188 Atlet Esport Siap Berkompetisi di PON XX Papua 2021

Jayapura, Gizmologi – Sebanyak 188 atlet Esport dari berbagai provinsi siap berlaga di cabang olahraga eksibisi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Mereka juga akan memperebutkan medali di babak utama, pada 22 September 2021.

“Sebanyak 188 atlet dari 48 tim yang berasal dari 25 provinsi berhasil lolos dari babak kualifikasi Pra-PON dan siap berebut tahta terbaik di Papua,” kata Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Bambang Sunarwibowo dalam konferensi pers virtual, Selasa (21/9/2021).

Bambang mengatakan penggelaran eksibisi esports memiliki misi dan makna yang luas. Selain untuk pengembangan dan barometer prestasi esports nasional, keberhasilan ajang ini juga berpotensi mendorong laju ekonomi kreatif digital.

“Melalui Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 yang kami gelar hingga 26 September nanti, kami ingin menyampaikan pesan kepada dunia tentang potensi besar industri esports Indonesia,” imbuhnya.

Ada lima game yang dipertandingkan dalam esports PON 2021, yaitu Free Fire, Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile, eFootball PES 2021, dan Lokapala. Khusus game Lokapala, statusnya bukan ekshibisi melainkan pertandingan persahabatan.

Koneksi Jaringan Internet

PMCO SEA 2019 Runner Up Bigetron dari Indonesia 2
Tim Bigetron eSport

PBESI memastikan jaringan internet yang dipakai selama pertandingan ekshibisi esports PON XX Papua 2021 sudah terpasang dan aman dari gangguan. Guna mengakomodir kebutuhan internet tersebut, panitia bekerja sama dengan Telkomsel untuk menyiapkan kapasitas bandwidth yang besar.

“Saat ini sudah dipersiapkan bandwidth sebesar 200Mbps untuk penyelenggaraan eksibisi esports selama 6 hari penyelenggaraan,” kata Sekjen PBESI Frengky Ong.

Di sisi lain, Manager RAN, Transport and Security Operation Telkomsel Maluku dan Papua Kurnia Widhi Atmadji mengatakan, pihaknya juga telah menyiapkan backup plan. Dengan memfokuskan traffic data untuk empat klaster penyelenggaraan PON.

“Telkomsel sudah menyiapkan jaringan data selular sebagai backup jaringan WiFi Telkom yang akan digunakan dalam pertandingan nantinya (sebagai default).

Tinggalkan komen