep desain “Cool & Clear”, Coolita OS dirancang berikan tampilan antarmuka sederhana serta mudah digunakan. Meski bukan Android milik Google, OS ini bakal punya aplikasi YouTube 2021 untuk akses segala video favorit. Juga CC Plus, platform streaming terintegrasi yang tawarkan konten global dan lokal dengan pembaruan berkala, plus rekomendasi konten sesuai pengguna.

Ingin sambungkan smartphone ke TV? Bisa, bahkan tanpa menggunakan koneksi internet atau WiFi, karena fitur eksklusif CC Cast gunakan jaringan area lokal (LAN) dari TV secara langsung. Sementara hiburan lain seperti browser, app store dan lite cloud games juga tersedia. Plus Data Saver dengan pengingat data khusus.

coocaa S3U Dijual dengan Harga Sangat Terjangkau

coocaa S3U - Coolita OS

Karena dirancang ringan dan hemat memori, smart TV coocaa S3U hadir dengan CPU quad-core Cortex-A35, penyimpanan internal 4GB dan kapasitas RAM yang jauh lebih kecil dari smart TV Android pada umumnya, alias hanya 512MB saja. Terkait performa, sepertinya kita harus membuktikannya secara langsung, apakah sesuai claim dari coocaa maupun Coolita.

Dengan dimensi layar 32 inci minim tepian bezel, coocaa S3U punya bezel bawah berwarna silver yang berikan kesan elegan. Layarnya sendiri gunakan panel Direct View LED, beresolusi 1366 x 768 piksel, dengan kecerahan maksimum 200 nits serta lima preset gambar. Mode gaming, misalnya, bisa berikan latensi serendah 20ms saja.

Mengimbangi kualitas visual, disematkan setup speaker stereo dengan daya masing-masing 10W. Agar keluaran suara lebih imersif, coocaa S3U juga mendukung efek suara dari Dolby, seperti Dolby Digital Plus, ditambah Sound AES (Audio Enhanced Surround). Smart TV ini gunakan jaringan Wi-Fi 2.4GHz, dan memiliki bobot di kisaran 3,5 kilogram.

Hadir sebagai smart TV kelas entri, coocaa S3U bakal dibanderol dengan harga Rp2,099 juta saja, alias lebih murah dari harga yang disarankan global yaitu mencapai USD199. Dijual secara resmi di JD.ID, Lazada dan Shopee, ada cara khusus untuk mendapatkan harga lebih murah.

Yaitu dengan membelinya lewat program penjualan perdana khusus di JD.ID. Di mana coocaa S3U bisa didapatkan dengan harga Rp2,049 juta saja, alias lebih murah Rp50 ribu. Harga khusus bisa kamu dapat pada tanggal 9 – 11 September 2021 mendatang.

Tinggalkan komen