DC Comics dan Spotify Luncurkan Podcast Bertema Pahlawan Super

Podcast saat ini, sangat diminati masyarakat. Tidak sekadar, hanya obrolan talkshow biasa, banyak jenis podcast yang dapat didengarkan. Salah satu jenisnya adalah podcast bercerita (narasi). Sejalan dengan konsep “Theater of mind”, pendengar akan diajak berimajinasi mendalami kisah-kisah melalui penggambaran kata-kata yang diucapkan melalui media satu ini.

Dikutip dari The Verge, DC Comics dan Spotify menandatangani kesepakatan bersama pada Juni 2020 tentang podcast yang akan mengisahkan beberapa pahlawan super terkenal, seperti Batman dan Superman.

Baca juga: Tips Memulai Bikin Konten Podcast yang Menarik untuk Pemula

Dengan perjanjian tersebut, Spotify berhak memproduksi, memasarkan, mendistribusikan, dan menjual iklan terhadap podcast yang dibuat dengan DC Comics IP. Meskipun perusahaan tidak merinci perjanjian, kemungkinan Warner menghasilkan uang tidak hanya dari lisensi tetapi juga iklan yang akan muncul di Spotify. Sayangnya belum ada rilis detail pasti tentang program dan daftar pengisi suara yang akan diperankan.

Beberapa Seri Podcast akan diluncurkan

DC Comics
Berbagai macam konten podcast ditawarkan untuk penggemar DC (Nerdist)

Penerbit komik terkenal asal Amerika ini sedang mengerjakan sembilan serial untuk Spotify, termasuk acara tentang Catwoman, Wonder Woman, the Riddler, Batgirl, Superman dan Lois Lane, dan masih banyak lagi. Sama halnya dengan Spotify, Direktur Kreatif DC, Jim Lee juga tidak terlalu banyak memberikan informasi tentang detail mengenai series-series yang akan disiarkan.

Kesepakatan ini merupakan bagian dari kemitraan yang lebih besar antara Spotify, DC Comics, serta WarnerMedia. Rencananya, projek pertama dari kemitraan ini adalah Batman Unburied, yang akan mengeksplorasi aspek kegelapan dari psikologi Bruce Wayne.

Persaingan Antar Perusahaan Semakin Sengit

Marvel DC
Persaingan makin sengit antara kedua produsen komik (Ei Nerd)

Pesaing terbesar DC, Marvel memiliki kesepakatan audio sendiri dengan Pandora. Pada Oktober 2020, Marvel dan SiriusXM, yang memiliki Pandora, mengumumkan perjanjian multi-tahun untuk program eksklusif, termasuk acara dengan skrip dan nonskrip. Tak hanya itu, Marvel juga memiliki kesepakatan dengan pemutar podcast Stitcher untuk berbagai acara lain.

Kesepakatan ini bisa saja menguntungkan, jika kedua belah pihak mampu membawa pendengar anak-anak ke platform. Perusahaan baru-baru ini meluncurkan aplikasi Spotify Kids-nya yang berfokus pada konten audio untuk anak-anak. Jadi ada kemungkinan beberapa konten DC akan sesuai dan ditambahkan ke katalog program yang ramah keluarga.

Memperluas Peluang Bisnis

Spotify
ilustrasi podcast

Adanya perluasan bisnis perusahaan, diharapkan dapat lebih banyak konten pahlawan super yang terangkat. Selain itu, minat masyarakat untuk memperdalam karakter kesayangannya dapat terpenuhi.

Sebagian besar akuisisi dan kesepakatan podcast Spotify berpusat pada konten dewasa, jadi DC sepertinya akan menandai dimulainya upaya signifikan dalam mengait segmen anak-anak. Mengingat pandemi yang belum usai dan butuh adanya hiburan baru yang dapat membuat anak-anak menjadi pengguna Spotify.

Sebelumnya DC telah meluncurkan platform streaming video on demand (SVOD) yaitu HBO Max. Penayangan seri seperti Gotham City Police Department (GCPD) dan Pacemaker menjadi kesempatan sempurna untuk memiliki konten yang dapat dinikmati di mana saja. Rencananya juga, Justice League versi Zack Snyder akan ditayangkan dan akan menjadi salah satu konten andalan HBO Max.

 

Tinggalkan komen