alexa

Apple Bakal Hilangkan Trackpad di Macbook Terbaru

Jakarta, Gizmologi – Apple dikabarkan sedang mendesain tampilan baru untuk MacBook series. Bahkan rumor terbaru menyebutkan, kalau Apple akan mengganti trackpad di MacBook dengan deployable Key Mouse.

Dilansir Ubergizmo, Senin (23/8/2021) Apple telah mengajukan desain paten terbaru untuk sesuatu yang disebut “Deployable Key Mouse”. Berdasarkan bocoran teknis yang beredar, tuts keyboard di laptop Mac bisa dilepas untuk menggantikan fungsi trackpad.

Ini berarti dalam penggunaan normal, key tersebut akan berfungsi sebagai bagian dari keyboard. Tapi, pengguna juga dapat dengan mudah mengubah key khusus itu menjadi pengendali kursor untuk pemindahan yang presisi.

Meski demikian, belum ada bocoran kapan Apple akan menyematkan “Deployable Key Mouse” ke dalam perangkat MacBook mereka. Efektivitas perangkat tersebut masih dipertanyakan oleh sebagian besar pihak, mengingat perangkat itu memiliki ukuran yang terbilang kecil.

Baca Juga: MacBook Pro M1 & Air M1 Dijual di iBox, Harga Mulai Rp17 Jutaan

Upgrade MacBook

MacBook

Rumor mengenai desain baru dari Apple, memang sudah cukup dibicarakan. Bahkan menurutlaporan jurnalis Bloomberg Mark Gurman dan analis Ming-chi kuo, Apple berencana untuk menghadirkan desain baru untuk MacBook Pro, pada kuartal ketiga tahun 2021.

Laptop yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2006 ini bakal hadir dalam dua pilihan ukuran layar; 14 inci dan 16 inci. Termasuk menyematkan prosesor ARM terbaru dengan peningkatan jumlah core dan chipset grafisnya.

Ubahan baru MacBook ini akan terjadi pada beberapa model, termasuk meniadakan fitur Touch Bar, yang diklaim Apple kurang mendapat perhatian dari pengguna Mac. Di samping, menambahkan lebih banyak port I/O, sehingga pengguna tidak perlu membeli USB terminal tambahan.

Menariknya, Apple disebut akan menerapkan fitur pengisian daya nirkabel MagSafe di perangkat Mac. Apalagi seperti kita tahu, Apple sudah cukup lama menggunakan port USB-C sejak lima tahun lalu di perangkat MacBook Retina.

“Apple akan menambahkan lapisan baru berbentuk persegi pada bagian atas dan bawah perangkat yang digabungkan dengan desain pinggir merata seperti tren yang dimulai pada tahun 2018 oleh iPad Pro lalu diadopsi pada iPhone 12 series,” ungkap analisis Ming-Chi Kuo seperti dikutip 9to5Mac.

Jika benar, ini akan menjadi upgrade besar-besaran bagi perangkat Mac selain panel layar dan Chipset M1. Untuk lebih jelasnya mari kita tunggu pembaruan dari MacBook series generasi terbaru mendatang.

Tinggalkan komen