Spotify HiFi Siap Saingi Tidal dengan Streaming Musik Kualitas Tinggi

Tengah malam kemarin (22/2), salah satu platform streaming musik paling populer yaitu Spotify baru saja mengadakan sebuah acara daring yang bertajuk “Stream On”. Dalam acara tersebut, disampaikan beberapa informasi terbaru terkait konten serta fitur yang bakal hadir di masa mendatang, salah satunya termasuk Spotify HiFi.

Fitur tersebut diklaim telah menjadi yang paling banyak diminta oleh para musisi serta penggunanya. Spotify HiFi sendiri pada dasarnya adalah sebuah layanan untuk tingkatkan kualitas suara mendekati CD, atau dalam istilah “loosless”, tanpa kompresi apapun demi kualitas audio yang maksimal. Cocok bagi para audiophile atau penikmat musik yang memang memiliki telinga tajam.

Sebelumnya, Spotify hadir sebagai platform streaming musik yang fokus pada penambahan konten (hingga kini populer dengan konten podcast eksklusifnya), serta kemudahan akses dari berbagai perangkat, dengan beragam opsi bitrate atau kualitas musiknya. Tingkatan tertinggi saat ini ‘hanya’ 320kbps, membuatnya kurang lebih setara dengan Apple Music dan YouTube Music.

Baca juga: Spotify Luncurkan Premium Mini, Paket Berlangganan Harian & Mingguan

Promosikan Pentingnya Mendengarkan Musik Berkualitas

Untuk menjelaskan pentingnya kehadiran fitur ini, Spotify tunjuk musisi kakak adik berbakat, Billie Eilish serta Finneas. Lewat video di atas, keduanya menyampaikan betapa pentingnya untuk bisa dengarkan kualitas audio maksimal.

Dengan hadirnya Spotify HiFi, nantinya pengguna yang benar-benar ingin dapat mendengarkan detil terkecil dari sebuah musik, bisa mendapatkannya dari Spotify. Sebelumnya hanya ada dua platform streaming musik yang tawarkan kualitas musik loosless. Yaitu Amazon Music HD serta Tidal Masters.

Amazon Music HD menarik biaya bulanan penggunanya sekitar USD15 per bulan (Rp211 ribuan), sementara Tidal Masters yang bisa stream audio sampai 96 kHz/24 bit lebih mahal lagi di USD20 (Rp280 ribuan). Ya, harga yang cukup mahal demi bisa mendengarkan kualitas audio maksimal.

Belum Ada Informasi Terkait Harga dan Ketersediaan Spotify HiFi

Spotify HiFi

Lantas bagaimana dengan Spotify? Dalam peluncuran digitalnya, pihaknya telah sebutkan bila sejatinya pengetesan streaming kualitas tinggi telah diadakan di masa lampau. Namun lewat acara Stream On, fitur Spotify HiFi diumumkan akan tersedia untuk lebih banyak konsumen, hadir di beberapa negara pendukung. Menyoal harga dan daftar negara apa saja, pihak Spotify sendiri belum informasikan hal tersebut.

Termasuk juga dengan standar, format atau bitrate di tiap lagu yang diputar lewat Spotify HIFi. Yang pasti, Spotify bakal berusaha untuk membuat fitur ini dapat dinikmati lebih banyak masyarakat. Serta bakal berikan kemampuan streaming audio kualitas tinggi ke speaker yang sudah tersertifikasi oleh program Spotify Connect.

Yang jelas, untuk menikmati Spotify HiFi, pastinya konsumen harus menyiapkan kocek ekstra karena biaya bulanan bakal lebih mahal. Selain audio-nya sendiri, perangkat yang digunakan seperti smartphone dan earphone-nya juga harus mendukung standar audio tingkat tinggi atau Hi-Res Audio. Bila tidak, tentunya bakal rugi alias lebih baik gunakan versi Premium.

Dalam kesempatan yang sama, Spotify juga umumkan beberapa kerjasama eksklusif dengan beberapa pihak ketiga seperti DC Comics perusahaan produksi dari film Avengers: Endgame, untuk mengisi konten khusus seperti podcast. Serta umumkan pasar baru di beberapa wilayah, membuatnya tersedia di 173 negara saat ini.

Tinggalkan komen