Samsung Galaxy Buds 2 Dirancang Ringan, Unggulkan Kualitas Panggilan

Seoul, Gizmologi – Dalam acara peluncuran Galaxy Unpacked yang berlangsung pada Rabu (11/8) malam, Samsung juga meluncurkan dua perangkat dalam kategori wearables, hadir lengkapi dua smartphone layar lipat terbarunya. Selain dalam bentuk jam tangan pintar, diluncurkan sebuah earphone TWS terjangkau yaitu Galaxy Buds 2.

Perangkat kompak nan warna-warni ini hadir bukan untuk gantikan seri Galaxy Buds Pro, melainkan Galaxy Buds Plus yang saat ini jadi opsi termurah setelah Galaxy Buds Live. Desainnya disempurnakan, membawa fitur yang lebih lengkap termasuk active noise cancellation, namun tetap terjangkau—sepertinya menjadi tema pada acara peluncuran kali ini.

Baca juga: 7 Rekomendasi Smartphone Samsung Rp1 Jutaan, Layar Besar Baterai Awet

Samsung merancang TWS terbarunya ini agar pas dan nyaman di telinga, nyaman digunakan sepanjang hari sembari berikan kualitas suara terbaik. Hadir sebagai pilihan tambahan bagi konsumen dengan kebutuhan dan daya beli yang berbeda. Serta sebagai pelengkap untuk perangkat lain seperti smartphone, tablet, smartwatch sampai perangkat PC.

Galaxy Buds 2 Punya Total Enam Mikrofon

Samsung Galaxy Buds 2

Dari tampak luar, charging case maupun desain earbud terlihat mirip dengan varian Pro. Hanya saja, Galaxy Buds 2 tampak lebih simpel dan sederhana. Samsung mengatakan bila TWS ini adalah yang paling ringan dari seri lainnya, memiliki berat hanya 5 gram saja (atau sekitar 41 gram dengan charging case).

Warna charging case-nya sendiri hanya putih, namun bagian dalam serta earbud hadir dalam empat pilihan warna “kontemporer”, yaitu graphite, white, olive dan lavender. Tak lagi dilengkapi karet tambahan, perangkat ini bakal terlihat cukup tersembunyi ketika digunakan.

Selain punya sertifikasi IPX2, desain tersebut juga dirancang supaya tidak banyak angin yang tertangkap saat perangkat sedang digunakan. Samsung unggulkan kemampuan ANC pada Galaxy Buds 2. Dari total tiga mikrofon yang ada di tiap earbud, dua di antaranya khusus untuk fitur tersebut.

Gunakan Teknologi Machine Learning Khusus

Samsung Galaxy Buds 2

Diklaim bisa reduksi noise sampai 98%, Samsung gunakan solusi berbasis machine learning untuk mengenali suara-suara eksternal seperti angin, kendaraan dan lainnya. Dan untuk menyempurnakannya, disediakan fitur fit test untuk menguji ukuran eartip yang digunakan, agar keluaran suara lebih sempurna.

Ada tiga tingkatan ambient mode yang bisa dipilih untuk dengarkan suara dari luar. Sementara untuk kualitas panggilan, mikrofon yang ada di sisi dalam digabungkan dengan Voice Pickup Unit (VPU), secara khusus hanya mendeteksi dan mengambil suara pengguna saja, supaya penerima telepon lebih jelas mendengar tanpa banyak noise.

Lantas bagaimana dengan kualitas audionya? Samsung gunakan teknologi dua speaker dinamis, di mana masing-masing dilengkapi sebuah woofer dan tweeter untuk output frekuensi tinggi dan rendah yang seimbang. Ada enam equalizer yang bisa dipilih, sementara bagian luarnya mendukung pintasan gestur sentuh 1/2/3 kali dan tahan.

Harga Samsung Galaxy Buds 2 Cukup Murah

Samsung Galaxy Buds 2

Masa pakainya sendiri tak secemerlang Buds Plus, meski sudah cukup tahan lama. Dengan ANC, Galaxy Buds 2 bisa digunakan hingga 5 jam non-stop, atau sampai 20 jam dengan case. Bila ANC dimatikan, masing-masing naik menjadi 7,5 & 29 jam. Fitur quick charge memungkinkan 60 menit memutar lagu dengan 5 menit charge, baik lewat kabel maupun nirkabel.

Galaxy Buds 2 juga sudah mendukung panggilan perintah untuk Bixby, serta fitur Auto Switch yang bisa berpindah antar perangkat Samsung secara seamless. Samsung juga menyediakan aplikasi khusus untuk Windows 10 agar pengguna PC dapat mengendalikan fitur ANC serta equalizer secara langsung.

Bila Gizmo friends tertarik, Samsung Galaxy Buds 2 juga sudah tersedia secara pre-order. Harganya dibanderol Rp1,699 juta, dan Samsung memberikan case tambahan sebagai bonus pemesanan awal.

Tinggalkan komen