Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OPPO Indonesia Ungkap Desain dan Fitur Kamera Reno4 F

0 4.543

OPPO Indonesia memang sedang menyiapkan sebuah smartphone baru, bakal hadir dengan desain baru yang lebih tipis dari seri sebelumnya. Smartphone tersebut dikonfirmasi bakal hadir pada bulan Oktober ini. Agar konsumen tidak penasaran, OPPO memberikan teaser desain serta fitur kamera OPPO Reno4 F yang akan segera dirilis pada 12 Oktober nanti.

Smartphone OPPO Reno4 F mengusung desain yang berbeda dari dua seri Reno4 yang sudah rilis resmi. Menariknya, smartphone ini bahkan punya profil yang lebih tipis dari OPPO Reno4, hanya 7,48mm saja, dengan bobot 164 gram. Desain dan kamera OPPO Reno4 F disebut meneruskan jargon 2020 Trendsetter Smartphone.

Desain Baru OPPO Reno4 F Dirancang Lebih Tipis

Desain tipis OPPO Reno4 F

Disesuaikan untuk target pasar anak muda, selain desainnya yang menarik, OPPO ingin ciptakan smartphone yang dengan mudah dapat masuk ke dalam saku tanpa menimbulkan efek menggembung. Untuk membuat smartphone dengan profil yang sangat tipis, OPPO Reno4 F menggunakan desain mainboard yang sudah dioptimalkan, agar baterai dan komponen lainnya dapat disusun secara optimal.

Agar terlihat seperti smartphone modern lainnya, OPPO berikan efek warna Shiny Matte, dimana bodi belakangnya dilapisi dengan lapisan anti sidik jari. Selain tidak mudah kotor, lapisan tersebut dapat memantulkan cahaya untuk berikan variasi warna berbeda. Selain itu, tepiannya dibuat membulat dengan sudut 220 derajat, berikan kenyamanan saat digenggam satu tangan.

Warna OPPO Reno4 F

Smartphone ini bakal hadir dalam dua opsi warna; Matte Black dan Metallic White. Di sisi depannya, OPPO Reno4 F menggunakan desain Dual Punch-Hole Display untuk dua kamera depannya, dengan ukuran diagonal 3,7mm saja. Layarnya sendiri berdimensi 6,43 inci dengan resolusi full HD+.

Dengan refresh rate 60Hz, kaca depan OPPO Reno4 F telah dilapisi oleh Corning Gorilla Glass 3. Sertifikasi TUV Rheinland juga hadir demi berikan keamanan saat mata memandang berlama-lama, mengurangi emisi cahaya biru. Keceharan layarnya diklaim sanggup terlihat terang dan jelas, meski digunakan di bawah sinar matahari langsung.

Kamera Reno4 F Usung Quad Cam Belakang & Dual Cam Depan

Layar OPPO Reno4 F

Selain desain, OPPO Indonesia juga mengungkap spesifikasi kamera OPPO Reno4 F. Di sisi depan, terdapat setup Front Dual Depth Camera. Sensor utamanya beresolusi 16MP dengan bukaan f/2.4. Di sebelahnya, disematkan sebuah depth camera 2MP f/2.4, untuk berikan efek bokeh tingkat hardware serta fitur Air Gesture.

Dengan Air Gesture, pengguna OPPO Reno4 F dapat menggunakan gestur tangan untuk mengangkat telepon. Cocok saat smartphone sedang diletakkan dan tangan sedang kotor seperti saat di dapur. Adanya depth camera juga memungkinkan hadirnya fitur Dual Lens Bokeh, berikan efek bokeh bahkan ke lebih dari satu objek manusia di dalam frame, termasuk perekaman video.

Sementara di belakang, terdapat empat sensor kamera yang disusun persegi. Sensor utamanya beresolusi 48MP f/1.8 dengan dimensi fisik cukup besar di ½ inci. Ditemani sensor ultra-wide 8MP f/2.2, dan dua sensor 2MP f/2.4 yang masing-masing berperan sebagau mono dan macro camera. Ada banyak fitur unggulan dari Reno4 series yang juga hadir di OPPO Reno4 F.

AI Color Portrait OPPO Reno4 F
Hasil foto kamera OPPO Reno4 F, menggunakan mode AI Color Portrait.

 

AI Color Portrait bisa membuat latar foto tampak hitam putih, dengan objek utama tetap berwarna. Sementara AI Super Clear Portrait mampu tingkatkan detil terkecil sampai alis wajah, menggunakan teknologi deep learning dan AI facial reconstruction.

AI Color Portrait OPPO Reno4 F
Fitur AI Color Portrait juga hadir untuk kamera depan.

Ingin hasilkan foto potret dengan latar creamy atau lebih artistik? Bisa gunakan fitur AI Night Flare Portrait, simulasikan foto potret layaknya menggunakan kamera profesional. Selfie Gesture juga hadir permudah pengambilan swafoto, hanya dengan menunjukkan telapak tangan ke kamera depan, dan timer akan muncul secara otomatis. Mencegah swafoto menjadi blur akibat getaran saat menekan tombol shutter.

Dari seluruh fitur desain serta kamera milik OPPO Reno4 F, mana nih yang menjadi fitur favorit dari Gizmo friends? Tunggu kehadiran resminya beberapa hari lagi ya!