Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

AirPods Max, Headphone Nirkabel Pertama Apple dengan ANC

1 3.296

Saat menghadirkan iPhone 12 series beberapa waktu lalu, dikabarkan bila Apple juga bakal merilis sebuah perangkat audio berupa headphone. Waktu itu, kabarnya produk tersebut dinamakan “Apple Studio”, mengingat Apple telah mengakuisisi Beats. Namun kemarin malam (9/12), Apple secara tiba-tiba meresmikan sebuah produk baru, AirPods Max.

Bukan, ini bukanlah AirPods dalam dimensi yang lebih besar. AirPods Max hadir menjadi headphone nirkabel pertama, yang diklaim punya kemudahan koneksi dan kualitas suara sebaik produk AirPods, hanya saja dalam dimensi lebih besar dengan desain over-ear. Perangkat ini hadir dalam kombinasi warna menarik, dan harga yang tergolong cukup mahal.

Kalau dilihat dari dekat, desain AirPods Max memang sepertinya dibuat sedetil mungkin untuk memberikan kenyamanan. Bagian kepala atau headband-nya terlihat sedikit berbeda, terbuat dari bahan kit mesh “breathable”, diklaim tidak memberatkan bagian atas kepala. Material lain seperti bingkai stainless steel juga berikan daya kuat dan fleksibilitas yang tinggi untuk beragam ukuran kepala.
Baca juga: MacBook Pro 13 Diperbarui dengan Prosesor Apple M1

AirPods Max Punya Desain Premium, Bebas Distorsi

AirPods Max

Termasuk bagian ear cup dan ear cushion atau bantalan telinganya—yang bila perlu diganti, memerlukan biaya mencapai USD60 atau Rp849 ribu. Di bagian ear cup, terdapat sebuah tombol putar Digital Crown serupa Apple Watch. Supaya pengguna bisa mengatur volume secara presisi dan kendali lain seperti play/pause, aktivasi siri maupun telepon.

Masing-masing kiri dan kanan dilengkapi driver dinamis berukuran 40mm, diklaim bisa mengantarkan audio berkualitas. Desain magnet motor khusus dirancang agar AirPods Max dapat memiliki distorsi harmoni kurang dari 1%, meski dalam volume maksimal sekalipun. Juga terdapat total empat mikrofon; tiga menghadap luar dan satu menghadap ke dalam.

Mikrofon tersebut berguna untuk aktifkan fitur active noise cancellation serta transparency mode, bisa diaktifkan lewat tombol noise control khusus. Juga hadir fitur Adaptive EQ untuk menyesuaikan keluaran suara sesuai lagu yang didengarkan, dan Spatial Audio untuk efek suara tiga dimensi. Berkat penggunaan 10 audio core di AirPods Max.

Fitur lainnya serupa dengan seri AirPods lainnya, sebut saja wear detection yang otomatis memutar lagu dan menghentikannya ketika dilepas. Perangkat juga bakal muncul otomatis lewat notifikasi pop-up di smartphone Apple. Untuk daya tahan baterainya sendiri, sanggup menyala sampai 20 jam penggunaan, sudah termasuk fitur ANC menyala. Alias bisa lebih lama tanpa ANC.

Yang cukup unik, perangkat ini perlu diisi daya menggunakan kabel lightning, bukan USB-C. Ingin menyambungkannya ke perangkat lain dengan kabel? Apple baru saja menjual aksesori baru, yaitu kabel lightning to audio jack 3,5mm, seharga USD35 (Rp490 ribuan).

Harga AirPods Max

Case AirPods Max

Lalu seberapa mahal Apple menjual headphone nirkabel pertamanya? AirPods Max dijual seharga USD549, atau Rp 7,7jutaan. Harga tersebut sudah termasuk dengan Smart Case yang secara otomatis membuat perangkat masuk ke dalam mode ultralow power, untuk menghemat baterai.

Ketersediaannya secara global dihadirkan mulai 15 Desember mendatang di Amerika Serikat dan 25 negara lainnya. Dengan harga yang tergolong premium, Apple akan bersaing dengan Sony maupun produsen lainnya yang sudah lama dikenal rilis wireless headphone berfitur ANC.