Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Aplikasi AeroConnect Asal Yogyakarta Bidik Sektor Transportasi dan Pariwisata

1 2.900

Startup lokal terus bermunculan. Tidak hanya terkonsentrasi di Jakarta yang memang perputaran uangnya paling tinggi, tapi juga di berbagai daerah. Salah satunya adalah PT Putra Nusantara Lestari, perusahaan pengembang aplikasi di bidang transportasi dan pariwisata lokal Yogyakarta, AeroConnect.

Ardon Ardianto, Operational and Technical Director AeroConnect.app, mengatakan bahwa AeroConnect memang aplikasi lokal Yogyakarta, namun diracik sedemikian rupa dengan standar tertentu. Sehingga dapat dipakai oleh siapa saja, baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia.

Pandemi Covid-19 rupanya memberi dampak juga bagi AeroConnect. Karena sebagai aplikasi di bidang transportasi dan wisata, merupakan sektor yang terpukul sangat telat. “Namun kami meyakini setelah COVID-19 ini mereda, transportasi dan pariwisata akan semakin booming. Justru inilah saatnya Indonesia membangkitkan perekonomiannya dengan mendukung karya-karya atau produk-produk lokal, seperti AeroConnect.app ini,” tutur Ardon.
Baca juga: Mitigasi Covid-19, Startup Jogja Widya Analytic Manfaatkan Big Data

Aplikasi AeroConnect.app

AeroConnect.app dapat diunduh melalui Apple AppStore maupun Google PlayStore. Selain memesan kendaraan untuk antar dan jemput penumpang, AeroConnect.app juga mengakomodir pemesanan VIP service bandara, sewa mobil, pembelian tiket shuttle bandara, hingga penyediaan jasa keimigrasian.

Saat ini AeroConnect.app dapat digunakan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan akan segera hadir dalam bentuk kios digital di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Kulon Progo.

Pada tahap awal, AeroConnect.app telah menyediakan setidaknya lima puluh armada mobil untuk melayani calon penumpang di wilayah DIY dan sekitarnya. Jumlah ini diharapkan akan terus bertambah sejalan dengan gencarnya edukasi serta prediksi meningkatnya kebutuhan masyarakat Yogyakarta untuk layanan transportasi dan pariwisata, terutama setelah pandemi COVID 19 berakhir.

Selanjutnya, AeroConnect.app juga akan menambah armada mobil di Bali dan Lombok untuk melayani kebutuhan masyarakat dan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Kolaborasi dengan DOKU

Hari ini, AeroConnect.app mengumumkan kerja sama dengan sistem pembayaran online DOKU. Irfan Burhan, Senior Vice President of Business Expansion DOKU, mengatakan sebagai penyedia sistem pembayaran online sekaligus mitra teknologi AeroConnect.app, pihaknya bangga dapat bertumbuh dan sama-sama memajukan bisnis lokal.

“Melalui kolaborasi ini tidak hanya pengaturan mobilitas penumpang saja yang dipermudah, namun opsi pembayaran juga beragam. Fitur dalam platform AeroConnect.app pun menjadi semakin diperkaya dengan adanya layanan seperti top up pulsa dan paket data,” ujar

Bekerjasama dengan DOKU dan Bank Mandiri, pembayaran di AeroConnect.app dapat dilakukan menggunakan DOKU e-Wallet, kartu debit, kartu kredit dan e-wallet rekanan lainnya. DOKU AeroConnect 02

Fitur dan Layanan AeroConnect.app:

1. Car On Demand

Seperti ride hailing pada umumnya, pengguna dapat memesan mobil untuk mengantar ke tujuan. Kelebihannya, ada fitur “Pick Up Now” untuk penjemputan saat ini dan “Book for Later” dimana pengguna dapat mengatur penjemputan mulai dari 4 jam sebelumnya. Semua mobil yang terdaftar di AeroConnect.app berkapasitas 6 orang jadi tidak perlu repot memilih ukuran mobil.

2. Airport Transfer

AeroConnect.app menyediakan pengantaran ke Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) dan Adisucipto (JOG) yang dapat dipesan mulai dari 5 jam sebelum keberangkatan.

3. Rent Car

Pilihan beragam untuk sewa mobil di Yogyakarta. Pengguna hanya perlu memasukkan lokasi penjemputan awal dan pengantaran akhir lalu memilih durasi (3 jam, 6 jam, 12jam, full day) dan jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan pengguna (Avanza, Innova, Hiace)

4. Services

– Inbound Visa: jasa keimigrasian seperti perpanjangan VISA, pembuatan dan perpanjangan KITAS bagi WNA. Saat ini layanan Inbound Visa terbatas untuk area Bali. Pengguna dapat memesan layanan untuk diri sendiri maupun orang lain.

– Airport Butler: jasa Airport VIP services saat kedatangan maupun keberangkatan yang disediakan oleh Joumpa untuk Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Adisucipto (JOG), dan Ngurah Rai Bali (DPS).

5. Shuttle

Pengguna dapat membeli tiket shuttle untuk area DIY dan Jateng yang dioperasikan oleh Satelqu.

6. Billers

Pembelian pulsa dan paket data semua operator di Indonesia.

Selain layanan di atas, AeroConnect.app juga sedang menyiapkan berbagai layanan pariwisata seperti paket tour dan Outbound Visa bagi WNI. Selain melalui aplikasi, pemesanan juga akan dapat dilakukan di kios yang terdapat di tempat umum dan komersial seperti bandara dan hotel.