alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review Modern Warships Sea Battle: Intensitas Pertempuran Bikin Nagih

Sejujurnya, sebelum mencoba Modern Warships: Sea Battle, saya tidak pernah tertarik dengan game bertema kapal perang sebelumnya. Sempat saya mencicipi Battle Bay dari Rovio Entertainment, namun berakhir jenuh dengan hanya sedikit kesenangan didapat. Lambatnya dinamika pertempuran, maupun visual yang kurang nyaman dilihat menjadi salah satu sebabnya. Hal itu terpatri di kepala saya untuk judul game lain bertema serupa.

Sampai pada awal tahun 2021 ini saat melihat daftar rilisan baru untuk Android. Ada nama Modern Warships di sana. Game kreasi Cube Software ini menyajikan trailer yang cukup menarik. Berlanjut mencari tahu deskripsi maupun deretan screenshot dalam game. Kok, sepertinya layak dicoba ya. Sampai akhirnya game dirilis pada 13 Mei lalu, saya tidak langsung menjajalnya.

Dan sejak pertama kali memainkan game ini, saya pun langsung jatuh hati. Ingin rasanya mengajak teman-teman lain untuk sejenak meninggalkan MOBA atau PUBG dan kawan-kawannya, beralih memainkan game ini. Maklum saja dengan mengusung mode multiplayer 5V5, tentu akan sangat menyenangkan bermain bersama orang yang dikenal. Tapi mungkin saja setelah membaca review ini, kamu pun akan tertarik dan kita dapat bermain bersama, kan?

User Interface/ Experience

modern warhips

Saat pertama kali masuk ke beranda Modern Warships langsung terlintas diksi ‘keren’ saat melihatnya. Memperlihatkan kapal yang sedang ‘diparkir’ di tengah lautan membuat background beranda makin dinamis. Visualisasi kapal juga dapat kita putar 360 derajat untuk melihat tiap sisinya. Nantinya akan terlihat bagian persenjataan maupun hangar tempat helikopter, pesawat, dan peralatan tempur lain ditempatkan. Melihatnya saja sudah membuat senang, lho.

Sajian menu, sub-menu, serta detail informasi juga termuat dengan sangat baik. Kita dapat memahami dengan mudah tiap komponen persenjataan yang mampu dibawa. Dan di bagian mana dapat melakukan upgrade untuk kapal yang dimiliki. Hal tersebut dapat dicerna dengan mudah oleh mata berkat visual minimalis. Kombinasi warna juga terasa nyaman di mata.

Setiap ada bagian menu yang memuat update informas akan diberikan tanda seru (!) sehingga kita lebih aware. Sementara sesi pertempuran dapat langsung ditemukan di bagian tengah layar. Memberikan tiga opsi permainan yakni Quick Game, Offline Game, dan Custom Game. Ketiganya memiliki fungsi dan pengalaman berbeda.

Grafis Visual

modern warships

Bagian grafis visual Modern Warships patut diacungi dua jempol. Sajian visualnya terasa sangat realistis untuk ukuran game mobile. Gamer dapat menemukan variasi grafis menarik saat pertempuran di tempat dan waktu berbeda. Saat panas terik, sore hari, atau bahkan malam hari di kala hujan. Semuanya memberi efek dramatisasi yang tak boleh dilewatkan.

Fitur lain ialah pengaturan grafis secara manual dalam sub menu. Untuk pemilik smartphone bertenaga badak, tidak ada salahnya mencoba mengaktifkan seluruh fitur visual dalam game. Seperti V-Sync, Post Processing, Dynamic Light Sources, dan Lens Effect yang dapat meningkatkan pengalaman berebeda dalam pertempuran. Kualitas air maupun frame rate juga dapat dimaksimalkan hingga menyentuh 60 FPS. Jika smartphone-mu mampu silakan coba.

Kualitas grafis yang demikian apik masih ditambah sajian desain kapal perang dalam game. Cube Software mengambil desain kapal-kapal tersebut dari dunia nyata. Dan rasanya hal inilah yang menjadi nilai lebih dari Modern Warships. USS Huricane, HMS Duncan, Admiral Kuznetsov, kapal induk USS Gerald R.Ford, bahkan kapal selam Yuriy Dulgorukiy dapat ditemukan di sini.

Sayang sekali kalau ada penggemar kapal perang nyata melewatkan game ini. Karena sajian visual untuk tiap kapal tersebut boleh dibilang cukup detail. Tiap kapal juga memiliki karakteristik sendiri sehingga menjadi tantangan berbeda saat memainkannya.

Gameplay Modern Warships Sea Battle

modern warships

USS Huricane jadi kapal perang pertama saat saya memainkan game ini. Dan sepertinya itu juga jadi kapal default untuk semua gamer baru. Selanjutnya kita dapat melakukan upgrade kapal, bermodalkan uang digital (dalam kurs Dollar), dengan membelinya. Persenjataan maupun warna dan bendera pun dapat dikostumisasi sedemikian rupa.

