Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

BlibliMart Resmi Hadir, Strategi Omnichannel dengan Sinergi Online-offline

Industri e-commerce di Indonesia meriah dengan banyaknya pemain di sektor ini. Berbagai cara dilakukan untuk menggaet pelanggan. Seperti dilakukan oleh Blibli.com yang hari ini meluncurkan toko offline pertamanya yaitu BlibliMart.

Peluncuran ini posisinya sebagai ‘online superstore’ dengan memperkuat strategi omnichannel agar memudahkan pelanggan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Fransisca Krisantia Nugraha, Senior Vice President of Trade Partnership Blibli.com mengatakan bahwa proyek perdana toko offline BlibliMart merupakan perwujudan konsep omnichannel yang digagas Blibli.com.

“Toko yang bersifat cashless dan cashierless ini didukung oleh teknologi ‘Scan & Go’ di mana para pelanggan dapat menggunakan aplikasi Blibli.com untuk memindai barcode harga di kemasan produk, kemudian langsung membayar belanjaan dengan layanan GO-PAY,” ujar Francisca.

Baca juga: Blibli Luncurkan Fitur Pick Delivery Time, Fleksibel Atur Waktu Pengiriman

Toko Omnichannel BlibliMart

BlibliMartBlibliMart merupakan kategori groceries di Blibli.com. Layanan ini mengawali peluncuran inovasi omnichannel di 2020 dengan memperkenalkan fitur pengiriman terkini serta toko offline cashless dan cashierless pertama bagi e-commerce tersebut.

Related Posts
1 daripada 8

Hadirnya toko offline BlibliMart adalah bagian dari strategi Blibli untuk 2020 yang menyinergikan tiga pendekatan utama. Ketiga pendekatan itu adalah memperkuat manajemen rantai pasokan, menyediakan layanan inovatif sesuai kebutuhan pelanggan, dan memperluas kehadiran omnichannel dengan konsep ritel baru.

“Strategi mumpuni BlibliMart membuat kami yakin untuk melanjutkan performa kuat, dengan demikian menargetkan pertumbuhan order sebesar 3 kali lipat dan kenaikan gross merchandise value (GMV) sebesar 2,5 kali lipat di 2020. Hal ini juga didukung dengan adanya perluasan jumlah produk senilai 2 kali lipat pada tahun ini,” tambah Fransisca.

Selama tahun 2019, Blibli mencatat pertumbuhan order yang kuat sebesar 313% dan GMV sebesar 227% jika dibandingkan dengan 2018. Pertumbuhan ini didukung oleh kenaikan volume produk senilai 300% di periode yang sama.

Sementara itu Wiwy Sasongko, Executive Director of Retailer Vertical, Nielsen Indonesia mengungkapkan bahwa tren belanja online terus meningkat. Ini terlihat dari hasil studi Nielsen yang menunjukkan bahwa jumlah kosumen yang berbelanja online meningkat 29% di tahun 2018 dibandingkan dengan dua tahun sebelumnya. “Mayoritas konsumen ini pun didominasi oleh generasi milenial. Peningkatan ini tidak hanya pada kategori travel dan fashion, namun kini juga terlihat pada kategori FMCG,” ujarnya.

Menurutnya, penerapan strategi omnichannel seperti yang dilakukan Blibli diperlukan untuk memastikan bahwa e-commerce yang berencana menjadi ‘online superstore’ bisa memenangkan kompetisi pasar di industri ritel. Strategi omnichannel yang menyinergikan kanal online dan offline menjadi semakin penting untuk diterapkan oleh perusahaan ritel di masa depan.

“Hal ini penting untuk menjawab perubahan perilaku konsumen yang senantiasa mencari kenyamanan, terutama milenial yang sudah terbiasa berbelanja online dan menggunakan sistem pembayaran cashless,” tutup Wiwy.