alexa

Samsung Galaxy A03s, Smartphone Rp2 Jutaan dengan Helio P35

India, Gizmologi – Ketersediaan smartphone Android murah di harga Rp2 jutaan memang menjadi sangat penting. Pasalnya, segmen harga tersebut bisa menjangkau lebih banyak konsumen, serta cocok bagi mereka yang baru saja memutuskan untuk upgrade. Samsung pun coba hadirkan opsi terbarunya lewat Samsung Galaxy A03s.

Diluncurkan pertama kali di India, Samsung Galaxy A03s adalah smartphone Rp2 jutaan terbaru dari vendor elektronik asal Korea Selatan tersebut. Setelah kemarin merilis Galaxy A52s 5G yang punya prosesor lebih kencang, perangkat yang satu ini nampaknya hadir dengan strategi yang sama. Dalam artian, tak banyak yang berbeda dari seri sebelumnya.

Baca juga: Samsung Galaxy A52s 5G Diluncurkan dengan Chipset Snapdragon 778G

Hal tersebut mungkin sudah Nampak secara langsung dari tampilan paling luarnya. Smartphone Samsung terbaru ini tampil menyerupai Galaxy A02s yang pertama kali dikenalkan akhir tahun 2020. Sama-sama punya setup triple camera, yang berbeda hanya permukaan bodi belakangnya saja. Di mana Galaxy A03s dibuat lebih polos tanpa corak tertentu.

Pembaruan Spesifikasi Galaxy A03s

Samsung Galaxy A03s

Finishing permukaannya sendiri sama-sama dibuat matte agar terus tampak bersih dan minim sidik jari. Namun bila dilihat sisi kanannya, terdapat fitur baru yang memang seharusnya sudah wajib untuk segmen kelas yang disasar. Ya, Galaxy A03s sudah dilengkapi side fingerprint sensor, menyatu bersama tombol power.

Lalu bagaimana dengan spesifikasi lainnya? Hadir dengan klaim kamera, baterai dan fitur keamanan mumpuni, masih ada dua fitur lainnya yang diunggulkan, meski sebenarnya sama persis dengan A03s. Kamera belakang, misalnya, memiliki sensor utama 13MP dengan dua sensor 2MP demi keperluan foto potret dan makro.

Di depan, terdapat layar besar 6,5 inci yang gunakan desain Infinity-V. Dengan resolusi HD 720p, layarnya tergolong biasa saja, terutama bila dibandingkan dengan Galaxy M12 yang sudah punya refresh rate 90Hz. Di dalam notch, disematkan kamera depan 5MP untuk keperluan swafoto maupun panggilan video.

Baca juga: Samsung Galaxy A03s, Spesifikasi Mantap di Harga Sejutaan

Samsung Galaxy A03s

Kapasitas baterai Galaxy A03s juga dibuat sama-sama 5,000 mAh, tergolong besar di kelasnya. Selain sudah mendukung USB-C, baterai tersebut bisa diisi dengan cukup instan lewat fast charging 15 watt. Lantas apa bagian yang berbeda? Ada pada chipset yang digunakan.

Kalau tahun lalu gunakan cip milik Qualcomm, kali ini Samsung memutuskan untuk gunakan MediaTek Helio P35 pada Galaxy A03s. Pada dasarnya, seri Helio P35 punya arsitektur, fabrikasi dan kecepatan clock speed yang sama persis dengan seri G35, sama-sama octa-core 12nm alias lebih hemat daya.

Hadir dalam Tiga Warna, Berikut Harga di India

Untuk opsi memorinya sendiri, Galaxy A03s hadir dengan RAM maksimum 4GB dan penyimpanan internal 64GB. Bila dirasa kurang, slot kartu microSD di dalamnya mampu menampung kapasitas hingga 1TB—jadi salah satu unggulan utama smartphone Samsung Rp1 jutaan sekali pun.

Mengingat kelasnya yang menyasar kalangan menengah ke bawah, Samsung percayakan tampilan antarmuka One UI 3.1 Core alias versi sederhana, sudah berbasis Android 11. Samsung Galaxy A03s bakal hadir dalam tiga pilihan warna; Black, Blue dan White.

Tersedia lebih dulu di toko ritel Samsung India, Galaxy A03s varian 3/32GB bakal dibanderol seharga INR11,499 (Rp2,2 jutaan). Sementara opsi 4/64GB di INR12,499 (Rp2,4 jutaan). Selisihnya tak jauh berbeda, dan tak ada salahnya untuk ambil varian tertinggi demi proses multitasking lebih lancar. Kita nantikan saja kehadirannya di Indonesia.

Tinggalkan komen