Album Baru Adele Bikin Spotify Ubah Sistem Pemutaran Secara Acak

Jakarta, Gizmologi – Bagi Gizmo friends penikmat lagu pop, pasti sudah familiar atau bahkan sudah berulang kali memutar album baru Adele yang baru saja dirilis. Berjudul “30”, album tersebut berkisah tentang pengalaman pribadi sang penyanyi dalam beberapa tahun terakhir, termasuk mempersembahkannya untuk sang anak.

Dan memang tidak main-main, beberapa waktu sebelum album baru Adele tersebut dirilis, single perdananya, “Easy On Me” berhasil menyabet juara baru sebagai yang paling banyak diputar dalam waktu satu hari, setidaknya di platform streaming musik Spotify. Tanpa disebutkan angka tepatnya, yang pasti melewati “Butter” milik BTS yang capai lebih dari 20,9 juta kali pemutaran.

Karena hadir dengan kisah personal sepanjang albumnya, album baru Adele banyak didengarkan lewat platform streaming secara berurutan. Untuk itu, penyanyi asal Inggris tersebut meminta Spotify untuk mengubah bagaimana cara penggunanya memutar sebuah album secara default. Jadi yang pertama setelah sekian tahun Spotify tersedia bagi para penggunanya.

Baca juga: Spotify Akuisisi Platform Findaway, Mau Jual Audiobook

Tombol Play Bakal Memutar Album Baru Adele Secara Berurutan

album baru Adele
Album baru Adele, 30 (via: Tolga Akmen)

Bila Gizmo friends perhatikan secara baik-baik, setiap kali kita mengakses sebuah album musik atau sebuah playlist di Spotify, selalu terlihat ikon shuffle atau acak di bawah tombol play yang tercetak besar berwarna hijau. Artinya, bila kita menekan tombol tersebut, lagu di dalam album atau playlist akan diputar secara acak.

Secara spesifik, Adele meminta bila tombol play tersebut tidak membuat pengguna Spotify memutar album baru Adele secara acak. Permintaan tersebut pun dikabulkan, dan pertama kali dicuitkan oleh akun Twitter @PopCrave yang kemudian dikutip oleh sang penyanyi secara langsung. Menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Spotify yang telah sanggup berikan perubahan.

“Ini adalah permintaan yang saya minta dalam industri yang selalu berkembang. Kami tidak membuat album dengan pemikiran dan perhatian khusus dalam hal urutan lagu tanpa alasan. Karya kami memberikan sebuah cerita, dan cerita tersebut harus bisa didengarkan seperti yang kami inginkan,” tambah Adele dalam sebuah twit dari akun pribadinya.

Kepada The Verge, Chris Macowski, Head of Music Communications pada Spotify mengonfirmasi perubahan tersebut. Menurutnya, ini adalah sebuah fitur yang sudah banyak diminta baik dari pengguna hingga para artis, untuk membuat tombol play menjadi default alias tidak membuat album terputar secara acak. Sebagai catatan, perubahan ini hanya akan hadir di pengguna Spotify Premium saja.

Juga Berikan Fitur Blokir Pengguna Lainnya

Spotify Your Library

“Bagi para pengguna yang masih ingin memutar album secara acak, mereka bisa langsung masuk ke tampilan Now Playing dan menekan tombol shuffle,” tambah Chris. Selain hanya untuk pengguna premium, perubahan ini juga hanya untuk memutar album saja. Ketika mengakses sebuah playlist, tombol play bakal tetap memutarnya secara acak.

Tak hanya itu saja, Spotify juga belum lama ini memberikan kemampuan penggunanya untuk melakukan blokir. Sebelumnya, opsi ini sama sekali tidak ada, sehingga pengguna harus mengontak dukungan pelanggan untuk memblokir akun lain yang mengganggu.

Lantas apa gunanya memblokir orang? Supaya tidak bisa mengakses aktivitas mendengar, mengakses halaman profil, hingga playlist atau daftar putar yang kita pajang secara publik. Termasuk mencegah akun nakal yang rutin menambahkan lagu di playlist yang memang kita buka aksesnya. Ketika dibutuhkan, tombol unblock juga bisa diakses kapan saja.

Tinggalkan komen