Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Inilah Daftar Smartphone Nokia yang Mendapat Pembaruan Android 11

0 3.426

Salah satu keunggulan membeli smartphone Android bermerk Nokia adalah pembaruan perangkat lunak (software)-nya yang rutin dan terjamin. Tiap smartphone-nya masuk dalam program Android One, yang berarti akan selalu mendapat pembaruan keamanan bulanan selama tiga tahun, dan versi Android selama dua tahun.

Tiap tahunnya, HMD Global merilis sebuah roadmap atau jadwal pembaruan tiap versi Android baru yang dihadirkan oleh Google. Setelah Android 11 resmi dirilis, otomatis HMD membuat jadwal pembaruan sistem operasi terbaru dari Google tersebut untuk beberapa seri perangkat terbarunya. Beberapa di antaranya termasuk smartphone Nokia Android resmi yang sudah beredar di Indonesia. Sayangnya, jumlahnya hanya sedikit.

Diunggah secara langsung lewat media sosial resmi Nokia Mobile, ada total 14 smartphone yang bakal mendapat pembaruan resmi Android 11, dimulai sejak kuartal keempat tahun ini, bergiliran sampai kuartal kedua tahun 2021. Sebelum tahun 2020 berakhir, bakal ada empat smartphone Nokia yang dapat pembaruan ini.

Baca juga: Smartphone Nokia 3.4 Bakal Hadir dengan NFC di Indonesia

Nokia 2.2 Bakal Mendapatkan Android 11 Lebih Dulu

Nokia Android 11

Selain Nokia 8.3 5G dan Nokia 8.1, ada dua smartphone resmi yang mendapatkan Android 11, yaitu Nokia 5.3 serta Nokia 2.2. Nokia 5.3 bisa dibilang relatif baru, dirilis tahun ini dengan spesifikasi khas smartphone mid-range, lengkap dengan NFC. Dan cukup mengejutkan untuk Nokia 2.2, mengingat spesifikasinya yang kurang bertenaga, justru didahulukan.

Lalu pada kuartal pertama 2021, giliran Nokia 4.2 beserta empat seri lainnya (Nokia 1.3, Nokia 2.3, Nokia 2.4 dan Nokia 3.4). Menyusul Nokia 3.2, Nokia 6.2, Nokia 7.2 dan Nokia 1 Plus. Ditutup dengan Nokia 9 PureView, flagship dari HMD Global yang justru mendapatkannya di ujung kuartal kedua 2021.

Tak sedikit pengguna flagship dengan lima sensor kamera yang menyampaikan keluhannya lewat media sosial. Mereka menyayangkan keputusan HMD untuk tidak memprioritaskan pembaruan software di smartphone lini tertingginya. Malah smartphone low-end seperti Nokia 2.2 yang mendapatkannya lebih dulu.

Fitur Baru di Android 11

android 11

Bila Gizmo friends menggunakan salah satu dari daftar smartphone di atas, bersiap untuk mendapatkannya sesuai dengan jadwal yang diberikan. Tak banyak bawa perubahan secara tampilan, Android 11 bakal membawa beberapa fitur baru seperti Chat Bubbles, dimana aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp dan Telegram bisa tampilan bubble melayang layaknya aplikasi Facebook Messenger.

Juga fitur Screen Recorder secara native, sehingga tak perlu lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga. Lalu bagi Gizmo friends yang memiliki perangkat AIoT, bakal ada pintasan untuk akses perangkat tersebut dengan menahan tombol power, tak hanya opsi untuk mematikan perangkat saja.

Sementara untuk fitur keamanan, pengguna dapat memilih opsi untuk mengizinkan aplikasi tertentu mengakses mikrofon, kamera dan lainnya dalam satu waktu saja. Lalu jika aplikasi tersebut lama tidak digunakan, perizinannya bakal direset ulang, supaya tak lagi dapat mengakses data pribadi kecuali aplikasi kembali dibuka.