alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review Crash Bandicoot On The Run!: Seru dan Simpel untuk Smartphone

Seiring perkembangan zaman, kini game Crash Bandicoot sudah melalang buana lintas konsol tidak lagi eksklusif untuk Sony Playstation. Game kreasi Activision itu bahkan kini dapat dimainkan pada platform Android. Di bawah developer King, setelah mendapat linsensi Activision, game berjudul Crash Bandicoot On The Run! hadir menjadi salah satu game android paling diantisipasi pada 2021.

Meski hadir sebagai sebuah game baru di Android, namun Crash Bandicoot tetap hadir dengan formula permainan yang jamak ditemukan pada game lain di platform serupa. Tapi mungkin itu konsekuensi dari game free-to-play, yang cenderung minim inovasi. Lalu pantaskah game ini mengambil jatah memori smartphone-mu? Simak review ala Gizmologi berikut ini!

User Interface/ Experience

crash bandicoot on the run
Antarmuka dalam permaian mudah dipahami.

Tampilan antarmuka sebuah game Android cukup memegang peran dan memberi kesan, apakah lanjut memainkan atau tidak. Crash Bandicoot On The Run! mampu memberi kesan baik dalam hal ini. Pengaturan menu, petunjuk permainan, maupun event dan pengaturan tersusun sedemikian rupa hingga mudah dipahami.

Peralihan dari mode battle, ke mode meracik ramuan penghancur begitu mulus dilakukan. Transisi antara satu page ke page lain terasa konsisten sehingga kami tidak perlu membaca ulang petunjuk. Cukup melihat pada judul utama page tersebut, kami langsung tahu apa yang perlu kami lakukan di sana.

Misalnya page “Nitro Lab”, di sana terdapat siluet botol ramuan dan serum yang perlu kami ramu agar bisa jadi senjata melawan bos. Informasi tiap bagian begitu sederhana sekaligus efisien, meski hanya lewat satu kali tutorial di awal permainan. Untuk bagian experience antarmuka ini, King sebagai developer berhasil menyajikannya dengan baik.

Grafis Visual

crash bandicoot on the run
Desain karakter dan latar permainan mengacu pada seri utama dari Activision.

Crash Bandicoot hadir di era karakter kartun unik begitu mendominasi. Crash mengambil konsep binatang dari tikus babi, sebuah marsupilia yang hidup di dataran Papua. Hanya saja tikus babi ini mengalami mutasi genetik sehingga mampu berlari, berputar, dan beraksi layaknya manusia. Dan itulah keunikannya. Mirip seperti Sonic si landak yang malah mampu “ngebut” saat berlari.

Desain Crash, maupun Coco dan lawan mainnya dalam game, tidak pernah mengalami perubahan mayor sejak pertama kali lahir. Sampai begitu melekatnya dalam benak tiap orang yang pernah melihatnya. Dan itulah yang akan kita temukan pada Crash Bandicoot: On The Run!. Desain yang dipertahankan dan dijaga oleh King sedemikian rupa sehingga tidak keluar dari akarnya.

Visualisasi latar tempat seperti Turtle Wood, Temple Ruins, dan The Great Gate juga disajikan secara apik. Jika ini bukan game bergenre endless runner, maka rasanya fans akan dengan mudah menerimanya jadi seri Crash terbaru. Dikarenakan King membangun detail lintasan begitu baik layaknya game utama miliki Crash.

Gameplay Crash Bandicoot On The Run! 

crash bandicoot on the run!
Keberadaan bos membuat game ini jadi makin seru!

Seperti disinggung dalam pembuka tadi tentang konsep permainan Crash Bandicoot On The Run!. Game ini mengambil genre jamak di platform Android yakni endless runner game sepeti halnya Temple Run atau Sonic Dash. Awalnya kami bertanya-tanya kenapa genre ini diusung game platformer ini. Padahal ada contoh dari Rayman Adventure, serupa seri Crash, yang hadir di Play Store tapi tetap mengusung gaya petualangan 2 dimensi.

Namun setelah memainkan beberapa lama, kami pun memahami kenapa game ini hadir lewat genre endless run. Yang pertama berangkat dari konsep permainan Crash dalam mengumpulkan item buah maupun energi. Dengan gameplay berlari tanpa henti, pengumpulan item dapat dilakukan segera tanpa basa-basi.

Selanjutnya, King ternyata menyediakan tombol pause dalam ketika Crash atau Coco sedang berlari. Jadi gamer bisa mengambil jeda dan tidak dipaksa terus fokus ke layar smartphone. Terakhir tentu saja agar game ini bisa dimainkan secara efisien tapi tetap bisa dinikmati. Terutama bagi gamer casual yang tidak punya banyak waktu dan hanya menjadikan gaming sebagai selingan saja.

