Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Spotify Luncurkan Premium Mini, Paket Berlangganan Harian & Mingguan

0 2.686

Meski dapat diakses secara gratis, Spotify nampaknya terus berusaha agar penggunanya mencoba untuk berlangganan paket premium. Beragam jenis paket pun diluncurkan, mulai dari yang awalnya hanya untuk individu dan keluarga, sampai muncul paket untuk pasangan. Dan sekarang ditambah lagi dengan paket terbaru, Spotify Premium Mini.

Kalau Spotify Duo saja sudah untuk dua orang, bagaimana dengan yang Mini? Spotify Premium Mini adalah model berlangganan terbaru dengan harga yang paling murah, memberikan pengguna akses fitur premium dalam waktu harian maupun mingguan. Berikan mereka akses ke lebih dari 60 juta lagu tanpa gangguan iklan.

Mungkin paket ini dihadirkan untuk mereka yang sudah selesai mencoba masa gratisan sepekan atau sebulan awal, dan malas untuk membuat akun baru. Perusahaan yang berdiri sejak 2006 ini berikan lebih banyak opsi untuk berikan pengalaman terbaik dari layanan streaming audionya tersebut. Peluncuran Spotify Premium Mini di Indonesia hadir bersama dengan wilayah India, harganya pun relatif sama murahnya.
Baca juga: Begini Cara Akses Fitur & Bagikan Hasil Spotify Wrapped 2020

Perbedaan Spotify Premium Mini dengan Paket Individual

Spotify Premium Mini

Secara garis besar, Spotify Premium Mini tersedia dalam dua pilihan durasi. Untuk harian, penggunanya cukup membayar Rp2,500 saja, sementara untuk pemakaian dalam durasi satu minggu di Rp9,500. Cukup murah, bukan? Meski memang bakal tetap jauh lebih murah untuk langsung berlangganan dalam waktu satu bulan.

Lantas apakah fitur yang dihadirkan sama seperti paket individu? Sedikit berbeda. Seperti yang ada pada gambar di atas, Spotify Premium bakal hadirkan opsi untuk dengarkan lagu secara bebas, berurutan tanpa batas untuk skip dan bebas iklan. Namun kualitas audio maksimum hanya sampai 160kbps aja, tak sampai 320kbps.

Perbedaan lainnya, paket ini hanya bisa diakses dari satu perangkat saja, dan perangkat tersebut berjenis smartphone atau tablet. Artinya, pengguna Spotify Premium Mini tak bisa akses lewat mode peramban atau situs. Batasan lainnya adalah jumlah lagu yang diunduh secara luring, maksimal 30 lagu saja (disbanding 10 ribu lagu di paket individu).

Bisa Sekali Bayar Pakai Pulsa

Spotify

Pembelian paket Spotify Premium Mini berlaku satu kali pembelian, tanpa perpanjangan otomatis. Artinya, ketika masa harian habis, fitur tambahan otomatis terhenti dan lagu yang terunduh otomatis hilang. Metode bayarnya pun sangat mudah, bisa menggunakan GoPay, DANA, OVO sampai bayar dengan pulsa (Telkomsel, Tri, Indosat Ooredoo, XL dan Smartfren).

Di India, Spotify hadirkan paket lebih banyak termasuk paket langsung dalam waktu setahun. Harga untuk beberapa paket seperti Spotify Premium Family pun diperbarui. Sementara untuk Indonesia, tarifnya masih sama untuk keluarga, yaitu Rp79 ribu hingga enam orang.

Sebelumnya, Spotify telah berhasil umumkan pencapaian 320 juta pengguna di kuartal ketiga tahun 2020 ini. Jumlah tersebut naik 32% jika dibandingkan dengan tahun lalu. Jumlah pengguna akun Spotify Premium juga naik sebesar 27% YoY (year-on-year). Dengan beragam fitur baru seperti Group Session, plus fitur layaknya Stories dari artis atau pencipta lagu, tak heran bila ke depannya peningkatannya bakal lebih pesat.