Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Di Tengah Pandemi, PS5 Tetap Laku Hingga 7,8 Juta Unit

Situasi pandemi selama setahun terakhir membawa pengaruh dalam perekonomian dunia. Nilai transaksi pada beberapa sektor mengalami penurunan. Meski demikian, hal itu tampaknya tidak memengaruhi industri game, khususnya bagi Sony. Tercatat di awal tahun 2021 ini produk mereka Playstation 5 (PS5) tercatat mencapai angka penjualan hingga 7,8 juta unit konsolnya.

Dilihat dari periode waktu penjualan yang sama dengan rilisnya PS4 pada tahun 2014, maka penjualan PS5 tercatat lebih baik sekitar 200 ribu unit. Saat itu PS4 terjual hingga 7,6 juta unit konsol di seluruh dunia. Dan sampai akhir kuartal empat tahun lalu, Sony telah mengapalkan setidaknya 115,9 juta unit konsol PS4.

Penjualan tinggi tersebut terasa seperti sebuah ironi. Sebab di sisi lain, gamer mengeluh karena sulit mendapatkan unit PS5 di pasaran. Meski tidak dapat dipungkiri juga tentang kendala produksi terkait langkanya chip konduktor pada industri komputer atau perangkat elektronik secara global.

Apapun, pencapaian tersebut jelas prestasi bagi Sony. Sebab dari gabungan penjualan PS5 dan PS4 di tahun finansial 2020. Sony mencatat pendapatan hingga US$ 3,14 miliar. Dimana hal itu merupakan rekor baru bagi laporan finansial Sony. Sekaligus bukti bahwa pandemi tidak melulu menyulitkan bagi sebagian pihak, ya.

Baca juga: Beli Playstation 5 Pakai Bonus THR Kelas Pekerja, Mungkinkah?

PS5 Turut Tingkatkan Subscriber PS Plus

ps5
PS Plus mengalami penambahan pelanggan secara signifikan.

Angka penjualan yang melesat untuk PS5 dan PS4 di tengah pandemi, tidak hanya memberi dampak finansial saja. Pelanggan Playstation Plus pun turut terkatrol naik secara signifikan. Tercatat hingga berita ini ditulis ada 47,6 juta pelanggan jejaring permainan dari Sony tersebut.

Jumlah pelanggan Playstation Plus meningkat hingga 14,7 persen dari tahun sebelumnya. Menunjukkan minat yang tinggi dari para gamer Playstation untuk memainkan game-nya secara online dan berinteraksi dengan banyak orang di berbagai tempat. Semacam efek pandemi dari kebutuhan orang untuk bersosialisasi, saat aktivitas luar dibatasi.

Penjualan unit konsol dari Sony jelas masih berpotensi terus naik di masa mendatang, menjelang rilisnya game-game eksklusif untuk konsol baru di masa mendatang. Saat ini PS5 masih berkutat dengan banyak game cross-platform milik PS4, dan hanya mengandalkan peningkatan kualitas grafisnya saja.

Tinggalkan komen