Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Siap Bermain dengan Serunya Balapan Virtual MotoGP 20 #DiRumahAja

0 3.398

Pandemi virus corona yang menyerang, membuat gelaran MotoGP 2020 turut terhenti untuk masa karantina. Apalagi negara seperti Spanyol dan Italia termasuk yang paling parah. Padahal, dua negara tersebut asal dari pebalap papan atas seperti Marc Marquez, Valentino Rossi, maupun Maveric Vinales. Mungkin saking lamanya masa karantina, tercetuslah ide balapan virtual MotoGP 20 dari Dorna. Otomatis pebalap papan atas pun harus turut serta.

Sudah dua kali gelaran balapan virtual MotoGP 20 bertajuk #StayAtHomeGP berlangsung, yakni tanggal 23 Maret dan 12 April lalu. Sepertinya memang penyelenggara MotoGP tidak mau kehilangan momentum dengan lamanya waktu karantina. Agar tetap ada engagement, sekaligus sebagai obat kangen para penggemar balapan motor prototype ini.

Apalagi gelaran dua seri balap virtual tersebut terhitung sukses jika ditilik ada sekitar 3 juta penonton yang mengikuti balapan secara langsung. Dan total 7 juta penonton keseluruhan. Belum lagi tayangan dari televisi lokal Trans7 yang turut membawanya ke layar kaca. Sehingga mudah dilihat siapa saja yang irit kuota streaming.

Memang hal tersebut terlihat lucu, sekaligus menarik ketika menyaksikan wajah-wajah pebalap top muncul dalam video conference di layar sambil memegang kontrol Playstation 4. Mereka memainkan karakter masing-masing dalam wujud virtual dalam game MotoGP 19. Sampai akhirnya ditemukan pemenang pada diri Alex Marquez (Repsol Honda Team) dan Francesco Bagnaia (Pramac Racing), di seri pertama dan kedua balapan virtual tersebut.
Baca juga: Ini dia penampakan kontroler DualSense PS5 

Menyambut MotoGP 20

Lalu, apa menurutmu balapan virtual tersebut akan terus dilangsungkan sebagai pengganti balapan utama MotoGP 2020? Kami sih tidak melihat itu sebagai hal yang perlu dianggap serius. Paling tidak bila kita melihat pada apa yang disiapkan MotoGP jelang akhir bulan April. Balapan virtual hanya sebagai pengantar jelang dirilisnya game MotoGP 20. Yup, balapan virtual tersebut telah menjadi media marketing efektif.

MotoGP memang mulai rutin menelurkan seri video game beberapa tahun belakang. Dan untuk seri MotoGP 20 ini masih digarap oleh developer Milestone srl, yang juga menggarap seri untuk balapan virtual yakni MotoGP 19. Developer yang berbasis di Milan, Italia, ini memang dikenal konsisten melahirkan game balap motor. Selain MotoGP, kamu dapat merasakan sensasi motor super ber-cc besar dalam seri Ride.

MotoGP 2020 dalam mode virtual?

Salah satu fitur menarik dari MotoGP ialah keberadaan Managerial Career. Lewat fitur tersebut, pemain tidak hanya dapat menikmati balapan tapi juga turut mempersiapkan tim menyambut musim baru. Pemain dapat memilih manajer, menentukan dan memilih kontrak sponsor, melakukan tes pra musim untuk menemukan performa motor, membuat livery motor, sampai riset dan pengembangan. Menantang dan menarik.

Kemampuan Artificial Intelligence (AI) MotoGP 20 sudah mengalami peningkatan lewat fitur bertajuk Neural AI 2.0. Dapat dilihat dari reaksi pebalap, meski dalam situasi yang sama, namun memberi respon berbeda. Misalnya pemain menyalip dua pebalap sekaligus, maka AI yang berbeda dapat memberi reaksi viartif pada pebalap yang disalip. Bisa jadi yang satu akan semakin agresif, sementara yang lain malah makin ciut mentalnya.

Kemampuan yang dihadirkan AI tersebut juga diungkapkan Produser game Michele Caletti, dikutip dari realsport101.com. Calleti meyakinkan bahwa game terbaru ini memiliki detail luar biasa. “Kami mengubah efek fisik, konsumsi bahan bakar, kerusakan, dan ban dengan tiga sektor berbeda, dan pengereman sangat berbeda yang sulit dikontrol. Jadi, hal itu (AI) “belajar” bagaimana mengatur semua hal itu dan membuat (balapan, red-) jadi kompetitif.”

Selain gamepay makin realistis, visualisasi MotoGP 20 juga telah mengalami kemajuan signifikan. Dalam tayangan trailer maupun in-game footage, kita seperti melihat sebuah tayangan balap MotoGP yang sesungguhnya. Pencahayaan, gestur, sampai ambiens yang dibangun terasa benar-benar hidup.

Dengan fitur menawan begitu, pantas saja pihak penyelanggara MotoGP “memaksa” pebalapnya untuk turut serta melakukan balapan virtual. Lucu, tapi juga menghibur. Di sisi lain, kebutuhan marketing juga dapat dipenuhi.

MotoGP 20 akan hadir di semua platform game, seperti Xbox One, Playstation 4, Nintendo Switch, Google Stadia, Steam serta PC. Meluncur pada 23 April 2020, game ini sangat layak dibeli terutama untuk penggemar MotoGP. Pun tidak ada salahnya buat kamu yang hendak merasakan sensasi meracik sebuah tim balap motor agar jadi juara dunia. Lumayan melatih kepekaan manajerial di tengah aktivitas #DiRumahAja.