Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Resmi Dikenakan PPN 10%, Inilah Daftar Harga Berlangganan Netflix Terbaru

1 3.098

Biaya untuk “Netflix and Chill” di kala weekend bakal terasa sedikit lebih mahal nih, mulai bulan ini. Pasalnya, telah diberlakukan penerapan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10 persen untuk layanan streaming konten video yang satu ini. Aturan tersebut berlaku mulai 1 Agustus 2020, dan juga bakal menargetkan penyedia layanan serupa lainnya.

Yup, tak hanya harga Netflix yang naik, Direktorat Jenderal Pajak juga menunjuk lima perusahaan global lainnya untuk mengaplikasikan PPN terhadap layanan mereka. Kelima perusahaan lainnya adalah Amazon Web Services, Google Asia Pacific, Google Ireland dan Google LLC. Dan satu lagi, Spotify.

Dikutip dari CNBC Indonesia, dasar pemungutan pajak ini adalah dari Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 48 tahun 2020. Aturan tersebut membahas tentang tata cara penunjukan pemungut, pemungutan dan penyetoran, serta pelaporan pajak PPN. Jumlah PPN yang harus dibayar adalah 10%, dan harus dicantumkan pada resi atau kwitansi yang diterbitkan penjual sebagai bukti pungut PPN.

Paket Harga Netflix Terbaru Naik Sampai Rp17 Ribu

harga baru netflix
Harga baru Netflix sudah ditampilkan di situs resminya.

Tujuannya? Tentu untuk mendorong pemasukan negara. Juru bicara Netflix telah menyampaikan sebuah informasi kepada Kumparan, Kamis (30/7) lalu jika anggota baru Netflix sudah langsung dapat melihat harga berlangganan Netflix baru mulai hari ini. Sementara perubahan harga biaya sudah diinfokan ke anggota lamanya.

Jadi, berapa sih harga Netflix terbaru setelah terkena PPN 10%? Berikut rinciannya:

  • Paket Mobile (smartphone): Rp54.000 (dari Rp49.000)
  • Paket Basic: Rp 120.000 (dari Rp109.000)
  • Paket Standar (HD): Rp153.000 (dari Rp139.000)
  • Paket Premium (UHD): Rp186.000 (dari Rp169.000)

Mungkin buat sebagian Gizmo friends ada yang mensiasati tarif berlangganan Netflix harga murah, dengan patungan paket premium bersama 3-4 orang lainnya. Kalau sebelumnya biaya patungan per bulan Rp33.800, setelah PPN 10% jadi naik ke Rp37.200. Semoga dengan adanya kenaikan harga Netflix dan platform lain nanti, uang pajaknya bisa bermanfaat untuk kita semua ya.

Nggak cuma Indonesia aja yang menerapkan pajak digital untuk layanan platform seperti di atas. Negara tetangga seperti Filipina juga menaikkan harga Netflix menjadi sedikit lebih mahal, dengan penerapan nilai PPN yang bahkan lebih besar, mencapai 12%. Selain Netflix, Filipina mentargetkan Google serta Facebook.

Tingkatkan Pendapatan Negara

Netflix: Cerita Perempuan

Dengan peraturan undang-undang baru, Filipina bisa mendapat pemasukan tambahan sebesar USD590 juta, dapat digunakan negara untuk mengatasi situasi pandemi virus Covid-19. Sementara perhitungan dari DPR RI memperkirakan jika negara bisa mendapat penerimaan sebesar Rp10,2 triliun, terhitung dari total transaksi digital di Indonesia.

Baca juga: Ini yang Bikin Telkom Akhirnya Buka Akses Layanan Netflix

Selain umumkan harga baru, Netflix juga telah berhasil melampaui jumlah unduhan sebanyak satu milyar. Wajar saja, mengingat aplikasi yang satu ini telah menjadi bagian dari bloatware sistem operasi smartphone tertentu. Ditambah lagi, platform video streaming merupakan salah satu media hiburan favorit masyarakat, utamanya selama pandemi.