alexa

Samsung Galaxy A52s 5G Diluncurkan dengan Chipset Snapdragon 778G

London, Gizmologi – Setelah rilis flagship dengan teknologi layar lipat, pabrikan elektronik multinasional asal Korea Selatan, Samsung ternyata masih ingin hadirkan opsi smartphone 5G yang lebih terjangkau bagi para konsumennya. Lebih menyasar segmen mid-range, Galaxy A52s 5G diperkenalkan dengan perubahan yang tergolong minor.

Ya, Samsung Galaxy A52s 5G adalah saudara kembar dari dua seri yang sudah diperkenalkan sebelumnya, yaitu Galaxy A52 & A52 5G. Pada seri ini, akhirnya Samsung kembali gunakan embel-embel “s” setelah sebelumnya skip di Galaxy A51, dan memang sempat memakainya di Galaxy A50s. Lantas apa saja yang diperbarui pada penyegaran kali ini?

Baca juga: Samsung Galaxy Buds 2 Dirancang Ringan, Unggulkan Kualitas Panggilan

Bila dicari-cari pada rilis resmi yang dirilis Samsung, setidaknya ada empat peningkatan baru, yaitu chipset yang digunakan, fitur software, pengisian daya dan opsi warna baru. Selain Awesome Black, Awesome White dan Awesome Violet, Galaxy A52s 5G tampil segar dalam opsi baru yaitu Awesome Mint.

Galaxy A52s 5G Bawa Fitur Baru “RAM Plus”

Samsung Galaxy A52s 5G

Sementara faktor fisik lainnya sama persis. Punya bobot 189 gram, ketebalan 8,4mm, dan sudah mengantongi sertifikasi IP67 yang membuatnya tahan debu serta air hingga kedalaman 1 meter dalam waktu 30 menit.

Seri sebelumnya yaitu Galaxy A52 5G sudah rilis sejak Maret lalu. Meski absen hadir resmi di Indonesia, beberapa pengulas di luar menyayangkan keputusan Samsung untuk gunakan chipset Snapdragon 750G yang dirasa kurang bertenaga. Hal ini langsung dibenahi di Galaxy A52s 5G.

Samsung Galaxy A52

Membawa chipset Qualcomm Snapdragon 778G, performanya naik secara signifikan dengan empat inti tertinggi Kryo 670 berbasis ARM Cortex-A78, plus GPU Adreno 642L dan fabrikasi 6nm yang lebih efisien daya. Hal ini akan membuat pengalaman multitasking dan bermain gim lebih lancar tentunya.

Selain itu, yang menarik adalah Samsung membawa sebuah fitur baru yang mulai popular di smartphone Android lain. Dinamakan RAM Plus, fitur ini disebut dapat berikan ekspansi memori, memperluas kapasitas RAM 6/8GB yang hadir sebagai pilihan, dari penyimpanan internal 128/256GB yang dimilikinya.

Baik Galaxy A52 5G & Galaxy A52s 5G memang sama-sama sudah mendukung fast charging 25W seperti sang flagship, namun di antara keduanya, hanya seri terbaru saja yang disertakan adapter bawaan dengan kecepatan maksimum dalam paket penjualannya. Sementara pengguna seri lawas harus membeli secara terpisah, karena hanya dilengkapi adapter 15W.

Harga Galaxy A52s 5G Lebih Mahal dari Galaxy A72

Samsung Galaxy A52s 5G

Spesifikasi lain dari Galaxy A52s 5G masih dibuat sama persis. Layar flat di depannya gunakan panel Super AMOLED, punya luas 6,5 inci dengan refresh rate 120Hz dan desain kamera Infinity-O. Kamera tersebut beresolusi 32MP.

Sementara setup kamera belakangnya juga tergolong lengkap. Selain sensor utama 64MP yang sudah dilengkapi OIS, juga terdapat sensor 12MP ultra wide-angle dan dua sensor 5MP untuk macro & depth. Dilengkapi fitur kamera ekstra seperti Single Take dan Fun Mode yang memanfaatkan augmented reality, bekerja sama dengan Snapchat.

Kapasitas baterai 4,500 mAh dinilai cukup untuk menikmati multimedia dan bermain gim. Lewat One UI 3.0 terbaru, Samsung berikan Galaxy A52s 5G kemampuan seperti AI Game Booster yang memastikan tiap frame berjalan mulus saat bermain.

Juga setup speaker stereo yang diperkuat dengan dukungan Dolby Atmos. Dan fitur Quick Share untuk berbagi file tanpa koneksi internet ke sesama perangkat dalam ekosistem Samsung, untuk memudahkan berbagi dokumen dan jenis lainnya secara cepat.

Samsung pertama kali menjual Galaxy A52s 5G di Inggris, dengan pre-order baru dimulai pada 24 Agustus mendatang, dilanjut penjualan perdana di 3 September. Harganya? Mulai dari 409 Pound sterling, atau sekitar Rp8 jutaan.

Tinggalkan komen