Android 12 Masuk Tahap Final, Google Pixel Siap Dapat Duluan

Jakarta, Gizmologi – Sepanjang tahun 2021, sudah cukup banyak smartphone Android yang dirilis mulai dari kelas entri sampai flagship. Namun hingga mendekati penghujung tahun 2021, semuanya masih jalankan sistem operasi Android versi yang sama dari tahun sebelumnya, alias Android 11. Janjikan Android 12 di masa mendatang.

Bisa dibilang, Google tahun ini seperti memundurkan jadwal alias terlambat meluncurkan varian software terbarunya yang sudah dicanangkan sejak berbulan-bulan lalu. Lewat Google I/O yang diadakan sepenuhnya daring, telah ditampilkan cukup banyak peningkatan yang dibawa. Mulai dari tampilan antarmuka Android 12 yang lebih segar, serta fitur keamanan lebih transparan.

Sedikit kabar yang mencerahkan baru saja muncul kemarin (4/10), di mana Google lewat laman blog resmi khusus pengembang (developer) umumkan sebuah berita baru. Dikabarkan kalau Android 12 sudah dirilis resmi, hasil jerih payah semua pengembang maupun tester yang sudah membantu untuk menyempurnakan perangkat lunak terbaru di tahun 2021 ini.

Baca juga: Smartphone Android Lawas Gak Bisa Lagi Akses YouTube hingga Google

Smartphone TECNO Mobile Juga Bakal Gunakan Android 12

Android 12

Lebih lanjut, kehadiran Android 12 versi final tak lepas dari campur tangan lebih dari 225 ribu partisipan pengguna Android 12 versi beta di seluruh seri Google Pixel yang mendukung, hingga perangkat dari vendor lain. Tak kurang dari 50 ribu jumlah laporan isu telah disampaikan ke pihak resmi, membantu minimalisir bug.

Namun jangan senang dulu, pasalnya Android 12 yang baru saja digulirkan adalah versi Android Open Source Project alias AOSP. Mudahnya, ini adalah versi yang sangat mendasar dan perlu dikustomisasi ulang oleh masing-masing vendor. Termasuk untuk smartphone rilisan Google sendiri, di mana disebutkan bila akan hadir pada beberapa pekan mendatang.

Dalam keterangan yang sama, disebutkan juga bila Android 12 bakal sambangi smartphone merek lainnya setidaknya sebelum tahun 2021 berakhir. Menariknya, di antara merek mainstream seperti Samsung, OnePlus, OPPO, realme, vivo dan Xiaomi, juga disebutkan satu merek yang di Indonesia sendiri fokus di kelas entri. Ya, yaitu TECNO Mobile.

Dikutip dari Android Central, perwakilan dari Google mengatakan bila pihaknya sedang berikan sentuhan akhir untuk rilis spesial bagi pengguna Google Pixel. Beberapa di antaranya termasuk fitur eksklusif dan fitur yang bakal bisa dirasakan pertama kali oleh perangkat terbaik dari Google tersebut. Belum diketahui pasti masing-masing fitur yang akan dihadirkan.

Bawa Tampilan dan Fitur Keamanan Baru

Android 12 Beta

Yang pasti, melalui Android 12, Google bakal merombak tampilan antarmuka seutuhnya lewat standar Bahasa desain baru, yaitu “Material You”. Semua bakal tampil lebih personal dan cantik, lengkap dengan desain widget baru yang juga dirancang lebih bermanfaat. Tampil lebih dinamis, bahkan bisa mengikuti warna dari wallpaper secara otomatis.

Namun untuk bagian itu, tentu bergantung dari masing-masing OEM, apakah ingin mengimplementasikannya atau tidak. Terutama bagi Samsung dan OPPO, misalnya, di mana mereka punya ciri khas UI sendiri lewat One UI dan ColorOS. Android 12 juga bakal tingkatkan performa, menggunakan kinerja CPU lebih efisien dan bisa jalankan aplikasi lebih cepat, seperti Google Photos yang lebih singkat 34%.

Dan yang tak kalah penting adalah fitur keamanan maupun privasi. Mengikuti langkah Apple yang sudah implementasi fitur mirip di iOS, Android 12 bakal tunjukkan indikator khusus apabila sebuah aplikasi sedang akses mikrofon maupun kamera, lewat sebuah penanda di bagian atas layar. Saat hendak akses lokasi, juga diberikan pilihan apakah ingin berikan lokasi persis, atau sekitar saja.

Tinggalkan komen