Dan dalam praktiknya, proses berlari Crash tidak dilakukan secara cepat – seperti halnya Sonic – dan masih ramah di mata. Kami bisa melihat latar belakang tempat, lintasan, serta detail item di sekitar Crash. Itu bisa cukup menyenangkan dan jadi nostalgia bagi penggemar seri Crash.

Meski disebut endless, lari Crash pun sebenarnya ada ujungnya juga. Khususnya di lintasan battle yang mempertemukan Crash dengan bos dan kroco-kroconya. Dan ini salah satu faktor keseruan Crash Bandicoot On The Run! yang memberi kesempatan melawan bos di ujung permainan. Oiya, lawan dan bos dalam game ini masih berasal dari game utama, seperti Dr Neo Cortex, Nina Cortex, Dingodile, Dr N-Gin, dan lain sebagainya.

Kontrol

crash bandicoot on the run!
Swipe up and down terasa begitu mengalir dalam lintasan lari game ini.

Game dengan genre endless run biasanya akan menemui masalah dalam masalah kontrol karakter. Gerak dan laju lari yang kaku membuat flow permainan menjadi berkurang. Akibatnya keseruan pun berkurang dan pemain pun bosan. Menariknya, itu tidak terasa dalam Crash Bandicoot: On The Run!

Dalam proses belari dan gerakan-gerakan default-nya, Crash mampu tampil elegan sekaligus powerful. Aktivitas swiping jari ke empat penjuru mata angin jadi terasa lebih berarti dalam game ini. Termasuk adanya kombinasi gerakan swipe up and down, untuk memberi efek getaran dalam lintasan. Dan itu disajikan dengan tetap memperhatikan flow berlari Crash maupun Coco.

Mudahnya kontrol dalam game dipadukan dengan lintasan serta rintangan yang variatif. Jadi kami pun tidak bosan melakukan gerakan swipe berulang-ulang mengharapkan efek berbeda dari setiap aksi Crash di game.

Monetization

Screenshot 2021 05 21 10 30 30 60 eaec7af4670914eec8bdb30854539d24
Beli ini itu jadi pilihan yang efektif jika ingin cepat meraih progres.

Developer King melepas Crash Bandicoot ke Play Store secara gratis. Siapapun bisa memainkan game ini dan menyusuri petualangan di dalamnya secara bertahap dan perlahan. Namun bagi siapa yang tidak betah dengan aksi repetitif, disediakan “vending machine” berisi produk dan item untuk dibeli. Tujuannya apalagi jika bukan mempercepat progres game dan mendapatkan item spesial.

Tidak ada yang salah dari monetisasi game gratis, karena memang di sanalah salah satu sumber pemasukan developer maupun publisher. Termasuk pada Crash Bandicoot On The Run!. Menurut kami microtransaction yang ditawarkan game ini pun masih cukup fair. Sebab item yang dijual masih bisa diusahakan dalam permainan, dengan satu kata kunci, sabar.

Seandainya gamer memutuskan tidak membeli item yang dijual pun. Game ini masih sangat layak dan nyaman dimainkan di sela aktivitas harian. Dan buat kamu yang ingin sekadar tahu, tidak ada salahnya mengunduh, toh Crash Bandicoot On The Run! juga gratisan.

Kesimpulan

Crash Bandicoot On The Run jadi salah game endless run solid yang pernah ada di Android. Game ini tidak saja menawarkan konsep berlari tanpa henti, tapi juga progres menarik dalam setiap stage-nya. Adanya bos sebagai objective makin menambah seru perjuangan memainkannya. Maka bisa kami katakan, inilah game yang pantas untuk kami unduh dan mainkan di smartphone kesayanganmu.

Catatan:
Game Crash Bandicoot On The Run! ini diuji coba menggunakan Realme 6 Pro

Review Crash Bandicoot On The Run!
7.7 / 10 Reviewer
{{ reviewsOverall }} / 10 Users (0 votes)
User Interface8
Visual Graphics7.5
Gameplay8
Control8
Monetization7
Pros
+ Tetap seru dimainkan di kala senggang
+ Mode battle lumayan menantang
+ Cocok untuk gamer casual
Cons
- Progres game butuh banyak kesabaran
Summary
Crash Bandicoot On The Run jadi salah game endless run solid yang pernah ada di Android. Game ini tidak saja menawarkan konsep berlari tanpa henti, tapi juga progres menarik dalam setiap stage-nya.
Review menurut pengguna Tulis review kamu
Order by:

Be the first to leave a review.

User AvatarUser Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

This review has no replies yet.

Avatar
Show more
Show more
{{ pageNumber+1 }}
Tulis review kamu

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one

Spesifikasi Crash Bandicoot On The Run!

Publisher: King
Developer: King
Platform: Android, iOS
Genre: Endless Runner
Engine: Unity
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.