Matchmaking berperan penting dalam mode permainan multiplayer seperti ini. Dan itu berjalan cukup baik, dimana anggota tim maupun tim lawan memiliki kekuatan relatif berimbang dalam pertempuran. Sehingga dinamika strategi menjadi diperlukan untuk memenangkan perang. Dengan kondisi peralatan tempur relatif sama juga mendorong intensitas permainan berlangsung menarik.

Progres permainan semakin menarik jika kita sudah memiliki banyak variasi kapal perang, sampai membawa helikopter dan pesawat dalam pertempuran. Dua kendaraan tempur itu dapat dimainkan secara terpisah dari hangar kapal. Variasi semacam itu justru menambah tingkat keseruan bermain. Dan itu turut mendorong saya terus meng-upgrade ala tempur maupun persenjataan di kapal.

Baca juga: Review Crash Bandicoot On The Run!: Seru dan Simpel untuk Smartphone

Kontrol

modern warships

Kontrol permainan Modern Warships akan berkutat pada arah kapal dan sudut pandang. Kapal dapat bergerak maju setelah menyalakan mesin dan mengatur kecepatan. Sebaliknya kapal dapat dibuat berjalan mundur dengan kecepatan konstan. Sementara arah ke kanan-kiri dapat dilakukan bersamaan dengan kedua hal tersebut. Aktivitas gerak kapal ini berlangsung sangat smooth dan tidak merepotkan saat permainan berlangsung.

Pada pengaturan sudut pandang pun pengaturan kontrol mudah digunakan. Sudut pandang dapat diputar 360 derajat ke berbagai penjuru arena pertempuran. Sudut pandang ini pula yang dipakai membidik target dengan bantuan teropong dan titik tembak dari senjata. Oh iya, tiap senjata memiliki keunikan berbeda, sehingga diperlukan sedikit pemahaman agar dapat memaksimalkan fungsinya dalam permainan.

Sektor pengaturan kontrol ini juga yang membuat saya kesengsem dengan game ini. Cube Software seperti hendak memberi kemudahan pada pemain agar lebih fokus pada target dan strategi tim, dibandingkan harus mengurusi arah gerak yang rumit. Karena di atas laut pun sebenarnya ada arus ombak untuk menyulitkan pergerakan dengan fitur teknologi physics. Sehingga membuat game ini makin tampak realistis.

Value For Money

modern warships

Game gratisan seperti Modern Warships tidak akan jauh dari aktivitas transaksi digital di dalamnya. Jenis kapal, senjata, alat tempur, fitur kostumisasi menjadi hal yang bisa didapatkan dengan membelinya dengan rupiah. Namun bila melihat pada deretan paket pembelian serta apa yang didapatkan di dalamnya. Saya rasa nominal yang dikeluarkan masih cukup pantas dan sepadan.

Jika enggan menguras kocek, maka pilihan untuk melakukan grinding lewat pertempuran terus menerus sambil menunggu bonus harian, juga tetap layak, kok. Untuk variasi kapal tier rendah di awal permainan bisa ditebus dengan beberapa kali match atau dari bonus harian. Bagi beratnya mungkin akan ditemukan saat kita hendak melakukan upgrade pada senjata, tools perbaikan, maupun alat tempur.

Memilih bertahan tidak mengeluarkan uang untuk upgrade terasa sepadan dengan pengalaman bermain yang seru. Pun ketika hendak membeli item di dalamnya, apa yang didapat juga terasa berharga. Keduanya jadi pilihan yang sama baiknya, menurut saya.

Kesimpulan

Di akhir review harus saya katakan bahwa Modern Warships adalah game mobile yang cukup solid untuk dimainkan sejak awal perilisannya. Tapi mungkin saya tidak akan memberinya nilai maksimal, karena masih berharap adanya update lebih baik di masa mendatang. Terutama menyangkut area permainan dan mungkin saja dibuatkan event dengan misi tertentu.

Memainkan game ini bersama kolega akan jadi pilihan terbaik saat ini. Sementara ekosistem gamer-nya baru tumbuh, maka ada kesempatan untuk gamer baru hadir sebagai ‘jagoan’ global. Semoga Cube Software terus memberi update secara konsisten di masa mendatang. Selamat memainkan!


Catatan:
Game Modern Warships ini diuji coba menggunakan Realme 6 Pro

Review Box 0
8.6 / 10 Reviewer
{{ reviewsOverall }} / 10 (0 votes) Users
User Interface8.5
Visual Graphics9
Gameplay9
Control8.5
Monetization8
Review menurut pengguna Tulis review kamu
Order by:

Be the first to leave a review.

User AvatarUser Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

This review has no replies yet.

Avatar
Show more
Show more
{{ pageNumber+1 }}
Tulis review kamu

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one

Spesifikasi Modern Warships: Sea Battle 

Publisher: Cube Software
Developer: Cube Software
Platform: Android, iOS (Rilis 17 Juni)
Genre: Action, PvP Multiplayer Online
Size: 243.78MB
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.