Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Bedah Isi Komponen Redmi Note 10 Series, Jawara Kelas Menengah Xiaomi

Kedua seri smartphone ini sedang hangat-hangatnya diperbincangkan di kalangan masyarakat yang mencari smartphone kelas menengah terbaru di 2021. Pasalnya, spesifikasi yang diusung dua smartphone Xiaomi ini sangat menarik. Dan itu semua berkat kombinasi hardware atau komponen Redmi Note 10 series, jawara baru Xiaomi.

Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro baru saja diluncurkan beberapa waktu lalu, mengusung chipset yang powerful dari Snapdragon, panel layar AMOLED hingga refresh rate 120Hz, serta sensor kamera 108MP pada varian Pro. Tentu saja, sangat menarik terutama di rentang harga yang ditawarkan. Lengkap dengan desain yang tak kalah menarik.

Namun untuk menuntaskan rasa penasaran lebih lanjut terkait isi alias komponen Redmi Note 10 series yang ada di dalamnya, Xiaomi Indonesia baru saja menggelar sesi teardown atau membongkar isi dari smartphone terbaru Xiaomi tersebut. Demi menunjukkan komponen-komponen yang membuatnya bisa menjadi salah satu pilihan terbaik bagi para konsumen di Tanah Air.

Baca juga: Xiaomi Redmi Note 10 Series Hadir di Indonesia, Bawa Kamera 108MP di Rp3 Jutaan!

Mengintip Komponen Redmi Note 10 Series Lebih Dekat

komponen Redmi Note 10 Series

Dilaksanakan secara daring pada 29 April lalu, sesi membongkar isi komponen Redmi Note 10 & Redmi Note 10 Pro dilakukan oleh Senior Technical Support Engineer dari Xiaomi Indonesia, Woro Prasetio. Selama sesi berlangsung, media diperlihatkan dengan isi atau part terbaik untuk hadirkan beragam fiturnya, seperti performa, pengisian daya, kamera dan lainnya.

Dalam sesi awal membongkar komponen Redmi Note 10, Woro mengingatkan bila kegiatan tersebut disarankan hanya untuk orang yang berpengalaman atau memiliki sertifikasi khusus untuk hindari kerusakan permanen terhadap unit smartphone. Jadi jangan asal buka lalu tidak bisa memasangkan kembali supaya unit bisa kembali menyala, ya.

Meski nampak mudah, sejatinya proses melihat komponen Redmi Note 10 telah disiapkan secara matang. Alat untuk membukanya harus dipanaskan terlebih dahulu supaya dapat melepas perekat back cover atau tutup belakang smartphone. Dan agar supaya tidak rusak dengan membukanya secara paksa, serta harus menambahkan kembali perekat ketika memasangkannya kembali.

Langsung Terlihat Modul Kamera & Baterai Besar

komponen Redmi Note 10 Series

Setelah tutup bodi belakang berhasil dilepas, total ada 16 baut yang harus dilepas untuk dapat mengakses komponen Redmi Note 10 series lainnya. Dimulai dari modul kameranya yang menyembul pada bodi belakang, terbuat dari bahan kaca. Di baliknya, terdapat empat sensor yang disusun bersebelahan, berikan fungsi yang berbeda-beda.

Kemudian terdapat dua speaker yang dapat dilepas, masing-masing terletak di sisi atas dan bawah smartphone. Dan karena menggunakan sistem baterai tanam, modul baterai perlu dilepas terlebih dahulu, sebelum komponen baterainya sendiri. Keduanya memiliki kapasitas baterai yang kurang lebih sama di 5,020 mAh, tergolong besar dengan dukungan pengisian daya yang instan di 33 watt.

komponen Redmi Note 10 Series

Kabar baiknya, Xiaomi sudah menyediakan adaptor yang mendukung pengisian dengan arus paling kencang, sehingga pengguna tak perlu membeli aksesori tambahan. Selain itu, tentunya juga dapat terlihat komponen Redmi Note 10 series yang penting lainnya. Sebut saja motherboard yang membawa prosesor, sistem pendingin hingga modul getaran atau vibration motor yang dirancang cukup spesial untuk kelasnya.

Puas melihat isi komponen Redmi Note 10 series? Bila tertarik membelinya, kedua smartphone kini telah tersedia secara daring maupun luring di situs resmi dan toko resmi Xiaomi Indonesia, menyusul di toko ritel lainnya. Harga mulai dari Rp2,399 juta untuk Redmi Note 10, dan Rp3,499 juta untuk Redmi Note 10 Pro.

Tinggalkan komen