Microsoft Gandeng Philips, Asus, dan Acer untuk Rilis Monitor Xbox

Ketika gamer memilih konsol Xbox sebagai perangkat video game, maka mereka akan mendapat rekomendasi beragam perangkat serta aksesoris pendukung resmi dari Microsoft. Headphone, kontrol, hingga stir balap yang tersedia untuk Xbox memiliki lisensi resmi. Dan memang khusus dibuat dan didesain sebagai komponen pelengkap yang bertujuan memaksimalkan pengalaman gaming di dalamnya.

Microsoft memang menaruh perhatian pada perangkat third-party yang biasanya dicari gamer untuk dipasangkan dengan konsol mereka. Sehingga daripada membiarkan gamer menerka-nerka mana perangkat yang sesuai, Microsoft memilih menggandeng perusahaan pembuatnya. Lalu Microsoft akan melabeli perangkat produk hasil kerjasama tersebut dengan tulisan “Designed for Xbox” yang terpampang pada kemasan maupun material promosi.

Paling baru, Microsoft menggandeng tiga produsen monitor besar untuk membuat perangkat pendukung Xbox X|S. Yakni Philips, Asus, dan Acer yang masing-masing merilis satu tipe monitor dengan desain khusus untuk Xbox. Kerjasama yang dimaksudkan untuk memberikan pengalaman gaming lebih berkualitas.

Tiap monitor yang dibuat untuk Xbox ini memiliki ukuran berbeda. Tergantung pada kebutuhan serta kemampuan gamer untuk mengadopsi perangkat tersebut. Yang pertama adalah Philips Momentum 559M1RYV berukuran layar 55”, lalu ASUS Strix Xbox Edition Gaming Monitor XG43UQ dengan ukuran layar 43”, dan terakhir ada Acer Xbox Edition Gaming Monitor XV282K KV menggunakan layar paling kecil 28”. Ketiga tipe monitor baru tersebut akan menambah jajaran produk dari perusahaan besar yang mengisi lini aksesoris resmi untuk Xbox.

Baca juga: Review Modern Warships Sea Battle: Intensitas Pertempuran Bikin Nagih

Microsoft Pastikan Spesifikasi Mumpuni Pada Tiap Monitor

microsoft
Asus membawa monitor dari jajaran ROG mereka untuk disinkronisasikan ke konsol Xbox.

Perusahaan produsen monitor yang digandeng Microsoft bukanlah anak kemarin sore. Mereka sudah terbiasa membuat produk berkualitas tinggi dalam ranah gaming. “Kami ingin membantu fans Xbox menemukan monitor ideal untuk pengalaman gaming yang diinginkan. Dengan begitu banyak pilihan tersedia yang tak ada habisnya dan kadang membuat pusing, tim Designed for Xbox tetap hadir membantu kalian (gamer),” ujar  Ethan Rothamel dari Tim Designed for Xbox.

Teknologi paling diandalkan dari ketiga monitor ini hadir dalam port HDMI 2.1. Port terebut dipersiapkan sebagai medium output visual yang berkualitas tinggi hingga 4K yang ditemui pada konsol next-gen. Ketiganya juga mampu menghasilkan refresh rate hingga 120Hz, serta dukungan AMD Freesync di dalamnya.

Meski begitu, tiap produsen juga menyelipkan fitur khasnya masing-masing di dalam monitor. Seperti Philips yang menjejalkan fitur speaker audio mewah dari Bowers & Wilkins serta lighting dari Ambiglow. Atau Asus lewat teknologi respon waktu (MPRT) hingga 1 milidetik dan fitur Display HDR1000 di dalamnya. Dan terakhir, Acer yang menyelipkan fitur VESA Display HDR400 untuk pengalaman visual lebih imersif.

Ketiga monitor ini akan dilepas pada waktu yang berbeda-beda. Seri Philips Momentum 559M1RYV rencananya mulai dijual musim panas ini (Juni – Agustus 2021) dengan harga US$ 1599.99 (sekitar Rp 18 juta). Sedangkan ASUS Strix Xbox Edition Gaming Monitor XG43UQ baru akan dilepas per Oktober nanti, dengan harga yang belum dirilis. Sementara monitor berukuran paling kecil Acer Xbox Edition Gaming Monitor XV282K KV juga baru menyapa pada akhir tahun seharga US$ 949.99 (sekitar Rp 12 juta). Kamu tertarik dengan monitor yang mana?

Tinggalkan komen