Asuransi Tesla Model Baru Digulirkan di Texas, Kebiasaan Pengemudi Jadi Acuan

Jakarta, Gizmologi – Asuransi Tesla sudah mulai digulirkan di wilayah Texas, Amerika Serikat, menyusul program serupa yang telah lebih dulu dimulai di California. Produk dari Perusahaan Otomotif Tesla tersebut merupakan layanan asuransi mobil seperti yang umum kita kenal selama ini. Namun perusahaan milik Elon Musk tersebut mengklaim menawarkan layanan asuransi yang lebih murah dan efisien.

Ada perbedaan signifikan Asuransi Tesla di Texas dibandingkan dengan California. Texas menjadi wilayah pertama untuk model layanan baru bertajuk “real-time driving behaviour“, dengan menjadikan kebiasaan pengemudi saat mengendarai mobil Tesla sebagai acuan data dan kebijakan terkait. Layanan asuransi Tesla berbasis kebiasaan ini secara bertahap akan dijalankan di hampir seluruh wilayah negara bagian Amerika Serikat pada tahun 2022 mendatang.

Kebijakan asuransi berdasarkan kebiasaan ini, dapat digunakan pada pemilik mobil Tesla Model S, Model 3, Model X, dan Model Y. Nantinya pemilik dan pelanggan asuransi Tesla hanya akan dikenai beban biaya berdasarkan data mengemudi mobil. Sehingga besar kecilnya biaya tidak lagi mengacu pada kesanggupan kredit, usia, gender, maupun riwayat klaim seperti ditemukan pada program layanan dari perusahaan asuransi konvesional.

Baca juga: Facebook Kembangkan Ego4D, AI Masa Depan Berbasis Metaverse

Skor Keselamatan dalam Asuransi Tesla

Dalam menjalankan program asuransi mobil miliknya, Tesla memanfaatkan rating dari safety score atau skor keselamatan yang mereka buat. Skor tersebut menunjukkan resiko kecelakaan yang mungkin menimpa pemilik mobil ketika mengemudi, kembali berdasarkan kebiasaan.

Tesla memberikan skor berdasarkan penilaian metrik yang mereka buat. Terdiri atas alarm pengingat tiap jarak 1.000 mil, rem mendadak, berputar secara agresif, tidak patuh jarak aman dengan kendaraan lain, dan aktivitas untuk menyudahi mode autopilot secara ‘paksa’. Asuransi Tesla juga memberikan gambaran tentang biaya yang mesi dikeluarkan sesuai dengan skor keselamatan pemilik mobil.

asuransi tesla

Semakin baik skor keselamatan, maka semakin ringan biaya yang dibayarkan untuk asuransi ini. Tesla mengklaim bahwa layanan asuransi mereka jauh lebih murah dibandingkan dengan yang lain. Persentasenya dapat mencapai angka 20% – 40% untuk skor minimal. Bahkan perbedaan dapat mencapai angka 60% ketika skor keselamatan tinggi.

Tinggalkan komen