alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Dapat Izin OJK, P2P Lending Dhanapala Tersedia Lewat Tokopedia

Untuk pengembangan usaha maupun beragam kebutuhan lainnya, layanan peminjaman uang maupun jasa pengajuan modal bisa menjadi alternatif terbaik yang dapat dimanfaatkan. Namun meski sudah banyak yang tersedia, masyarakat harus memastikan bahwa pemberi layanan terjamin keamanannya. Salah satu penyedia layanan, Dhanapala, bisa jadi pilihan tepat karena jaminan keamanannya.

Pasalnya, penyelenggara jasa keuangan peer-to-peer lending (P2P) yang masih terafiliasi oleh Tokopedia ini, telah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), berdasarkan surat keputusan yang telah diterbitkan 14 April kemarin. Dengan begitu, calon pengguna bakal punya rasa yang lebih aman dan yakin untuk melakukan peminjaman modal.

Nicole Oesman selaku Chief Risk Officer di Dhanapala mengatakan, pihaknya telah mengapresiasi kepercayaan OJK yang sudah memberikan izin. Serta bakal terus berkomitmen permudah para pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal/ untuk mendapatkan akses terhadap jasa keuangan termasuk permodalan untuk kembangkan bisnis serta tingkatkan inklusi keuangan di Tanah Air.

Baca juga: Bidik Pembiayaan UMKM, LinkAja Akuisisi P2P Lending iGrow

Dhanapala Permudah UMKM Mendapatkan Pinjaman Modal

Dhanapala - Tokopedia

Tergabung menjadi bagian dari Tokopedia, Dhanapala sediakan fitur “Modal Toko”. Fitur tersebut mungkinkan para pegiat usaha agar dapat kembangkan bisnis dan tingkatkan tata kelola keuangan. Yaitu dengan mendapatkan tambahan modal kerja sampai ratusan juta rupiah, secara lebih mudah, instan dan fleksibel.

Penjual bisa menarik pinjaman kapan saja dan berapa saja, sesuai kebutuhan secara berulang kali selama limitnya masih tersedia. Mereka pun juga bebas memilih durasi tenor, mulai 3 sampai 6 bulan untuk setiap penarikan pinjaman dengan bunga yang diklaim terjangkau.

Pengajuan Modal Toko bisa diproses secara kilat dalam waktu sekitar 10 menit, kemudian bisa dicarikan dalam waktu kurang dari 5 menit. Proses aktivasi pun diklaim mudah, hanya unggah dan swafoto bersama KTP. “Infrastruktur Dhanapala yang sepenuhnya berbasis digital memungkinkan para pegiat usaha di Tokopedia, termasuk UMKM lokal mengajukan pinjaman modal usaha,” tambah Nicole.

Lantas untuk pembayaran angsurannya pun juga dibuat mudah. Ada total lebih dari 50 jalur pembayaran yang disediakan lewat Tokopedia. Dhanapala juga terapkan manajemen risiko kredit dengan prinsip kehati-hatian, seperti lewat pemanfaatan alternative credit scoring dari e-commerce.

Teruskan Kolaborasi, Dhanapala Utamakan Pengembangan Bisnis

Dhanapala - Tokopedia

Terdaftar sejak 2019, Dhanapala telah alami pertumbuhan yang signifikan. Nicole menambahkan, jumlah penyaluran per bulan dan jumlah UMKM yang gunakan fitur Modal Toko telah meningkat lebih dari 5x di Maret 2021, bila dibandingkan bulan Januari 2020.

Sementara sejak Juni 2020, Dhanapala telah salurkan modal kerja kepada UMKM lokal, supaya bisa tetap pertahankan dan kembangkan bisnis di tengah pandemi. Dalam hal kolaborasi, mereka juga telah menjadi anggota di Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Kuseryansyah, Direktur Eksekutif AFPI mengatakan lewat rilis AFPI bila dengan semakin banyaknya anggota yang tergabung dan mengantongi izin usaha, diharapkan industri teknologi finansial (fintech) di Tanah Air semakin kredibel, kokoh dan menutup celah beroperasinya fintech atau pinjol illegal. Ke depannya, Dhanapala akan teruskan kolaborasi untuk permudah pelaku usaha mengembangkan bisnisnya.

Tinggalkan komen