Sinergi DANA & Bukalapak Tingkatkan Transaksi QRIS Hingga 8 Kali Lipat Sepanjang 2021

Jakarta, Gizmologi – Tidak heran bila belakangan ini, jumlah terjadinya transaksi digital di kalangan masyarakat Tanah Air meningkat derastis. Pasalnya ada dua pemicu besar; adanya teknologi yang mendukung seperti smartphone yang makin terjangkau, hingga situasi pandemi yang membuat keperluan sehari-hari dibeli secara daring.

Sebanyak 21 juta konsumen digital baru muncul selama pandemi 2020 hingga paruh pertama 2021, dari data yang dihimpun oleh e-Conomy SEA 2021. 72% di antaranya berasalah dari area non-metropolitan. Bertumbuhnya jumlah pengguna platform digital maupun nilai transaksi, tentunya menjadi sinyal positif bagi perkembangan industri digital ke depan, serta upaya pemulihan ekonomi nasional.

Sebagai dompet digital yang sudah populer di kalangan masyarakat Indonesia, DANA juga sudah terintegrasi dengan Bukalapak. Kelima fitur teratas DANA meningkat signifikan YoY di bulan Oktober 2021. Yakni transaksi QRIS (meningkat 267%), pengiriman uang (328%), pembelian pulsa ponsel (141%), pembayaran tagihan (159%) dan online commerce (39,9%).

Baca juga: Pengguna DANA Tumbuh 43% Selama Kuartal III/021

Jumlah Transaksi Banyak Dilakukan Untuk Barang Elektronik

DANA Bukalapak
Konferensi pers virtual DANA & Bukalapak yang berlangsung Jumat (19/11) lalu.

Catatan lainnya, transaksi online merchant dengan dompet digital DANA didominasi oleh kalangan berusia 21-30 tahun (sebanyak 49%). “Bertumbuhnya tren transaksi digital mengindikasikan meningkatnya penetrasi ekonomi digital yang kian terintegrasi dan semakin terbukanya masyarakat untuk menggunakan layanan-layanan digital termasuk dompet digital dan online commerce,” jelas Monita Moerdani, CMO DANA dalam sebuah sesi virtual Jumat (19/11) lalu.

Sementara menurut Victor Lesmana, President, Commerce & Fintech di Bukalapak, pihaknya telah layani lebih dari 6,6 juta penjual daring, 8,7 juta mitra Bukalapak dan 100 juta pengguna. “Sinergi DANA dan Bukalapak ikut menandakan pentingnya kolaborasi guna menguatkan industri di berbagai skala termasuk UMKM serta mengakselerasi inklusi keuangan digital.”

Sepanjang kuartal pertama – ketiga tahun 2021, Bukalapak merangkum pertumbuhan hingga 8 kali lipat pada transaksi menggunakan QRIS, serta 3 kali lipat untuk penambahan saldo e-money DANA di mitra Bukalapak. Umumnya, DANA banyak digunakan pada kategori marketplace khususnya barang elektronik dan busana, serta virtual product seperti pulsa prabayar, token listrik sampai multifinance.

Raih Antusiasme Tinggi Pada 11.11

DANA Pesta Poin 11.11

Adanya Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas yang terselenggara beberapa pekan lalu juga berikan lonjakan transaksi tersendiri. DANA sendiri mencatat peningkatan sampai 269%, dengan rata-rata pengguna transaksi harian bertambah sampai 233%. Pengguna aplikasi harian pun meningkat hingga 220%. Dan program lelang daring yang baru saja diluncurkan pada aplikasi DANA juga berhasil kumpulkan lebih dari 130 ribu peserta pada rentang waktu 11 hari.

Selain Harbolnas 11.11, DANA juga bekerja sama dengan A+ Rewards untuk hadirkan Pesta Poin 11.11, dikemas dalam konsep lelang berhadiah. Fitur yang paling banyak digunakan pengguna selama periode tersebut  adalah Kirim Uang, pembayaran pulsa, pembelanjaan lewat Bukalapak, tagihan sampai pembelian lewat Google Play.

DANA dan Bukalapak cukup optimis akan digitalisasi yang terus berlangsung dalam beragam aspek masyarakat. Dalam menyambut tahun 2022 mendatang, keduanya akan terus bersinergi untuk digitalisasi UMKM. Serta ciptakan inklusi keuangan digital lewat inovasi dan kolaborasi yang berkelanjutan.

Tunjukkan Komen (1)