Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Bocoran Spesifikasi & Harga Poco X3 Pro, Pakai Snapdragon 860

0 6.549

Hadir sebagai disruptor smartphone terutama di kelas menengah, Poco lewat seri Poco X3 NFC berhasil bikin gempar para kompetitornya. Pasalnya, spesifikasi yang ditawarkan begitu menggiurkan di harga Rp3 jutaan. Nah, di awal 2021 ini, muncul kabar bila Poco bakal rilis seri lebih tingginya, Poco X3 Pro dalam waktu dekat.

Sesuai namanya, Poco X3 Pro adalah versi penyempurnaan yang sudah diluncurkan sebelumnya. Dikabarkan, smartphone tersebut bakal meluncur dalam waktu dekat, alias di penghujung bulan Maret 2021. Dalam beberapa hari terakhir, telah muncul bocoran tampilan serta spesifikasi yang bakal diusung oleh smartphone Android murah tersebut.

Informasi ini hadir justru dari situs e-dagang Shopee Vietnam, yang mungkin secara tidak sengaja menampilkan gambar  dalam varian warna lengkap. Bahkan termasuk dengan spesifikasi hingga harganya. Meski untuk harga, biasanya yang terpajang adalah harga yang masih salah. Alias bisa berubah ketika nantinya akan dirilis resmi untuk konsumen.

Baca juga: Logo Baru Poco Diperkenalkan di India, Kini Tampil dengan Maskot

Spesifikasi Poco X3 Pro, Gunakan Prosesor Baru Qualcomm

Poco X3 Pro

Dari tampilan foto di atas, terlihat bila desain yang diusung Poco X3 Pro masih sama persis seperti Poco X3 NFC. Mulai dari desain kamera sampai aksen warna berbeda di sisi kiri dan kanan. Yang berbeda hanyalah opsi warnanya saja, ada tiga yang bisa dipilih konsumen, dengan warna abu-abu yang keunguan.

Begitu pula dengan tampilan dan spesifikasi layar depannya. Kamera punch-hole disematkan pada bagian tengah atas layar seluas 6,67 inci. Punya resolusi full HD+, dan masih gunakan panel IPS. Sudah dilapisi Gorilla Glass 6 serta bisa berikan touch sampling rate mencapai 240Hz.

Yang baru di Poco X3 Pro adalah prosesornya. Ditulis bila smartphone ini bakal jalankan chipset Snapdragon 860, di mana sampai sekarang belum diluncurkan secara resmi oleh pihak Qualcomm. Gunakan proses fabrikasi 7nm, CPU terkencangnya Kryo 485 dengan kecepatan 2,96Ghz.

CPU tersebut dipadukan dengan GPU Adreno 640, dan ditambah sistem pendingin LiquidCool 1.0 Plus. Tanpa dukungan 5G, nampaknya Poco masih belum ingin menyasar fitur utama tersebut untuk smartphone kelas menengahnya. Bakal ada dua opsi RAM (6/8GB) dan penyimpanan internal (128/256GB) berjenis UFS 3.1.

Yang sedikit berbeda adalah setup kameranya, di mana Poco X3 Pro mengusung sensor utama 48MP. Sementara sisanya sama, termasuk setup speaker stereo yang mendukung hi-res audio, sensor sidik jari di samping, NFC hingga jack audio 3,5mm untuk penggunaan earphone favorit.

Perkiraan Harga Poco X3 Pro Serta Tanggal Rilisnya

Poco X3 Pro

Punya kapasitas baterai 5,160 mAh dengan dukungan 33W fast charging, Poco X3 Pro bakal tersedia dalam warna Black, Blue serta Yellow Copper. Penjualannya sendiri bakal dimulai pada 27 Maret mendatang.

Harganya? Yang baru diketahui adalah opsi dengan RAM 8GB, di mana Poco Vietnam menjualnya dengan harga VND7,990,000, atau sekitar Rp4,99 jutaan. Belum ada informasi apabila harga tersebut memang benar atau masih sekadar mark-up. Bila Gizmo friends inginkan Poco X3 NFC dengan spek lebih kencang, ada baiknya mencoba menunggu satu ini.

Tinggalkan komen