Dell Alienware X15 & X17, Laptop Gaming Ultrathin Paling Dingin

Selain lini Vostro untuk bisnis dan XPS yang menjadi lini ultrabook flagship-nya, pabrikan komputer Dell juga punya lini khusus untuk seri gaming. Tak kalah kompetitif dengan Razer maupun ROG milik ASUS, Dell baru saja memperkenalkan seri terbarunya, Alienware X15 & X17, punya profil sangat tipis.

Pilihan laptop gaming tipis memang tak banyak. Limitasi desain fisik membuat para OEM lebih enggan untuk hadirkan sebuah perangkat powerful dalam profil yang ramping, karena membatasi ruang untuk sistem pendingin maupun lainnya. Namun kali ini, Dell bekerja sama dengan Intel untuk mungkinkan tersedianya sebuah laptop gaming tipis dengan NVIDIA RTX.

Jadi laptop gaming Dell tertipis, Alienware X15 hanya memiliki ketebalan 15,9mm saja, alias 0,1mm lebih tebal dari penawaran Razer tahun ini. namun perusahaan yang berpusat di Amerika Serikat ini mengklaim bila laptop terbarunya jadi yang paling powerful di kelasnya, untuk laptop 15 inci dengan ketebalan kurang dari 16mm.

Baca juga: Dell Latitude 9000 Series (2021) Punya Teknologi Webcam SafeShutter

Spesifikasi Dell Alienware X15

Dell Alienware X15

Hadir dengan profil paling ramping, Alienware X15 adalah satu dari dua laptop pertama dell dalam lini X-series, lini khusus untuk laptop gaming ultrathin, agar dapat bersaing dengan ASUS Zephyrus S, Acer Predator Triton dan tentunya Razer Blade. Bobotnya berkisar antara 2,27 – 2,36 kilogram, bergantung spesifikasi yang dipilih, dengan SKU sangat variatif.

Saking tipisnya, laptop ini tak dilengkapi dengan port di kedua sisi samping. Melainkan port USB A, USB-C, Thunderbolt 4, microSD plus HDMI 2.1 dan lainnya diletakkan di belakang. Alasannya? Demi suhu yang tetap terjaga, memiliki lubang angin di hampir semua sisi luarnya. Alienware X15 punya total empat kipas pendingin.

Dell Alienware X15

Teknologi pendinginnya pun hadir dengan paten khusus saking canggihnya, dilengkapi dengan kombinasi material khusus. Memanfaatkan AI, secara individu setiap kipasnya bisa berputar dengan kecepatan berbeda sesuai dengan keperluan sistem. Klaim dari Dell, teknologi Alienware Cryo-Tech terbarunya bawa peningkatan sampai 25% dibandingkan dengan solusi pendingin laptop kompetitor.

Kustomisasi juga diutamakan oleh Dell. Selain bagian keyboard, di sekeliling port pada bodi belakang terdapat total 90 lampu microLED, bisa diatur pencahayaan sesuai selera. Pilihan layarnya mulai 1080p 165Hz 3ms, hingga QHD 1440 240Hz 2ms dengan akurasi DCI-P3. Kapasitas baterainya 87Wh, dengan adapter maksimum 240 watt untuk fast charging.

Sementara opsi CPU-nya tersedia sampai Core i9-11900H generasi ke-11, ditambah GPU NVIDIA RTX 3080, RAM 32GB DDR4 plus dua slot M.2 PCIe 2280. Tersedia pula fitur Thermal Control Circuit offset (TCC offset) untuk melimit temperatur CPU dalam batas tertentu, plus lima pengaturan sumber daya mulai performa penuh hingga mode senyap.

Dell Alienware X17 Hadir dengan Opsi Keyboard Cherry MX

Dell Alienware X15 X17

Selain Alienware X15, Dell juga hadirkan opsi yang lebih besar dan bertenaga lewat seri Alienware X17. Lebih tebal di 20,9mm, namun dengan beberapa alasan khusus. Opsi GPU-nya masih setara, hanya saja dengan daya lebih tinggi hingga 165 watt. Plus, opsi CPU Core i9-11900HK dan 64GB XMP RAM.

Layarnya pun tak hanya sekadar lebih besar di 17,3 inci, namun untuk layar full HD-nya mendukung refresh rate tinggi sampai 360Hz dengan dukungan NVIDIA G-Sync. Inginkan resolusi lebih tinggi? Opsi panel 4K 120Hz juga bisa dipilih, memiliki kecerahan 500 nits yang sangat cocok untuk penggunaan luar ruangan.

Khusus di Alienware X17, selain opsi touchpad yang dilengkapi lampu RGB, juga ada opsi tambahan keyboard CHERRY MX dengan travel key 3,5mm, gunakan komponen mekanik stainless steel standar Jerman untuk rasa klik yang jauh lebih baik. Baik Alienware X15 & X17 juga diberikan opsi ComfortViewPlus berbasis hardware, untuk menurunkan emisi cahaya biru, demi kesehatan mata.

Harga Dell Alienware X15 & X17

Dell Alienware X15

Keduanya hadir dalam opsi warna Lunar Light, di mana bodi luar tampilkan warna cerah, dan palet warna hitam di bagian dalam—Dell beralasan bila warna hitam mampu turunkan refleksi atau glare supaya layar tetap terlihat jelas. Keduanya sudah mulai tersedia pada pertengahan bulan Juni 2021.

Harganya sendiri belum didetilkan untuk tiap varian. Namun Dell sudah menginformasikan harga dasar dari tiap serinya. Untuk Alienware X15, dibanderol mulai dari AUD3,499 (Rp38 jutaan). Sementara untuk opsi yang lebih besar, Alienware X17 tersedia mulai AUD3,699 (Rp40 jutaan).

Tinggalkan komen