alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Mulai 2022, Discord Jadi Bagian dari Playstation Network

Sony Interactive Entertainment (SIE) menggaet Discord dalam kerjasama meningkatkan fitur di Playstation Network. Fitur yang dimaksud erat kaitannya dengan layanan komunikasi antar gamer Playstation. Melalui fitur yang dikembangkan Discord, Sony ingin memberi pengalaman lebih dalam aktivitas online gaming.

Dalam rilisnya, Jim Ryan, President & CEO SIE, meyakini bahwa kerjasama ini membuat aktivitas online gaming dapat lebih mudah dan menyenangkan. “Untuk membawa pengalaman ini kepada para gamer, SIE telah membuat investasi dalam bagian Discord Series H,” ujar Jim Ryan.

Jim juga mengaku terinspirasi dengan co-founder Discord, Jason Citron dan Stan Vishnevsky, terkait kecintaan mereka pada gaming. Dari sana, mereka semua hendak medorong para gamer untuk membentuk komunitas dan lebih jauh berbagi pengalaman dalam bermain.

Discord diharapkan dapat menjadi solusi dari masalah komunikasi cross-platform yang dialami Sony Interactive Entertainmet selama ini. Salah satunya pada gamer konsol dan mobile. Namun kita harus bersabar sebab implementasi dari kerjasama ini baru dilakukan awal tahun 2022 nanti.

Baca juga: Di Tengah Pandemi, PS5 Tetap Laku Hingga 7,8 Juta Unit

Discord Sebagai Platform Komunikasi Berbasis Komunitas

discord
Aktivitas chat saat menonton streaming game dapat dilakukan lewat Discord.

Selama ini Discrod memang sudah dikenal sebagai penyedia layanan komunikasi online berbasis minat dan komunitas kultural, terutama bagi para gamer. Meski sudah melakukan rebranding tidak hanya untuk gamer, sehingga dapat digunakan untuk beragam informasi seni dan hiburan lain, tidak dipungkiri komunitas game lebih berkembang lewat Discord.

Pada praktiknya perangkat ini juga digunakan untuk platform gaming selain Playstation, seperti di PC maupun Android. Microsoft bahkan sudah membawa fitur Discord untuk diaplikasikan ke Xbox. Namun terbatas pada mode berbagi tayangan permainan saja. Tidak memuat fitur komunikasi chat dan suara yang lebih lengkap.

Apa yang dilakukan SIE bersama Discord sepertinya menawarkan lebih jauh dari yang ada saat ini. Seperti kata Jim Ryan, “Tujuan kami membawa pengalaman Discord dan Playstation pada konsol dan mobile di awal tahun nanti, untuk memungkinkan teman, grup, dan komunitas untuk bermain, bersenang-senang, dan berkomunikasi dengan mudah saat bermain game bersama.”

Tinggalkan komen