Bernilai Rp35.429 Triliun, Micorosft Geser Apple Jadi Perusahaan Terkaya di Dunia

Jakarta, Gizmologi – Microsoft berhasil mengungguli kapitalisasi pasar Apple Inc sebagai perusahaan paling berharga di dunia. Kini nilai kapitalisasi perusahaan besutan Bill Gates itu mencapai US$ 2,49 triliun atau Rp 35.429 triliun.

Melansir Reuters, Ceo Apple Tim Cook mengumumkan kerugian sebesar US$ 6 miliar selama kuartal IV-2021 akibat masalah pasokan komponen untuk perangkatnya. Walaupun penjualan iPhone tercatat naik 47% secara year on year, tetapi capaian ini juga masih jauh dari prediksi para analis.

“Kami punya performa kuat meski ada hambatan pasokan yang lebih besar dari prediksi, yang kami estimasi sekitar USD 6 miliar,” ujar Cook.

Di sisi lain, Microsoft berhasil melampaui ekspektasi pendapatan pada periode kuartal I-2021 fiskal, yang naik sekitar 22% secara year on year. Laporan keuangan yang positif ini digenjot dari penjualan Office, Windows dan produk-produk layanan cloud lainnya, demikian dikutip dari The Verge.

Ini bukan pertama kalinya Microsoft menyalip kapitalisasi Apple. Mereka pernah menyalip Apple pada 2018, pertama kalinya sejak 2010, dan kemudian mereka juga menyalip Apple pada Juli 2020. Sebelumnya Alphabet juga pernah menyalip Apple pada 2016.

Apple sendiri sebelumnya konsisten sebagai perusahaan paling bernilai di seluruh dunia. Mereka jadi perusahaan pertama yang kapitalisasinya menembus US$ 1 triliun pada 2018, lalu dua tahun kemudian mereka juga jadi perusahaan Amerika pertama yang kapitalisasinya menembus US$ 2 triliun.

Tercatat pada penutuoan pasar 2021, saham Microsoft mengalami kenaikan saham hingga 49%. sementara perusahaan saingannya Apple hanya mengalami pertumbuhan di bawah 13% tahun ini.

Meski begitu, Apple memiliki produk-produk yang populer dan sukses di pasaran global. Jadi, bukan tidak mungkin Apple bisa merebut kembali gelar perusahaan paling berharga di dunia dalam waktu dekat.

Tinggalkan komen