alexa

Bocoran Pertama Samsung Galaxy Z Fold 3 & Z Flip 3, Usung Kamera Under-Display

Ketika smartphone kelas menengah dan salah satu lini flagship-nya telah diperbarui, artinya tinggal satu lagi yang belum diperkenalkan tahun ini. Menjadi salah satu smartphone termahal, lini Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 kabarnya bakal hadir tak lama lagi. Namun rumor baru sekadar bocoran tanpa visual.

Namun akhirnya, pada 3 Mei kemarin, muncul banyak sekali foto materi promo dua smartphone lipat canggih tersebut. Sumbernya kali ini dari media sosial Weibo, di mana seorang pengguna di sana berhasil mengambil foto materi digital termasuk video dari perangkat yang sama sekali belum muncul di dunia maya.

Ketika Xiaomi merilis Mi Mix Fold dan Huawei dengan Mate X2, pendekatannya justru mendekati Samsung Galaxy Z Fold 2 yang telah dirilis tahun lalu, di mana kami juga sempat menjajalnya. Maka dari itu, antusiasme cukup tinggi untuk menanti inovasi seperti apa yang bakal diusung oleh Galaxy Z Fold 3.

Baca juga: Review Samsung Galaxy Z Fold 2: Impresi Dua Hari Pakai “Smartphone Sultan”

Samsung Galaxy Z Fold 3 Bakal Mendukung Stylus S Pen

Galaxy Z Fold 3

Beragam foto yang telah bocor di Weibo tunjukkan perubahan desain dari Samsung Galaxy Z Fold 3 serta Z Flip 3. Sebelum membahas yang kecil, kita bahas flagship sesungguhnya terlebih dahulu. Dari beberapa foto yang bisa dilihat, nampaknya Samsung bakal rilis dalam tiga opsi warna berbeda.

Dari beberapa foto, terlihat bila bentuk secara keseluruhan masih sama. Hanya saja, bingkai kameranya sedikit diubah. Untuk ‘menyimpan’ tiga sensor kamera utama dan lampu kilat, digunakan desain yang mirip Galaxy S21 series, hanya saja tidak sampai ke ujung sisi kiri atas bezel. Faktor menarik ada di layar bagian dalamnya.

 

Galaxy Z Fold 3

Dalam tangkapan materi promo tersebut, terlihat jelas sebuah kalimat “It’s the first foldable with Under Display Camera”. Artinya, Samsung Galaxy Z Fold 3 bakal mengusung teknologi kamera di balik layar (bukan term ‘in-display’ layaknya punch-hole, ya). Sesuatu yang harus dikorbankan oleh Huawei agar smartphone lipat mereka tidak terganggu oleh keberadaan kamera.

Galaxy Z Fold 3

Dari foto lain, terlihat lagi fitur unggulan yang bakal diusung Galaxy Z Fold 3. Keunggulan mekanisme lipat dari flagship Samsun adalah kemampuannya untuk bisa diputar 90 derajat. Dengan kamera under-display, satu bagian layar dapat tampilkan peserta panggilan virtual lainnya, sementara bagian layar lain bisa digunakan untuk mencatat.

Tak sekadar mencatat biasa dengan hanya menampilkan keyboard virtual, terlihat ada sebuah stylus yang digunakan pada gambar di atas. Hal ini menandakan keberadaan S Pen, yang sebelumnya juga ikut hadir di Galaxy S21 varian Ultra. Meski belum diketahui apakah bakal ada slot terintegrasi atau harus dibawa terpisah.

Desain Baru Galaxy Z Flip 3 Gunakan Gorilla Glass Victus

Galaxy Z Flip 3

Selain Z Fold 3, juga terlihat penampakan dari smartphone lipat Samsung versi kompak, yaitu Z Flip 3. Tampilan luarnya dibuat sedikit berbeda, bakal hadir dalam empat varian warna di mana masing-masing memiliki bagian berwarna hitam glossy.

Galaxy Z Flip 3

Bagian tersebut mengingatkan kami terhadap bodi belakang Google Pixel 2 maupun Pixel 3. Ternyata di dalamnya, terdapat layar yang jauh lebih besar nan interaktif, seperti mengontrol musik dan lainnya. Peletakan dua kameranya juga diubah, serta terlihat lebih besar dari sebelumnya.

Baik bodi Z Flip 3 maupun Z Fold 3 terlihat tak memiliki gap saat layar tertutup—kabar baik agar tak ada kotoran yang mudah menyelip masuk ke dalam. Untuk versi lipat kecilnya, belum ada tampak foto dalamnya, juga informasi terkait teknologi kamera serta dukungan S Pen.

Galaxy Z Flip 3

Yang perlu diingat, foto ini tersebar dan dalam tampilan yang masih kurang jelas. Sehingga masih ada kemungkinan bila yang terlihat bukanlah versi final. Kita nantikan saja kehadiran atau teaser resminya dalam beberapa pekan mendatang, atau setidaknya bocoran dari mereka yang memang dikenal dengan akurasi tinggi.

Tinggalkan komen