Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

5 September, Disney Plus Hotstar Bakal Hadir di Indonesia!

1 2.648

Bagi Gizmo friends yang utamanya merupakan penggemar film dari Disney atau Pixar, Marvel, Star Wars dan lainnya pasti sudah menanti-nanti akan kehadiran platform streaming video yang satu ini. Ya, adalah Disney Plus, sebuah platform yang baru dirilis sejak November 2019 lalu. Sementara ini, ketersediaannya masih sangat terbatas di beberapa negara saja.

Dengan harga yang tidak kalah kompetitif jika dibandingkan dengan Netflix, Disney Plus cukup menarik perhatian masyarakat. Terutama dengan konten eksklusifnya, termasuk beberapa serial atau film yang dihapuskan dari Netflix karena Disney sudah punya platform streaming tersendiri. Nah, kabar baiknya, Disney Plus akan segera hadir di Indonesia dalam waktu yang tidak lama lagi.

Kabar tersebut datang dari sebuah situs yaitu What’s On Disney Plus. Dalam sebuah postingannya, Disney Plus akan hadir lewat Hotstar di Indonesia, diberi nama “Disney+ Hotstar”. Gizmo friends hanya perlu menunggu sampai 5 September sebelum platform ini hadir secara resmi. Yang menjadi pertanyaan, kenapa ada embel-embel “Hotstar” di namanya?

Baca juga: Resmi Dikenakan PPN 10%, Inilah Daftar Harga Berlangganan Netflix Terbaru

Disney Plus di India Hadir Lewat Hotstar

Disney Plus Hotstar
Tampilan konten Disney+ di aplikasi Hotstar.

Jika ditelusuri lebih jauh, Hotstar adalah sebuah platform streaming asal India yang telah dirilis beberapa tahun lalu. Platform ini sediakan konten yang beragam, mulai dari siaran TV langsung, berita sampai hiburan. Di tahun 2018, Walt Disney telah mengakuisisi 21st Century Fox, membuat Star India sebagai pemilik Hotstar menjadi bagian dari Walt Disney.

Dengan begitu, Disney Plus memutuskan untuk menyalurkan konten mereka melalui platform atau aplikasi Hotstar. Belum ada informasi lanjutan mengenai bagaimana konten Disney didistribusikan di Indonesia, namun diduga caranya akan sama, melalui Hotstar.

Dikutip dari The Indian Express, saat ini platform over the top (OTT) yang paling banyak memiliki pelanggan di India memang Disney+ Hotstar. Selain karena tayangan dari Disney serta HBO (lewat subscription tertentu), diduga karena Disney Plus juga menayangkan tayangan olahraga secara langsung.

Saat ini, Disney+ Hotstar sudah memiliki lebih dari 100 ribu lebih jam tayang siaran TV serta film dalam 8 bahasa, termasuk menayangkan IPL dan berita nasional. Dalam laporannya Senin (3/8) kemarin, aplikasi ini telah memiliki lebih dari 60 juta pelanggan atau subscriber.

Sangat Murah di India, Mulan Juga Bakal Hadir di Disney Plus

Disney+

Sebelumnya, Disney menargetkan 60-90 juta pelanggan setelah lima tahun, namun ternyata sudah dapat diraih hanya dalam waktu 8 bulan saja. Penggunanya meningkat sebanyak satu juta tiap bulannya sejak April, sementara dalam lima minggu terakhir menanjak tiga juta pengguna baru.

Tarif berlangganan Disney Plus sendiri ada dua jenis, yaitu Premium Plan dan VIP Plan. Untuk biaya yang lebih hemat, pelanggan dapat berlangganan secara tahunan, dengan biaya masing-masing INR1,499 (Rp290 ribuan) dan INR399 (Rp77 ribuan). Sangat murah, maka dari itu tak heran jika platform ini menjadi OTT paling laris di India.

Jika Gizmo friends telah menanti-nanti film Mulan sejak awal tahun, maka wajib untuk menanti kehadiran Disney Plus di Indonesia. Sebuah film remake dari tahun 1998 tersebut bakal ditayangkan secara digital September mendatang. Namun bagi yang ingin menontonnya, harus merogoh kocek tambahan sebesar USD29,99 (di Amerika Serikat) atau sekitar Rp430 ribuan, diluar harga berlangganan bulanan/tahunan.